Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Inspirasi Desain Kamar Kos Bikin Nyaman, Mahasiswa Yuk Coba

KOMPAS.com - Saat ini sebagian besar perguruan tinggi sudah melakukan perkuliahan tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Bagi mahasiswa dan mahasiswa baru yang kampusnya jauh dari rumah, menyewa kamar kos atau kos-kosan bisa menjadi solusi.

Dengan tinggal di kos-kosan, selain bisa menghemat waktu kamu juga bisa belajar hidup mandiri.

Meski harus tinggal jauh dari keluarga, mahasiswa tetap bisa membuat kamar kosnya terasa nyaman.

Salah satu caranya yakni mendesain kamar kos sesuai selera agar kamar tetap nyaman dan tidak membosankan. Sehingga kamu bisa beraktivitas dan belajar dengan nyaman di kamar kos.

Dilansir dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Selasa (24/5/2022), memberikan inpirasi interior desain kamar kos kekinian yang bisa kamu coba. Yuk intip rekomendasi interior desain kamar kos dari Universitas Binus berikut ini.

1. Desain Vintage

Salah satu interior desain yang ada sejak dulu dan selalu menarik perhatian adalah menggunakan perabot kayu. Seperti lemari, meja, atau rak serbaguna. Penggunaan perobot kayu ini untuk menghindari tampilan kamar yang membosankan.

Apabila kamar kosmu berukuran kecil, pilih warna cerah dengan kesan teduh. Seperti warna pastel.

Tak hanya mempercantik tampilan kamar, warna pastel akan memberikan suasana klasik dan kesan ruang yang lebih luas.

2. Desain Earth Tone

Earth tone saat ini menjadi salah satu warna yang digemari anak muda. Memadukan warna earth tone pada kamar tidur dapat memberikan rasa nyaman. Contohnya, kombinasi warna merah rempah dengan latte dan sedikit sentuhan abu terang akan menciptakan kamar yang hangat.

Agar nuansa kamar lebih mewah, bisa juga memadukan warna terakota dan navy dengan menambahkan sedikit aksen putih di beberapa bagian. Kalau kamu ingin nuansa kamar yang menyejukkan mata, gunakan kombinasi warna sage dengan putih keabuan. Untuk mempermanis tampilan, pilih furnitur beraksen coklat atau hitam.

3. Desain Scandinavian

Apabila kamu ingin menciptakan kamar yang unik, terapkan interior design Scandinavian. Desain ini mengutamakan tampilan simpel dan warna cerah yang teduh. Gunakan warna putih atau baby pink untuk memberikan kesan lapang.

Pilih furnitur kayu cokelat muda minimalis dan pastikan kamar memiliki jendela besar untuk memperkuat kesan Scandinavian.

4. Desain Mediteranian

Jika kamu ingin menciptakan suasana kamar kos yang santai, desain Mediteranian bisa jadi solusinya. Gunakan furnitur pedesaan atau ala rustic untuk menciptakan suasana yang menarik.

Untuk memperkuat kesan Mediteranian, padukan warna dinding putih dengan perabot beraksen kobalt atau turquoise.

5. Desain Zen Jepang

Desain Zen Jepang berfokus pada kebersihan dan keteraturan. Dalam penerapan interior design Zen, kamu bisa menambah pot tanaman berukuran kecil di sudut kamar dan menggunakan perabot kayu.

Agar kesan Zen lebih kuat, pilih warna dinding dan perabot senada dengan alam atau warna netral serta tambahkan hiasan yang berhubungan dengan Negeri Sakura.

6. Desain Monokrom

Jika kamu menyukai sesuatu yang simpel, desain monokrom bisa jadi pilihan. Pemilihan desain monokrom ini bisa menghadirkan nuansa modern pada kamar kos.

Kamu bisa memulainya dengan memadukan warna hangat, seperti warm white dengan campuran cokelat dan abu-abu untuk menciptakan kontras yang unik dan menarik.

Warna hangat juga akan memunculkan suasana menyenangkan sehingga kamu lebih bersemangat dan tak mudah bosan meski berada di kamar kos seharian.

7. Desain Minimalis

Kalau kamu menyukai kamar yang simpel dan lebih lega, desain minimalis cocok untuk diterapkan. Gunakan kombinasi warna tembok putih dengan oranye atau warna pastel yang hangat.

Kesan minimalis ini juga bisa diciptakan dengan memadukan cat dinding warna gelap dengan perabot kayu untuk menciptakan kesan minimalis yang maskulin.

Agar tak terkesan monoton, bisa ditambahkan karpet bermotif, lampu meja, dan rak dinding kayu heksagonal sebagai display tanaman hias mini.

Itulah 7 inspirasi desain kamar kos yang bisa dicoba para mahasiswa dan mahasiswa baru agar kamar kosnya terasa nyaman dan tidak membosankan. Dengan kamar kos yang nyaman, kamu juga akan lebih bersemangat mengikuti perkuliahan.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/05/24/162624271/7-inspirasi-desain-kamar-kos-bikin-nyaman-mahasiswa-yuk-coba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke