Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Belajar Persiapan UTBK 2022, Calon Mahasiswa Yuk Coba

KOMPAS.com - Siswa yang telah mendaftar Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022 akan mengikuti tes kurang lebih satu minggu lagi.

Calon mahasiswa yang ikut gelombang I UTBK SBMPTN 2022 akan mengikuti tes pada 17 Mei hingga 23 Mei 2022 mendatang. Sedangkan UTBK gelombang II diadakan pada 28 Mei hingga 3 Juni 2022.

Berbeda dengan pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022, siswa yang mendaftar UTBK SBMPTN 2022 akan mengikuti tes dengan beberapa materi berbeda.

Agar bisa masuk PTN incaran, calon mahasiswa harus rajin belajar dan latihan soal. Melansir dari akun Instagram Quipper Campus, Minggu (8/5/2022), dibagikan tips belajar agar sukses mengikuti UTBK SBMPTN 2022:

Tips belajar UTBK 2022

1. Bangun lebih pagi

Bangun lebih pagi bisa membuatmu lebih bersemangat untuk memulai hari. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu di pagi hari untuk membaca-baca materi karena pikiran juga masih fresh saat pagi hari.

2. Jangan menunda untuk mengerjakan tugas

Jika mempunyai tugas segera dikerjakan dan jangan menunda-nundanya. Kebiasaan menunda sesuatu akan membawa dampak tidak bagus karena akan merusak rencana yang sudah ditetapkan.

3. Buat target belajar harian

Calon mahasiswa masih mempunyai waktu sekitar seminggu lagi untuk mempersiapkan diri menghadapi UTBK 2022.

Sehingga mulai sekarang calon mahasiswa perlu membuat target belajar harian. Dengan membuat target, kamu bisa tahu materi pelajaran apa yang belum dan sudah dipelajari.

4. Jauhkan gadget

Selama persiapan menjelang UTBK, ada baiknya kamu tidak terlalu lama memegang gadget. Karena kebiasaan ini membuatmu terlalu asik dengan mengecek sosial media (sosmed) dan hal lainnya.

Dengan menjauhkan gadget, kamu akan lebih fokus belajar dan bisa lebih siap hadapi UTBK SBMPTN 2022.

5. Atur waktu antara istirahat dan belajar

Meski harus rajin belajar, jangan sampai kamu justru kurang istirahat. Sehingga tubuhmu tetap fit hingga saat pelaksanaan UTBK 2022 tiba.

6. Review sekilas materi yang dipelajari sebelum tidur

Calon mahasiswa juga harus sering melakukan review agar tidak lupa materi yang sudah dipelajari.

Materi UTBK 2022

Perlu diketahui bahwa tes UTBK terdiri dari beberapa materi, yakni:

1. Tes Potensi Skolastik (TPA)

TPS mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar.

2. Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Mengukur kemampuan Bahasa inggris yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi.

3. Tes Kemampuan Akademik (TKA)

Mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi.

TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Demikian tips belajar UTBK 2022 yang bisa diterapkan para calon mahasiswa. Jika kamu sudah berusaha optimal, akan memperbesar peluangmu mendapat nilai UTBK tinggi dan lolos ke PTN incaranmu.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/05/08/133855771/6-tips-belajar-persiapan-utbk-2022-calon-mahasiswa-yuk-coba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke