Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unnes Buka Seleksi Mandiri Jalur Prestasi Bagi Hafidz, Cek Syaratnya

KOMPAS.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) siap menerima siswa yang memiliki bakat istimewa. Salah satunya adalah siswa penghafal Al-Quran atau hafidz.

Untuk itu, Unnes membuka jalur mandiri khusus bagi mereka yang bisa menghafal Al-Quran atau memang seorang hafidz.

Jalur khusus para hafidz ini, dibuka tanpa perlu ada tes bagi calon pesertanya. Hal itu diungkapkan oleh Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman.

Ia mengatakan, kemampuan siswa menghafal Al-Quran sudah membuktikan bahwa mereka adalah siswa cerdas. Dengan demikian, mereka tidak perlu lagi dites kecerdasannya.

“Allah telah menjanjikan untuk mengangkat derajat manusia yang berilmu. Para hafidz adalah anak-anak yang berilmu dan memiliki bakat istimewa. Unnes ingin anak-anak dengan bakat istimewa itu mendapat fasilitas melanjutkan pendidikannya,” kata Prof Fathur.

Ia menambahkan, sebagai rumah Ilmu Pengembangan Peradaban, Unnes menghargai siapa pun yang memiliki komitmen mengembangkan ilmu pengetahuan.

Bukan hanya ilmu pengetahuan modern, kampusnya sangat menghargai siswa yang memiliki ilmu dalam bidang agama.

“Komitmen UNNES sebagai Rumah Ilmu adalah menjadi pengembang peradaban unggul. Siswa penghafal Al-Quran adalah anak muda yang memiliki keunggulan. Bakat mereka harus difasilitasi agar terus berkembang,” lanjutnya.

Prof Fathur, mengatakan penerimaan jalur hafidz ini dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga, yaitu hafal Alquran minimal 20 juz untuk muslim atau prestasi keagamaan lain untuk non muslim.

Selain bagi hafidz, ia juga mengundang siswa yang memiliki bakat dalam bidang seni, olahraga, atau sains untuk belajar ke Unnes melalui jalur prestasi.

Mereka diharapkan melampirkan bukti-bukti prestasi kepada panitia penerimaan mahasiswa baru. Setelah itu, mereka akan diwawancara.

Persyaratan khusus

1. Memiliki salah satu prestasi atau memiliki sertifikat/surat keterangan:

2. Lulus Ujian Tulis Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA).

Jadwal pendaftaran jalur prestasi seleksi mandiri Unnes 2022

  • Pendaftaran dilaksanakan secara daring (online) mulai tanggal 1 Maret hingga 30 Mei 2022.

Laman pendaftaran http://penerimaan.unnes.ac.id

https://edukasi.kompas.com/read/2022/04/27/133027471/unnes-buka-seleksi-mandiri-jalur-prestasi-bagi-hafidz-cek-syaratnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke