Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penting untuk Karier Masa Depan, Mahasiswa Kuasai 10 Skill Ini

KOMPAS.com - Semakin maju dunia, semakin canggih pula teknologi yang dibutuhkan. Selama kebutuhan teknologi semakin tinggi, maka mahasiswa perlu membekali diri dengan kemampuan atau skill yang dibutuhkan di masa depan.

Dilansir dari laman Akupintar, ada 10 skill yang harus dimiliki untuk bekal berkarier di masa depan. Ini rinciannya.

1. Mampu menyelesaikan persoalan yang rumit

Dunia sekarang sudah berada dalam masa AI dan Big Data. Meskipun belum benar-benar terasa di negara berkembang. Jika tak ingin posisimu tergantikan oleh komputer, sebagaimana kuda tergantikan oleh mobil, asahlah kemampuanmu dalam menghadapi masalah.

Sayangnya, tak ada panduan jelas dalam mengembangkan dan menguasai skill ini. Pada dasarnya, kecakapan dalam menyelesaikan masalah tumbuh dengan sendirinya secara alami, seiring dengan pengalaman hidup kita sendiri.

2. Mampu berpikir secara kritis

Ide-ide yang inovatif takkan dapat diwujudkan tanpa pemikiran yang kritis. Bagaimana berpikir kritis itu sebenarnya?

Berpikir kritis ketika meluangkan waktu untuk melakukan observasi, memeriksa, kemudian menganalisa, hingga sampai pada suatu kesimpulan, pemahaman, atau penilaian yang logis.

Termasuk mampu memikirkan tentang suatu persoalan secara mendalam, dengan kepala yang jernih.

3. Memiliki daya kreativitas yang tinggi

Super kreatif adalah skill terpenting pada tahun-tahun ke depan.

Bahkan, kreativitaslah yang membuat umat manusia mampu menciptakan mesin. Data yang dihasilkan mesin adalah bahan mentah yang membutuhkan kreativitas agar dapat disuguhkan menjadi informasi yang bermanfaat.

4. Sanggup memimpin orang lain

Bisa memimpin orang lain, sangat diperlukan. Dengan bisa memimpin orang lain maka menunjukkan kamu layak dalam menghandle bawahan.

5. Dapat bekerja sama dengan orang lain

Kesuksesan kerja tim memerlukan koordinasi yang baik antar anggotanya. Skill ini bukan tentang bagaimana memimpin tim, namun tentang orang-orang di dalam tim itu sendiri.

6. Memiliki kecerdasan emosi

Dari seluruh tipe kecerdasan majemuk, kecerdasan intrapersonal dan interpersonal secara spesifik dibutuhkan dalam era revolusi industri keempat. Pasalnya, keduanya terkait dengan pengelolaan emosi.

Ketika mampu mengelola emosi diri, maka dapat belajar bagaimana mengendalikan emosi orang lain. Terkadang emosi berperan cukup penting dalam kesuksesan kerja tim.

7. Mampu membuat keputusan yang benar dan tepat

Robot atau mesin, sejauh ini, masih belum memiliki kemampuan untuk membuat penilaian dan keputusan.

Contoh sederhananya, kamu dapat menilai bahwa baju warna kuning kurang cocok dikenakan, jadi kamu memutuskan untuk menggantinya dengan warna merah. Seandainya kamu memiliki asisten robot sekalipun, ia tak bisa melakukannya.

Kenapa hanya kita manusia yang dapat melakukannya? Karena dalam hal ini dibutuhkan pemikiran kritis, kesabaran, observasi, dan kemauan untuk melakukannya.

8. Mau membantu orang lain

Membantu orang lain memang sudah menjadi nilai baik di tengah-tengah masyarakat kita. Tapi meyakini bahwa sesuatu itu baik saja tak cukup. Kamu pun harus mau melakukannya.

9. Andal bernegosiasi

Skill ini berperan penting dalam tercapainya kesepakatan bersama tanpa kegaduhan atau pertengkaran. Salah satu tanda kamu kurang cakap bernegosiasi adalah ketika terpaksa mengiyakan apapun yang dikatakan orang lain tanpa mampu menyanggah.

Jadi bagaimana agar kita dapat bernegosiasi dengan baik? Miliki tujuan yang jelas. Setelah itu, keluwesan kamu dalam menyampaikan gagasan dan pemikiran pada orang lain menentukan sejauh mana kesuksesan negosiasi yang dijalankan.

10. Dapat bersikap fleksibel dan adaptif

Setiap orang memiliki pemikiran, ide, tindakan, opini, emosi, dan berbagai hal lain yang tak sama dengan orang lain.

Seluruh perbedaan ini sebenarnya menuntut perbedaan perlakuan pula. Bisakah kita memahami perbedaan tersebut? Bisakah kita menyesuaikan sikap dengan setiap perbedaan yang kita temui pada setiap orang?

Itulah sepuluh skills penting abad ini. Hingga beberapa tahun ke depan ketika revolusi industri 4.0 sedang mencapai puncaknya, skills yang telah disebutkan di atas akan sangat dibutuhkan agar mampu beradaptasi dengan keadaan. Kebutuhan setiap zaman berbeda, dan sudah semestinya kita menyiapkan diri dengan bekal yang sesuai.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/03/30/085300171/penting-untuk-karier-masa-depan-mahasiswa-kuasai-10-skill-ini

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+