Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mahasiswa, Ini 3 Alasan Harus Menabung di Bulan Ramadan

KOMPAS.com - Saat bulan Ramadan, masyarakat jadi punya kebiasaan baru yakni mencari takjil atau jajanan menjelang waktunya berbuka puasa.

Belum lagi acara buka puasa bersama teman atau keluarga juga jadi kebiasaan di bulan Ramadan.

Jika tidak dikelola dengan baik, bisa jadi bulan Ramadan justru membuatmu makin boros. Padahal, kamu tetap bisa fokus untuk tetap mengelola keuangan dengan cara yang tepat.

Melansir dari laman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Rabu (20/4/2022), tingginya kebutuhan selama bulan Ramadan harus disikapi dengan bijaksana.

Alasan harus menabung di bulan Ramadan

Anak-anak muda bisa mengalokasikan sejumlah dana dalam tabungan menjadi aktivitas poistif yang perlu dilakukan secara rutin.

Jangan sampai moment bulan Ramadan ini justru menjadikan kamu jadi kalap dan sulit untuk menabung. Ada beberapa alasan mengapa mahasiswa harus tetap menabung di bulan Ramadan. Mau tahu apa saja alasannya? Mari simak bersama informasi berikut in:

1. Pengeluaran selama bulan Ramadan menurun

Selama Ramadan kamu hanya perlu makan sehari 2 kali, yaitu saat sahur dan berbuka. Sedangkan jadwal makan siang tentunya akan dilewatkan selama bulan Ramadan.

Hal ini secara otomatis akan membuat pengeluaranmu juga menurun. Hal-hal yang dipangkas dari makan siang, bisa dialokasikan dalam rekening tabungan. Sehingga tabunganmu justru bisa meningkat selama bulan Ramadan.

2. Ramadan = Rencanakan Ulang Keuangan

Bulan Ramadan tahun 2022 jatuh pada bulan April yang masih tergolong awal tahun. Sehingga masih ada hal-hal yang bisa diperbaiki jika rencana keuangan masih berantakan.

Mahasiswa bisa mencoba untuk berhemat dan memperketat pengeluaran selama bulan puasa. Sehingga akan ada banyak dana yang bisa dialokasikan dalam buku tabungan. Hal ini akan jauh lebih maksimal, jika aktivitas berhemat dan menabung seperti ini tetap dijalankan hingga akhir tahun nanti.

3. Menunaikan perintah agama

Menabung juga merupakan salah satu cara kamu menjalankan perintah agama dalam
kehidupan sehari-hari. Ternyata aktivitas mengelola keuangan ini juga termaksuk dalam ibadah.

Alangkah lebih baik jika menyimpan sebagian uang untuk disimpan dan ditabung. Di masa yang akan datang, uang tersebut bisa digunakan untuk meraih masa depan yang cerah.

Menabung secara rutin merupakan salah satu cara untuk mendapatkan keuangan yang sehat, termasuk pada saat bulan Ramadan.

Atur lagi anggaran keuangan dengan lebih bijaksana agar kondisi keuangan tetap berjalan dengan baik dan lancar.

Demikian alasan kenapa mahasiswa tetap harus menabung selama bulan Ramadan. Membiasakan diri menabung sejak muda, otomatis kamu merencanakan masa depanmu dengan lebih baik.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/04/20/195505271/mahasiswa-ini-3-alasan-harus-menabung-di-bulan-ramadan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke