Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unair Terima 1.925 Mahasiswa dari SBMPTN 2022, Ini Prodi Terketat

KOMPAS.com - Para peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 bisa bernafas lega setelah melihat pengumuman dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Kamis (23/6/2022).

Ketua LTMPT Prof. Mochamad Ashari menegaskan bahwa SBMPTN 2022 keketatannya cukup tinggi. Sehingga peserta yang lolos harus bersyukur karena bisa terpilih di PTN pilihannya.

Dalam SBMPTN 2022, Universitas Airlangga (Unair) menerima 1.925 mahasiswa. Rektor Unair, Prof. Mohammad Nasih menjelaskan, pada SBMPTN, Unair menerima 1.925 peserta dinyatakan lulus SBMPTN dari 31.088 peserta yang ikut.

"Artinya tingkat keketatannya kurang lebih di angka 6 persen. Sedikit lebih ketat dibandingkan dengan SNMPTN yang sudah diumumkan sebelumnya," terang Prof. Nasih seperti dikutip dari laman Unair, Kamis (23/6/2022).

Prof. Nasih menyampaikan, terdapat 347 mahasiswa peserta Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang tersebar di beberapa jurusan.

Jurusan terbanyak penerima KIP-K antara lain:

1. Program Studi Keperawatan yakni sebanyak 21 peserta

2. Ekonomi Pembangunan, dan Ekonomi Islam masing masing 20 peserta.

"Peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN di Unair, sebagian besar masih didominasi oleh perempuan," urai Prof. Nasih.

Namun, secara jumlah terjadi penurunan komposisi peserta perempuan jika dibandingkan dengan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

"Jika yang lolos SNMPTN 79,09 persen perempuan, pada SBMPTN kali ini terjadi penurunan sedikit, tinggal 67,84 persen," papar Prof Nasih.

Perihal nilai, Prof. Nasih menambahkan, Unair menjadi perguruan tinggi dengan nilai rata-rata peserta tertinggi keempat pada rumpun Sains dan Teknologi (Saintek). Sedangkan, untuk rumpun Sosial dan Humaniora (Soshum) menempati tertinggi ke tujuh.

"Prodi Kedokteran masih menjadi primadona bagi para peserta SBMPTN 2022. Jurusan ini memiliki tingkat keketatan mencapai 2,38 persen," beber Prof. Nasih.

Prodi Saintek dan Soshum Unair terketat di SBMPTN 2022

Hal itu berarti setiap 100 peserta yang mendaftar Prodi Kedokteran SBMPTN 2022 di Unair, hanya 2-3 peserta yang dinyatakan lulus seleksi.

Prodi lain yang juga termasuk ketat untuk rumpun Saintek ialah:

1. Prodi Gizi.

2. Sistem Informasi.

Sedangkan untuk rumpun Soshum prodi terketat yakni:

3. Prodi Ilmu Komunikasi.

4. Psikologi dan Manajemen.

Prof. Nasih mengungkapkan, karena pada SBMPTN 2022 ada salah satu peserta yang nilai tesnya menempati urutan ke delapan terbaik pada SBMPTN yang diselenggarakan LTMPT.

"Alhamdulillah di bidang Soshum Unair juga memasukkan salah satu pesertanya untuk berada pada 10 besar nilai tertinggi, yakni dari program studi akuntansi," tutup Nasih.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/06/23/192708671/unair-terima-1925-mahasiswa-dari-sbmptn-2022-ini-prodi-terketat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke