Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak Jalan Masuk UI 2022, Cari Tahu di Webinar Kompas.com x UI

KOMPAS.com - Di tahun 2022, sebanyak 17.723 kursi disediakan Universitas Indonesia (UI) bagi mahasiswa baru 2022 pada jenjang Diploma 3 (D3), Sarjana Terapan (D4), Strata 1 (S1), Strata 2 (S2), Profesi, Spesialis, dan Doktor.

UI membuka sejumlah jalur masuk yang bisa ditempuh calon mahasiswa untuk bisa berkuliah di UI di tahun ini.

Bila kamu merupakan salah satu calon mahasiswa yang memilih UI untuk melanjutkan studi, UI bakal berbagi informasi seputar jalur masuk yang dibuka di tahun 2022 serta strategi masuknya dalam Webinar "Siap Masuk PTN: Universitas Indonesia" yang diselenggarakan Kompas.com dan UI pada Jumat, 18 Maret 2022 pukul 15.00 WIB.

Kamu juga bisa bertanya langsung terkait jurusan kuliah, hingga biaya kuliah langsung dari perwakilan Universitas Indonesia. Daftarkan diri kamu melalui link bit.ly/WebinarSBMPTNSeries4

Daya tampung S1 UI di tahun 2022

Bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar jenjang S1 UI, penerimaan mahasiswa baru jenjang S1 UI dibuka melalui tiga jalur.

Pertama, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan kuota 20 persen. Kedua, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota 30 persen.

Lalu ketiga, Seleksi Masuk (SIMAK) UI, yaitu ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan mandiri oleh UI dengan kuota 50 persen.

Untuk penerimaan S1 Paralel melalui PPKB UI kuotanya adalah 50 persen dan SIMAK UI kuota 50 persen. Untuk S1 Kelas Internasional adalah 40 persen (melalui Talent Scouting) dan lewat SIMAK Kelas Khusus Internasional (KKI) UI sebesar 60 persen.

Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia menjelaskan bahwa daya tampung mahasiswa baru untuk S1 Reguler melalui jalur SNMPTN adalah 1.109 kursi, untuk UTBK SBMPTN sejumlah 1.668 kursi, dan daya tampung melalui ujian mandiri SIMAK UI adalah 2.786 kursi.

Ia menambahkan, untuk S1 Paralel, tersedia 769 kursi lewat jalur Jalur PPKB dan 767 kursi dari jalur SIMAK UI. Lalu, Kelas Internasional menyediakan 280 kursi lewat jalur Talent Scouting, dan 421 dari jalur masuk SIMAK UI.

Sementara itu, bagi calon mahasiswa baru UI yang ingin mendaftar untuk jenjang D3 dan D4, terdapat dua jalur penerimaan, yaitu melalui seleksi jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dengan kuota 70 persen dan SIMAK UI 30 persen.

“Total daya tampung Program Pendidikan Vokasi untuk jenjang D3 dan D4 adalah 1.500 dengan rincian melalui jalur PPKB tersedia 1.050 kursi dan 450 kursi lewat jalur SIMAK UI," paparnya dalam keterangan tertulis UI, Senin (14/3/2022).

Jika melihat data pada tahun 2021 melalui jalur penerimaan SIMAK UI, program studi yang paling banyak dipilih di jenjang sarjana untuk rumpun ilmu sains dan teknologi adalah Pendidikan Dokter dengan angka keketatan 1,11 persen.

Urutan kedua yang diminati adalah program studi (prodi) Arsitektur, kemudian prodi Pendidikan Dokter Gigi.

Pada rumpun ilmu sosial dan humaniora prodi yang paling diminati adalah Ilmu Komunikasi dengan angka keketatan 0,87 persen. Kemudian untuk urutan kedua dan ketiga prodi yang paling diminati adalah Ilmu Hubungan Internasional dan Ilmu Administrasi Fiskal.

Saat ini proses seleksi penerimaan mahasiswa baru yang sedang berlangsung adalah SNMPTN, PPKB, Talent Scouting, dan SIMAK UI Pascasarjana gelombang pertama.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/03/17/150628571/banyak-jalan-masuk-ui-2022-cari-tahu-di-webinar-kompascom-x-ui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke