Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mulai Kelas 11 Coba Pilih Prodi dan Belajar Tes UTBK, Cek 4 Hal Ini

KOMPAS.com - Mempersiapkan masuk jenjang kuliah saat masih SMA kelas 11, tentu akan lebih baik.

Sebab, untuk masuk ke jenjang perguruan tinggi ada beberapa tahapan seleksi yang berbeda yang harus kamu ketahui.

Misalnya, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk jenjang Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) hingga seleksi mandiri.

Dari tiga jenjang tersebut, dua diantaranya harus dipersiapkan sejak awal. Karena kamu akan melalui tahapan tes tulis yang mau tidak mau, kamu harus belajar banyak materi.

Agar mudah, kamu harus tahu 4 hal yang harus kamu lakukan untuk persiapan masuk kuliah. Dilansir dari laman Akupintar, ini 4 hal yang harus kamu ketahui.

1. Jangan tunda belajar untuk UTBK

Sebagai anak SMA/MA, sudah sewajarnya kalau kamu ingin melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi setelah lulus sekolah nanti.

Pertanyannya, jalur manakah yang akan kamu pilih untuk masuk kuliah? Pertanyaan ini cukup penting karena bisa menjadi awal mula planning masa depan setelah lulus SMA.

Kebanyakan murid ingin kuliah di kampus negeri melalui jalur SBMPTN. Di jalur SNMPTN, karena mengandalkan rapor maka yang diterima pun hanya bisa dihitung jari.

Mayoritas siswa akhirnya harus berjuang di SBMPTN. Ini artinya persiapan siswa kelas 11 sebelum kuliah adalah belajar untuk UTBK.

Bukankah belajar untuk UTBK itu program persiapan kelas 12? Atau, apakah kelas 11 bisa ikut SBMPTN?

Belajar untuk UTBK justru sebenarnya sudah bisa kamu lakukan sejak kelas 10. Misalnya, kamu bisa menyusun rangkuman materi pelajaran, membatasi waktu main, selektif dengan kegiatan ekskul, dan lain sebagainya, demi untuk menyiapkan diri menghadapi UTBK.

Model belajar siswa kelas 11 seperti ini sudah bisa kamu terapkan sedari sekarang agar di kelas 12 nanti kamu tinggal mengulang ringkasan materi menjelang UTBK.

2. Punya prioritas dan bisa mengatur waktu persiapan kuliah di kelas 11

Saat teman-temanmu asyik nongkrong, kamu memilih pulang untuk belajar persiapan masuk kuliah. Terdengar menyebalkan?

Memang tak mudah, tetapi saat inilah kamu belajar tentang prioritas. Kamu berlatih memilah mana yang lebih penting, nongkrong atau belajar untuk UTBK?

Kemudian, kamu juga belajar untuk bertindak sesuai dengan skala prioritas tersebut.

Mungkin berat pada awalnya meninggalkan tongkrongan yang seru, tetapi kamu masih bisa sesekali nongkrong. Kuncinya ada pada kedisiplinan dalam manajemen waktu. Misalnya, setelah materi untuk persiapan masuk kuliah kelar dipelajari sampai di bab sekian, kamu boleh santai sebentar dan hang out dengan sahabatmu.

3. Ketahui minat bakat diri sendiri

Merancang masa depan untuk kuliah tak berhenti sampai di persiapan UTBK. Kamu juga harus tahu akan ke mana nanti setelah UTBK.

Misalnya, dalam hal memilih jurusan. Bahkan bila perlu, pikirkan juga kamu ingin menjalani profesi apa dan bekerja di mana setelah lulus kuliah nanti.

Ini berarti hal yang perlu disiapkan siswa kelas 11 sebelum kuliah adalah mengenal diri sendiri, mengetahui bakat dan minatmu sendiri.

Coba renungkan lagi, kegiatan apa yang kamu suka mengerjakannya sejak dulu? Mata pelajaran apa yang kamu suka dan paling kamu kuasai?

4. Rancang dan bikin alternatifmu sendiri

Hal yang perlu disiapkan siswa kelas 11 sebelum kuliah adalah merencanakan apa saja yang akan kamu lakukan setelah kelas 12 nanti. Meski ada jalur UTBK-SBMPTN dan SNMPTN, bisa jadi kamu gagal di keduanya.

Kamu bisa mengikuti Seleksi Mandiri. Kamu juga bisa merancang masa depan untuk kuliah di politeknik. Atau, kamu mempertimbangkan juga untuk kuliah di kampus swasta?

Disamping faktor finansial, hasil tes minat bakatmu juga bisa turut mempengaruhi keputusanmu untuk kuliah akademik pada Program Sarjana atau vokasi pada Program D4 dan D3. Ujung-ujungnya, pilihan program kuliah itu juga akan menentukan jalur seleksi yang kamu pilih.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/06/11/132912571/mulai-kelas-11-coba-pilih-prodi-dan-belajar-tes-utbk-cek-4-hal-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke