Salin Artikel

Jalur Seleksi Mandiri ITB 2022, Cek Jadwal, Syarat dan Biayanya

KOMPAS.com - Penerimaan mahasiswa baru selain melalui jalur SNMPTN, UTBK SBMPTN bisa juga melalui jalur Seleksi Mandiri 2022.

Siswa yang tidak mendaftar di jalur SNMPTN maupun SBMPTN 2022, bisa memanfaatkan peluang di jalur Seleksi Mandiri yang diadakan masing-masing perguruan tinggi.

Salah satu perguruan tinggi yang membuka penerimaan mahasiswa baru jalur Mandiri adalah Institut Teknologi Bandung (ITB).

Jalur Seleksi Mandiri ITB memberi kesempatan lebih luas bagi siswa lulusan SMA baik warga negara Indonesia maupun warga negara asing untuk mengikuti pendidikan program sarjana di ITB.

Seleksi Mandiri ITB diprogramkan sebagai jalur penerimaan mahasiswa program sarjana yang berjalan tanpa subsidi biaya.

Namun di jalur penerimaan Seleksi Mandiri ITB dapat menerima mahasiswa kurang mampu yang memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) atau kemampuan ekonomi setara dengan kriteria syarat KIP-K.

Kriteria peserta Seleksi Mandiri ITB

Seleksi Mandiri (SM) ITB 2022 dilakukan untuk penerimaan mahasiswa pada semua program studi yang ada di ITB. Seleksi SM-ITB dilaksanakan dengan menggunakan komponen penilaian sebagai berikut :

Persyaratan peserta Seleksi Mandiri ITB 2022

1. Berasal dari SMA/MA jurusan IPA atau SMA/MA jurusan IPS atau lulusan Paket C jurusan IPA/IPS. Siswa dapat mengikuti Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) selama memiliki nilai rapor lengkap semester 1 sampai dengan semester 6.

2. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).

3. Memiliki dan mengunggah nilai Rapor lengkap semester 1 sampai dengan semester 6.

4. Memiliki nilai UTBK SBMPTN 2022.

5. Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur seleksi SNMPTN/SBMPTN atau seleksi program Kelas Internasional ITB tahun 2022.

6. Tidak pernah tercatat sebagai mahasiswa program sarjana ITB.

7. Khusus untuk pendaftar ke FSRD, mengikuti Tes Kemampuan Seni Rupa.

8. Lulusan tahun 2020 dan 2021 dapat mendaftar SM-ITB dengan syarat memiliki nilai UTBK SBMPTN 2022.

9. Tidak buta warna, baik buta warna total maupun buta warna parsial, bagi peminat:

  • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH – Program Sains)
  • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH – Program Rekayasa)
  • Sekolah Farmasi (SF)
  • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM – Kampus Ganesa)
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD – Kampus Ganesa)
  • Program Studi Kimia (FMIPA)
  • Program Studi Teknik Geologi (FITB – Kampus Ganesa)
  • Program Studi Teknik Kimia (FTI – Kampus Ganesa)
  • Program Studi Teknik Pangan (FTI – Kampus Jatinangor)

Jadwal pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2022

Bagi siswa yang sudah mengincar ITB sebagai universitas untuk melanjutkan pendidikan, catat pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB 2022 berikut ini:

Biaya pendidikan Seleksi Mandiri ITB 2022

Biaya pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) bagi peminat program studi yang tidak berada di bawah FSRD adalah sebesar Rp. 200.000 per pelamar.

Sedangkan biaya pelaksanaan seleksi bagi peminat program studi yang berada di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) adalah sebesar Rp. 300.000 per pelamar. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Tes Keterampilan Seni Rupa.

Khusus bagi peserta yang merupakan penerima KIP-K atau memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu, akan dibebaskan dari biaya pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). Dokumen KIP-K atau Surat Keterangan Tidak Mampu tersebut harus diunggah peserta pada saat melakukan pendaftaran peserta Seleksi Mandiri ITB.

Biaya pendidikan bagi mahasiswa yang diterima di ITB melalui Seleksi Mandiri ITB dalam bentuk Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester dan Iuran Pengembangan Institusi:

Biaya Pendidikan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM):

  • UKT5 per semester: Rp 25 juta
  • Iuran Pengembangan Institusi: Rp 25 juta

Biaya pendidikan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

  • UKT5 per semester: Rp 25 juta
  • Iuran Pengembangan Institusi: Rp 40 juta

Calon mahasiswa Seleksi Mandiri ITB pemegang KIP-K akan dibebaskan dari biaya kuliah atau menerima UKT1 atau Rp 0. Selain itu, masih terdapat opsi pembayaran UKT yang lebih rendah dari UKT5, yaitu :

  • UKT2: Rp 1 juta per semester
  • UKT3: Rp 12,5 juta per semester
  • UKT4: Rp 20 juta per semester

Calon mahasiswa Seleksi Mandiri ITB yang telah dinyatakan diterima dapat mengajukan UKT yang lebih rendah dari UKT5, termasuk calon mahasiswa pemegang KIP-K melalui formulir akan tersedia di laman https://admission.itb.ac.id. 

Itulah informasi mengenai Seleksi Mandiri ITB 2022, mulai dari kriteria, persyaratan hingga biayanya. Calon mahasiswa yang tertarik kuliah di ITB, persiapkan diri semaksimal mungkin dan lakukan pendaftaran Seleksi Mandiri ITB Juni 2022 mendatang ya.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/04/15/162107471/jalur-seleksi-mandiri-itb-2022-cek-jadwal-syarat-dan-biayanya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.