Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Amankah Mengonsumsi Pisang Saat Perut Kosong? Ini Kata Guru Besar IPB

KOMPAS.com - Buah pisang termasuk buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan buah pisang bisa ditemukan di sepanjang musim.

Selain bisa langsung dimakan langsung, pisang juga bisa diolah menjadi berbagai makanan lainnya.

Karena kandungan pisang yang sangat bagus dan praktis untuk dimakan, masyarakat Indonesia juga sering memakan pisang untuk sarapan.

Tapi apakah aman mengonsumsi buah pisang dalam kondisi perut kosong? Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Ahmad Sulaeman memberikan penjelasannya.

Prof. Ahmad Sulaeman menegaskan, pisang itu aman mau dikonsumsi dalam bentuk mentah atau tanpa pengolahan terlebih dahulu.

Pisang aman dikonsumsi untuk sarapan

Ataupun dimakan dengan diolah terlebih dahulu. Bisa dengan cara digoreng, kukus atau dimasak menjadi kolak.

"Itu aman, pisang meja itu. Tidak ada masalah dengan pisang dimakan untuk sarapan. Yang penting memang pisang tersebut kalau mentah itu pisang meja. Tapi harus dibedakan pisang meja dan pisang plantain," papar Prof. Ahmad Sulaeman seperti dikutip dari kanal YouTube IPB TV, Kamis (24/3/2022).

Prof. Ahmad menambahkan, pisang plantain adalah pisang yang harus diolah lebih dahulu. Seperti jenis pisang nangka dan pisang tanduk.

Dia menambahkan, pisang plantain memiliki rasa  yang agak asam kalau dimakan sembarangan. Sehingga bisa menimbulkan gangguan pada perut.

Kandungan dalam pisang

Kandungan yang dimiliki pisang menjadi alasan pisang aman dimakan meski perut dalam kondisi kosong. Berikut kandungan pisang yang bagus untuk kesehatan.

1. Air

2. Karbodhirat

3. Protein

4. Lemak

4. Serat makanan

Pisang juga mengandung sat gizi micro, antara lain:

1. Vitamin B6

2. Vitamin C

3. Folat

4. Vitamin E

5. Mineral seperti kalium dan magnesium yang bisa membantu meningkatkan energi dan mengurangi rasa lapar.

Demikian penjelasan Guru Besar IPB terkait aman tidaknya pisang dikonsumsi saat perut kosong. Mengonsumsi pisang untuk sarapan selain bisa menjadi energi juga bisa mendapatkan manfaat lainnya dari kandungan yang terdapat dalam pisang.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/03/24/191150471/amankah-mengonsumsi-pisang-saat-perut-kosong-ini-kata-guru-besar-ipb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke