Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal yang Bisa Dilakukan Lulusan SMK, yang Mana Pilihanmu?

KOMPAS.com - Bagi siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA maupun SMK.

Bagi siswa yang tertarik melanjutkan pendidikan ke SMK, kamu akan dibekali dengan berbagai keterampilan yang bermanfaat.

Dari keterampilan yang diperoleh di bangku SMK, para lulusannya pun memiliki kesempatan lebih lebar untuk bisa segera diserap dunia kerja.

Pemerintah pun mendorong lulusan SMK agar bisa langsung diserap dunia kerja dengan berbagai program yang telah diluncurkan.

Namun bagi siswa SMK, selain bisa langsung bekerja, kamu juga punya sejumlah rencana lainnya.

Dilansir dari laman Direktorat Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek), Sabtu (11/6/2022), ada sejumlah hal yang bisa dilakukan para lulusan SMK. Tahukah kamu bahwa tahun ini setidaknya ada lebih dari 1,5 juta siswa SMK yang dinyatakan lulus.

5 hal yang bisa dilakukan lulusan SMK

Baik itu bekerja maupun melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Namun banyaknya pilihan bagi lulusan SMK, sebaiknya dipertimbangkan dengan serius, karena ini menyangkut masa depan kalian.

Lantas, apa saja pilihan yang bisa dilakukan lulusan SMK? Berikut ini beberapa alternatif untuk lulusan SMK yang baru lulus.

1. Bekerja

Sebagai pendidikan menengah kejuruan, SMK sejak awal memang bertujuan untuk mempersiapkan peserta didiknya agar dapat langsung masuk ke dunia kerja setelah menyelesaikan studi.

Apalagi, sertifikat kompetensi yang dimiliki para lulusannya, serta pengalaman selama praktik kerja industri tentu bisa menjadi modal untuk melamar pekerjaan sesuai kompetensi yang dimiliki.

2. Melanjutkan studi

Kuliah di perguruan tinggi tidak hanya bisa dilakukan lulusan SMA saja lho. Lulusan SMK juga bisa memilih jurusan kuliah yang diminati. Pilihan untuk melanjutkan studi juga sama ragamnya.

Artinya, tidak ke akademi atau politeknik saja, tetapi bisa juga ke universitas. Sepanjang kalian bisa mengoptimalkan belajar agar bisa mengikuti seleksi, maka perguruan tinggi impian pasti bisa diraih.

Jika ingin melanjutkan studi, sebaiknya rencanakan sebaik mungkin. Khususnya soal jurusan yang akan diambil. Usahakan masih dalam bidang yang sama dengan jurusan semasa SMK.

3. Ikut kursus

Jika masih ingin mendalami ilmu, tetapi tidak mau lama-lama seperti melanjutkan kuliah, maka mengikuti kursus bisa menjadi solusinya.

Selain bisa mendalami kompetensi yang diperoleh selama di bangku sekolah, di lembaga kursus dan pelatihan (LKP) kalian bisa mendapatkan lingkaran pertemanan baru, yang mungkin bisa membuka peluang lain. Apakah terkait pekerjaan atau bahkan bekerja sama membangun usaha.

4. Membuka usaha

Lulusan SMK yang belum mau bekerja atau melanjutkan studi, bisa mencoba berwirausaha. Selama ini Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi juga terus mendorong program teaching factory untuk menciptakan suasana pembelajaran bernuansa kewirausahaan. Lulusan SMK bisa menerapkan ilmu yang diperoleh dengan membuka usaha sendiri.

5. Pekerja lepas atau freelance

Bekerja sebagai tenaga lepas merupakan salah satu opsi bagi lulusan SMK. Kalian bisa memilih bidang yang sesuai dengan keahlian kalian saat di SMK. Jenis pekerjaan ini sama sekali tidak terikat oleh suatu badan usaha atau perusahaan sehingga lebih fleksibel.

Bahkan, ketika kalian memutuskan untuk melanjutkan kuliah sekalipun, pekerjaan ini masih sangat memungkinkan untuk dilakukan

Itulah 5 hal yang bisa dilakukan siswa SMK setelah lulus. Jadi manfaatkan semua ilmu yang diperoleh saat SMK sehingga kamu tidak akan bingung harus melakukan apa setelah lulus.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/06/12/090700771/5-hal-yang-bisa-dilakukan-lulusan-smk-yang-mana-pilihanmu-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke