Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profesi UI UX Designer Kian Dibutuhkan, Ini Pilihan Jurusan Kuliahnya

KOMPAS.com - UI UX Designer menjadi salah satu profesi yang semakin banyak dibutuhkan perusahaan di era teknologi dan informasi seperti saat ini. Terlebih lagi, Indonesia bisa menjadi tumpuan pengembangan ilmu digital pertama di ASEAN.

Dilansir dari laman Binus, profesi ini memiliki keahlian yang berkaitan dengan web dan teknologi. Bisa jadi, pekerjaan ini menjadi referensimu saat mendaftar kuliah nanti.

Namun menjadi seorang UI atau UX designer atau keduanya, memang tidak mudah. Kamu harus andal dalam hal desain. Pahami terlebih dahulu konsep dasarnya. Berikut rinciannya.

Beda UI UX designer

User Interface (UI) Designer tidak bisa dipisahkan dengan User Experience (UX) Designer.

UI Designer memiliki tugas menentukan tampilan aplikasi atau situs. Sementara UX Designer menentukan bagaimana suatu aplikasi atau situs bisa beroperasi dengan mudah.

Namun dalam bekerja, keduanya harus berlandaskan pada hasil riset supaya aplikasi atau situs yang dirancang benar-benar efektif.

Lebih rinci,User Interface (UI) juga membuat cara agar suatu website atau aplikasi mobile seperti menu, tulisan, tata letak, tombol, warna hingga tipografi yang kita buat dapat ditampilkan kepada seseorang.

UI design mencakup perencanaan flow untuk pengguna serta membuat mockup dan prototype.

Sementara, User Experience (UX) adalah proses bagaimana cara membuat website atau aplikasi agar menjadi mudah untuk digunakan oleh pengguna.

UX mencakup riset bagi pengguna, mendesain flow website dan melakukan testing. Keduanya memang tidak sama namun tanggung jawab keduanya akan saling melengkapi.

UI UX Designer Skill-set

Seorang UI UX design harus mempunyai keahlian dalam hal mendesain dan mampu dalam menggunakan tools untuk mendesain contohnya photoshop, illustrator, indesign dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu, mereka harus mempunyai kemampuan untuk meneliti para pengguna website atau aplikasi mobile.

Skill lain yang juga harus dimiliki yaitu problem definition, user needs, task flow, user flow, icon design, illustration design, wireframing, prototyping, dan masih banyak lagi.

Tantangan UI UX Designer

Dikarenakan profesi ini menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan tantangan besar yang harus diterima adalah kamu harus mempunyai kekreatifan yang tinggi.

Mengetahui bagaimana cara mendesain supaya gambar, warna, font, dan bentuk bisa menyatu menjadi satu kesatuan.

Selain itu, bagaimana caranya kamu bisa mengetahui bahwa tampilan yang sudah kamu buat dapat mempermudah pengguna yang mungkin saja jumlahnya ratusan hingga ribuan pengguna.

Untuk itu, jika kamu saat ini sedang mengikuti seleksi mahasiswa baru tertarik menjadi UI UX designer, pilihlah juursan yang sesuai dengan pekerjaan ini. 

Misalnya, Desain Komunikasi Visual atau DKV, Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Matematika, atau jurusan lain yang terkoneksi dengan pekerjaan ini. 

Juga perlu ditambah mengasah skill dengan mengikuti camp atau pelatihan skilk yang berhubungan dengan UI UX designer. 

https://edukasi.kompas.com/read/2022/03/21/140000771/profesi-ui-ux-designer-kian-dibutuhkan-ini-pilihan-jurusan-kuliahnya

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+