Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mahasiswa, Ini Tips Memilih Organisasi Kuliah agar CV Makin Menarik

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa baru, perlu diketahui bahwa masa kuliah harus dimanfaatkan secara maksimal yakni mengisinya dengan kegiatan positif.

Pasalnya tahapan ini menjadi bekal untuk langkah selanjutnya yakni mencari kerja. Sebagai mahasiswa baru tidak hanya semata-mata kuliah dan mengerjakan tugas saja, tapi juga harus mencari banyak pengalaman.

Salah satunya dengan mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang banyak tersedia di masing-masing perguruan tinggi.

Ada berbagai organisasi di perguruan tinggi. Mulai dari organisasi intra-kampus hingga organisasi di luar kampus atau organisasi eksternal. Organisasi kampus ini tentu memiliki tujuan dan fungsinya masing-masing.

Setiap kampus memiliki beragam organisasi kemahasiswaan, seperti organisasi himpunan jurusan, organisasi tingkat fakultas, dan UKM.

Banyaknya jenis organisasi kuliah tentu membuat mahasiswa baru bingung untuk memilih salah satu di antaranya. Bahkan tak jarang seorang mahasiswa mengikuti beberapa organisasi.

Sebelum menentukan pilihan organisasi kuliah, sebaiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal.

Dilansir dari laman Institut Teknologi Batam (Iteba), Minggu (12/6/2022), berikut beberapa tips memilih organisasi kuliah agar curriculum vitae (CV) yang kamu gunakan untuk melamar kerja di masa yang akan datang makin menarik.

5 tips memilih organisasi kuliah agar CV menarik

1. Pilih organisasi sesuai hobi

Untuk tujuan mengembangkan diri dan meningkatkan skill yang dimiliki, kamu bisa memilih organisasi kampus sesuai dengan hobimu. Misalnya, kamu memiliki hobi traveling ke alam, kamu bisa memilih organisasi atau UKM pecinta alam. Memilih organisasi dan UKM sesuai hobi dapat membuatmu tak merasa terbebani saat menjalankannya.

2. Pahami program kerjanya

Setiap organisasi kampus pastinya mempunyai fungsi dan tujuan masing-masing. Hal ini tentu berkaitan dengan program kerja organisasi atau UKM tersebut.

Sebelum masuk ke dalam sebuah organisasi, pastikan kamu mengetahui program kerja dan mengenal anggota organisasi agar kamu mengetahui tujuan serta visi dan misi organisasi tersebut.

3. Hindari mengikuti keinginan teman

Pastikan kamu memilih UKM atau organisasi yang sesuai dengan keinginanmu, bukan keinginan orang lain, terutama temanmu.

Jika kamu memiliki fisik yang tidak cukup kuat untuk mendaftar UKM pecinta alam seperti temanmu, sebaiknya kamu tidak mengikutinya. Pilihlah organisasi kuliah sesuai dengan minatmu agar tidak menyesal setelah masuk organisasi tersebut.

4. Pastikan bisa membagi waktu

Sebelum bergabung dalam organisasi atau UKM universitas, sebaiknya kamu mengetahui jadwal dan tingkat kepadatan aktivitas organisasi kuliah tersebut. Hal itu bertujuan agar setelah aktif mengikuti organisasi, kamu bisa membagi waktu antara perkuliahan dan organisasi dengan baik.

Membagi waktu saat kuliah perlu dilakukan agar prestasi akademik dan non-akademikmu seimbang.

5. Daftar organisasi di luar kampus

Selain organisasi di dalam jurusan atau kampus, kamu juga bisa memilih organisasi di luar kampus. Tak hanya itu, masih banyak organisasi di luar kampus yang tentunya bermanfaat untuk masa depanmu.

Itulah lima tips memilih organisasi kuliah agar CV-mu makin menarik. CV yang menarik dengan banyak pengalaman yang dijalani selama kuliah menjadi nilai plus saat melamar pekerjaan di suatu perusahaan.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/06/12/193245871/mahasiswa-ini-tips-memilih-organisasi-kuliah-agar-cv-makin-menarik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke