Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Sekolah Kedinasan STMKG 2022, Cek Jumlah Formasi dan Syaratnya

KOMPAS.com - Salah satu sekolah kedinasan yang sudah membuka pendaftaran adalah Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG).

Untuk penerimaan taruna baru tahun akademik 2022/2023, STMKG telah menyiapkan formasi untuk masing-masing program studi.

Perlu diketahui bahwa STMKG memiliki 4 program studi. Melansir dari laman resmi STMKG, Rabu (6/4/2022), jumlah total formasi yang dibuka STMKG pada penerimaan calon taruna 2022/2023 sebanyak 250 kursi.

Formasi yang dibuka STMKG terdiri dari Formasi Reguler yang merupakan formasi penerimaan taruna baru bagi peserta dari seluruh wilayah NKRI. Selain itu juga terdapat formasi Afirmasi Papua dan Papua Barat.

Dan jalur formasi Afirmasi Daerah yang dikhususkan calon taruna yang berasal dari Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi Tenggara.

Jumlah formasi yang dibuka STMKG

Rincian formasi untuk jalur reguler sebanyak 202, afirmasi Papua dan Papua Barat formasi yang dibuka 20 serta afirmasi daerah formasi yang dibuka 28 kursi.

Sebanyak 250 taruna yang berhasil diterima nantinya mendapat kuliah gratis dan selanjutnya diangkat menjadi CPNS di Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Berikut jumlah formasi yang dibuka STMKG pada penerimaan taruna baru tahun akademik 2022/2023.

1. Program studi D4 Meteorologi: 88 kursi

2. Program studi D4 Klimatologi: 30 kursi

3. Program stufi D4 Geofisika: 30 kursi.

4. Program studi D4 Instrumentasi-MKG: 102 kursi.

Syarat dan cara daftar sekolah kedinasan STMKG 2022

Persyaratan Sekolah Kedinasan STMKG 2022

1. Pria atau wanita, warga negara Indonesia.

2. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dapat berkacamata dengan lensa spheris maksimal minus 4D, lensa silindris maksimal minus 2D, dan bersedia melakukan laser-assisted in situ keratomileusis (lasik) dengan biaya sendiri jika diterima atau lolos seleksi.

3. Umur tidak kurang dari 15 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun pada 1 September 2022 mendatang.

4. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.

5. Bebas narkoba, dibuktikan dengan tes kesehatan.

6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.

7. Tinggi badan minimal 160 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk perempuan dengan berat badan seimbang.

8. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia di tempatkan di seluruh wilayah NKRI.

9. Khusus peserta afirmasi terdapat syarat tambahan sebagai berikut:

  • Memiliki akta kelahiran dan domisili sesuai identitas KTP/KK di Provinsi Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi Tenggara.
  • Telah menyelesaikan SD, SMP, dan SMA sederajat di di Provinsi Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi Tenggara.
  • Khusus peserta afirmasi Orang Asli Papua (OAP) mendapatkan rekomendasi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atau Ketua/Anggota dari Majelis Rakyat Papua atau Papua Barat.

10. Lulus/akan lulus SMA, MA, SMK sederajat semua jurusan.

11. Lulusan tahun 2022 yang ijazahnya belum keluar wajib menggunakan Surat Keterangan Lulus atau Surat Keterangan Aktif di kelas 12.

Cara daftar sekolah kedinasan STMKG 2022

1. Pendaftaran dilakukan secara online terintegrasi melalui portal Panitia Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id.

2. Peserta juga wajib melakukan pendaftaran pada portal pendamping institusi di https://simas.stmkg.ac.id/spmbfront/

3. Peserta wajib memenuhi semua persyaratan sebelum melakukan pendaftaran. Apabila ternyara tidak memenuhi semua persyaratan, maka peserta tidak dapat diterima atau dibatalkan sebagai calon taruna STMKG.

4. Pengisian formulir pendaftaran dapat dilihat pada website https://ptb.stmkg.ac.id dan akun media sosial resmi STMKG STMKG Official

5. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 75.000 dan biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Rp 50.000.

Tahap Seleksi Sekolah Kedinasan STMKG

Siswa yang tertarik mendaftar menjadi taruna STMKG bisa bertanya atau mencari bantuan seputar pendaftaran sekolah kedinasan STMKG 2022 bisa melalui laman https://ptm.stmkg.ac.id. 

https://edukasi.kompas.com/read/2022/04/06/064000871/daftar-sekolah-kedinasan-stmkg-2022-cek-jumlah-formasi-dan-syaratnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke