Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok dari Ners Unair

KOMPAS.com - Rambut adalah mahkota. Jadi, menjaga penampilan rambut sangat penting bagi seorang wanita atau pria. Terlebih yang sudah dengan penampilan.

Jika rambut bermasalah tentu akan mengganggu penampilan. Apalagi jika rambut rontok. Rambut rontok merupakan kondisi yang dapat dialami semua orang.

Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), normalnya, dalam 1 hari sekitar 50-100 helai rambut gugur.

Jika jumlahnya melebihi dari itu dan berlangsung terus-menerus, kondisi kerontokan rambut sudah dianggap berlebihan dan perlu adanya treatment khusus.

Sebagian orang akan melakukan treatment dengan cara alami di rumah untuk mengurangi kerontokan rambut daripada pergi ke dokter. Lalu hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengurangi kerontokan rambut?

Cara mengatasi rambut rontok

1. Jangan terlalu sering keramas

Kebanyakan orang menganggap keramas setiap hari dapat menjaga kondisi rambut tetap sehat dan bersih. Padahal, penggunaan sampo yang terlalu sering dapat menyebabkan rambut rusak, kering, mudah patah, dan terlihat lebih tipis.

Tak hanya itu, mengeringkan rambut setelah keramas dengan menggosoknya secara kencang menggunakan handuk juga dapat membuat rambut mengalami kerontokan.

Oleh karena itu, agar rambut tidak mudah rontok, kita disarankan untuk melakukan keramas sebanyak 1–3 kali seminggu dan mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk secara lembut.

2. Rambut ditata dengan lembut

Berbagai metode penataan rambut, seperti mewarnai, mencatok, dan mengeriting rambut, dapat membuat rambut rusak dan kering serta mengiritasi kulit kepala.

Untuk mengurangi kerontokan rambut dan menjaga kulit kepala tetap sehat, sebaiknya hindari penataan rambut yang telah disebutkan di atas.

Jika hendak mengeringkan rambut dengan pengering rambut, hindari menggunakan suhu panas karena dapat membuat rambut cepat rusak.

Kebiasaan mengikat dan mengepang rambut terlalu kencang juga dapat menyebabkan akar rambut tertarik, sehingga rambut menjadi mudah rontok.

3. Harus menerapkan pola hidup sehat

Cara mengatasi rambut rontok berikutnya ialah dengan menerapkan pola hidup sehat. Cobalah untuk menjalani pola hidup sehat seperti:

Dengan melakukan hal tersebut, maka akan membantu untuk mengurangi resiko kerontokan rambut.

4. Dengan bahan-bahan alami

Lidah buaya dan minyak kelapa dipercaya berkhasiat dalam mengatasi rambut rontok dan merawat kulit kepala. Bahkan, lidah buaya juga diyakini dapat mengurangi ketombe dan produksi minyak berlebih pada kulit kepala.

Selain lidah buaya dan minyak kelapa, ada beberapa bahan alami yang dapat di coba untuk mengatasi rambut yang rontok, misalnya:

  • Lemon
  • Kuning telur
  • Minyak rosemary dan minyak geranium

5. Asupan nutrisi harus cukup

Cara berikutnya yakni dengan memenuhi asupan nutrisi maka kita juga membantu untuk menjaga kesehatan rambut. Berikut beberapa jenis nutrisi yang penting untuk mengatasi rambut rontok yaitu:

https://edukasi.kompas.com/read/2022/05/26/155714071/5-cara-mengatasi-rambut-rontok-dari-ners-unair

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke