Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Universitas Kedokteran Terbaik di Asia, Ada di Negara Mana Saja?

KOMPAS.com - Kuliah di jurusan Kedokteran selalu menjadi favorit sejak zaman dahulu. Hal ini terlihat dari jumlah pendaftar yang selalu membludak saat proses penerimaan mahasiswa baru.

Salah satu hal yang membuat jurusan Kedokteran selalu banyak diminati karena prospek kerjanya yang sangat luas.

Selain itu, menjadi seorang dokter juga profesi yang mulia karena bisa membantu menyembuhkan masyarakat yang sedang sakit.

Faktor lain jurusan Kedokteran selalu diminati adalah, setelah lulus dan bisa bekerja, penghasilan menjadi seorang dokter tentu sangatlah tinggi.

Hal ini juga menjadi motivasi calon mahasiswa memilih jurusan Kedokteran.

Ada banyak perguruan tinggi negeri dan perguruan tingi swasta yang memiliki jurusan kedokteran dengan kualitas bagus dan terakreditasi A.

Selain bisa memilih jurusan Kedokteran di perguruan tinggi dalam negeri, kamu juga bisa lho menempuh jurusan kedokteran di luar negeri.

Melansir dari laman konsultan pendidikan luar negeri, ICAN Education, Rabu (1/6/2022), ada beberapa perguruan tinggi berkualitas bagus yang fokus utamanya berada di Jurusan Kedokteran.

Universitas kedokteran terbaik di Asia

Berikut ini kampus dengan jurusan kedokteran terbaik di benua Asia;

1. University of Tokyo

University of Tokyo merupakan akademisi nomor 1 di Asia. Kampus ini menyediakan berbagai macam jurusan terbaik dan salah satunya adalah kedokteran.

Fakultas kedokteran di kampus ini memiliki urutan ke-20 di seluruh dunia. Banyak fasilitas terbaik dan penyediaan karir bagi lulusannya loh.

2. National University of Singapore

Sebagai negara tetangga terdekat Indonesia, Singapura juga memiliki universitas yang kualitasnya sudah diakui dunia. NUS memiliki reputasi terbaik di keseluruhan peringkat universitas QS Asia.

Kampus di Singapura ini memiliki reputasi yang sangat kuat pada berbagai macam subyek, dan muncul pada tabel paling banyak di 30 disiplin ilmu.

Untuk Jurusan Kedokteran kampus ini memiliki peringkat ke-21 di dunia. 

3. Kyoto University

Dapat dikatakan universitas ini menjaminkan reputasi kuat untuk perkuliahan di negara Jepang.

Kampus ini juga bisa diandalkan untuk mendapatkan kualitas pendidikan terbaik di bidang kedokteran.

Dalam keseluruhan menurut QS University ranking Asia untuk Jurusan Kedokteran kampus ini memiliki peringkat ke 35 dunia loh.

Meski masih berada di bawah University of Tokyo tetapi Kyoto University juga bisa dijadikan alternatif untuk kuliah kedokteran di Asia.

4. The University of Hong Kong

Khusus bidang kedokteran, Universitas Hongkong juga bisa jadi referensi calon mahasiswa untuk melanjutkan studi. Universitas Hongkong mengklaim bahwa kampusnya memiliki kualitas terbaik dibidang kedokteran.

5. Peking University

Universitas di China memiliki reputasi yang sangat baik di berbagai macam kategori jurusan dan menduduki peringkat ke-8 secara keseluruhan dalam peringkat Asia di tahun 2014.

Demikian 5 universitas Kedokteran terbaik di Asia yang bisa menjadi rekomendasi bagi kamu. Saat memutuskan melanjutkan kuliah di luar negeri, kamu harus mempersiapkan semuanya dari sekarang. Mulai dari syarat administrasi, kemampuan berbahasa asing hingga biaya pendidikan yang dibutuhkan.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/06/02/072300971/5-universitas-kedokteran-terbaik-di-asia-ada-di-negara-mana-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke