Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Bermain Flash Card untuk Latih Memori Anak

KOMPAS.com - Dunia anak adalah dunia bermain. Anak-anak tentu senang bisa bermain di luar rumah, mereka bisa berlarian atau naik sepeda. Atau bermain di dalam rumah dengan beragam mainan yang dimiliki.

Sebagai orangtua tentu tidak asal dalam memberikan mainan. Namun, beri permainan yang bisa meningkatkan motorik anak yang belum sempurna sekaligus menambah wawasan mereka.

Lebih menyenangkan apabila orangtua bisa mendampingi anak bermain sekaligus belajar.
Anak bisa mengetahui hal baru bersama orangtuanya.

Salah satu mainan yang bisa dipilih orangtua bagi anaknya adalah flash card. Kali ini Kompas.com mendapat kesempatan memainkan flash card Mier Edu yang tersedia di Toys Kingdom.

Mier Edu merupakan brand mainan edukasi yang terkenal di Australia dan eksklusif hadir bersama Toys Kingdom.

Permainan edukasi ini dapat mengembangkan daya pikir anak dengan cara bermain bersama orangtua.

Flash card Mier Edu dengan tema buah-buahan dikemas dalam box berbahan kertas berbentuk persegi panjang dengan ukuran 13,5 cm x 17 cm. Kemasan flash card didominasi dengan warna merah dan putih.

Semua kartu dikemas dalam kotak geser yang praktis. Kartu ini mudah dibawa dan disimpan. Setiap kartu dicetak pada kartu ramah lingkungan yang tebal.

Di bagian tengah kemasan terdapat gambar strawberry berukuran besar. Di bagian depan kemasan terdapat beberapa keterangan. Seperti keterangan jenis mainan yakni cognitive flash cards bertema buah-buahan.

Selain itu juga terdapat keterangan produk ini dibuat dengan desain estetik, mudah dibawa, bisa mengembangkan kognitif anak dan memiliki nilai permainan yang tinggi.

Pada box flash card terdapat perekat kecil di tengah yang memudahkan anak membukanya. Terdapat peringatan bahwa permainan flash card ini tidak boleh diberikan bagi anak di bawah 3 tahun.

Flashcard ini terdiri dari 25 kartu yang terdiri 22 kartu bergambar buah-buahan, satu kartu bergambar beberapa buah-buahan sekaligus dan satu kartu merupakan petunjuk permainan.

Ukuran kartu 10 cm x 15 cm dengan sudut yang tidak lancip. Sehingga relatif aman apabila tergores dan mengenai kulit anak.

Anak juga dengan nyaman memegang kartu dan memperhatikan gambar buah yang ada di kartu.

Semua produk Mier Edu terbuat dari bahan ramah lingkungan atau dicetak dengan tinta nabati sehingga sangat aman digunakan anak-anak.

Saat dimainkan anak usia di atas 3 tahun, anak bisa dengan mudah mengidentifikasi sebagian besar buah-buahan yang terdapat di dalam kartu.

Namun ada beberapa kartu bergambar buah yang mungkin cukup asing bagi anak-anak seperti peach, blueberry, cherry, lychee, pomegranate (delima).

Dengan ukuran kartu yang cukup besar, anak bisa dengan mudah mengidentifikasi jenis buah melalui gambar dalam kartu. Dalam tiap kartu juga dilengkapi nama buah dengan bahasa Inggris.

Flash card dari Mier Edu ini bisa digunakan untuk beberapa permainan sekaligus untuk beginner, intermediate dan advanced.

Bagi pemula, anak usia 2 hingga 3 tahun, orangtua bisa mengenalkan jenis buah-buahan dalam flash card. Selain itu untuk membuat interaksi, orangtua bisa menanyakan buah favorit anak yang ada dalam flash card tersebut.

Bagi anak usia 3-4 tahun, flash card bisa dimainkan dengan cara memilih 4-6 kartu secara acak dan tunjukkan ke anak.

Kemudian orangtua bisa menyembunyikan salah satu kartu dan meminta anak menebak kartu dengan gambar buah apa yang hilang.

Untuk menambah wawasan anak mengenai jenis buah-buahan, orangtua bisa meminta anak mengidentifikasi jenis buah yang dimiliki di rumah atau saat sedang berbelanja bersama.

Sedangkan bagi anak usia 4-5 tahun, flash card bisa dimainkan dengan cara anak diminta untuk mendeskripsikan rasa buah yang pernah dicoba yang terdapat di permainan flash card.

Orangtua dan anak juga bisa berdiskusi dimana buah tersebut dibeli, dimana tumbuhnya. Banyak kegiatan pendidikan yang menyenangkan seperti mengenali buah-buahan dan menggambarkan seperti apa rasanya melalui permainan flash card ini.

Dari situs resmi Toys Kingdom di ruparupa.com, harga flash card Mier Edu ini dibanderol dengan harga Rp 99.000.

Perlu diketahui bahwa anak umur 0 sampai 3 tahun memiliki kemampuan tertinggi dalam menyerap ilmu pengetahuan. Orangtua perlu meningkatkan kemampuan anak melalui permainan dan komunikasi sedari dini. Salah satunya dengan permainan flash card ini.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/04/06/112907771/3-cara-bermain-flash-card-untuk-latih-memori-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke