Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Hadapi Persaingan Dunia Kerja ala Alumnus UMM

KOMPAS.com - Para lulusan baru atau fresh graduate harus siap terjun ke dunia kerja. Saat berada di dunia kerja, tentu mereka akan menghadapi banyak tantangan.

Oleh karena itu, para mahasiswa harus mempersiapkan diri menghadapi segala tantangan yang mungkin terjadi saat berada di dunia kerja sejak dini.

Alumnus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Khabibullah Kanafie memberikan beberapa tips menghadapi persaingan dunia kerja.

Senior Manajer Operation dan Manufacturing Refenery PT. Pertamina ini membeberkan sederet tips yang bisa dilakukan fresh graduate untuk mempersiapkan masa depan.

Tips hadapi persaingan dunia kerja

Tips ini disampaikan Kanafie saat mengikuti wisuda UMM yang ke-104. Kanafie mengatakan, dalam menggapai mimpi, perlu adanya pengorbanan dan proses yang harus dilalui.

Menurutnya, ilmu yang didapat selama mengenyam pendidikan di UMM sudah lebih dari cukup. Tinggal bagaimana para sarjana memanfaatkannya dengan baik. Berikut tips menghadapi persaingan dunia kerja dari alumnus UMM:

1. Harus punya mimpi

Para sarjana baru harus menentukan dan memiliki mimpi. Begitupun dengan pengetahuan dan memahami diri sendiri.

Dia menjelaskan, ketika ingin meraih mimpi, wisudawan harus tahu kapabilitas yang dimiliki, skill serta prestasi yang sudah diraih.

"Jadi kita bisa melihat, sudah sampai mana portofolio kita untuk dijadikan modal menggapai masa depan. Dengan kita mengetahui diri sendiri dan cita-cita, kita juga akan memahami seberapa dekat upaya kita untuk menggapai impian yang diidamkan," kata Kanafie seperti dikutip dari laman UMM, Sabtu (25/6/2022).

2. Modal yang harus dimiliki para fresh graduate

Kanafie mengungkapkan, modal apa saja yang perlu dimiliki seorang fresh graduate agar bisa berkompetisi di dunia kerja.

Dimulai dengan kemampuan kognitif yakni bagaimana seseorang melihat masalah dan mengatasinya.

Kemudian kompetensi hard yakni bagaimana nilai akademik selama menjadi mahasiswa. Dapat dinilai dari indeks kumulatif prestasi yang dipunya.

3. Soft competence

Para fresh graduate harus memiliki soft competence yakni kemampuan mengatur emosi dan komunikasi dengan orang lain.

4. Nilai lainnya

Para lulusan baru juga harus memiliki nilai lainnya. Seperti kemampuan di luar jurusan atau dunia yang selama ini digeluti selama kuliah.

"Selain dari keempat modal tersebut, kita juga harus berani untuk mengambil tindakan dan juga harus terus mau menambah nilai pada diri kita," imbuh dia.

Kanafie mengajak agar para lulusan baru jangan lupa juga untuk mendasari cita-cita dengan niat ibadah.

"Insyaallah jika usaha dan doa seimbang, impian akan mudah ada di genggaman," imbuh Kanafie.

Sementara itu Rektor UMM Fauzan menilai bahwa para sarjana akan mendapatkan tuntutan yang luar biasa. Bagaimana mereka akan memasuki dunia yang tidak pasti.

Kehadiran para wisudawan juga telah ditunggu oleh masyarakat untuk menjadi seorang problem solver.

"Saudara juga akan menjadi panutan dan tokoh di masyarakat. Maka jangan sia-siakan harapan mereka bagi saudara yang menjadi alumni UMM. Semoga saudara bisa menjadi manusia-manusia yang bermanfaat bagi negara, bangsa dan agama," ungkapnya.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/06/25/170700871/tips-hadapi-persaingan-dunia-kerja-ala-alumnus-umm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke