Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Kuliah Luar Negeri? Ini 10 Negara dengan Kampus Terbaik

KOMPAS.com - Banyak negara yang menawarkan banyak beasiswa bagi mahasiswa. Salah satunya adalah Amerika Serikat.

Mulai tawaran kuliah S1, S2, dan S3 di berbagai universitas terbaik. Namun, dari semua negara di dunia, ada 10 negara yang memiliki tawaran terbaik untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Mulai fasilitas yang disediakan, lingkungan yang nyaman bagi pelajar, hingga deretan kampus terbaik yang masuk peringkat atas dunia.

Dilansir dari laman Schoters, berikut daftar 10 negara terbaik untuk melanjutkan kuliah.

1. Amerika Serikat

Mulai dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), Stanford University (US) dan Harvard University (US), semuanya merupakan tiga kampus terbaik di dunia yang berada di Amerika Serikat.

Apalagi, di Amerika Serikat sendiri fasilitas bagi mahasiswa cukup terjamin dan diakui menjadi salah satu yang terbaik.

Banyak artis lulusan kampus di Amerika Serikat, salah satunya Maudy Ayunda yang lulusan dari Stanford University. Lalu ada Cinta Laura hingga Mikha Tambayong.

2. Inggris

Inggris punya 2 universitas tertua di dunia, yakni University of Cambridge (UK) dan University of Oxford (UK).

Ditambah University College London (UK), tiga kampus ini masuk daftar teratas 10 universitas terbaik di dunia.

3. Swiss

Tak hanya dikenal sebagai negara yang handal membuat jam tangan, Swiss juga terkenal dengan salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia.

Hal ini dikarenakan terdapat dua universitas yang masuk dalam top world rangking, ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology dan Ecole Polytechnique Federale de Lausanne.

4. Singapura

Singapura merupakan salah negara terbaik tidak hanya di kawasan Asia Tenggara melainkan juga di dunia.

Hal ini dikarenakan Singapura terkenal dengan sistem pendidikan yang cukup bagus. Nanyang Technological University (Singapore) dan National University of Singapore adalah universitas top di negara tetangga Indonesia ini.

5. Australia

Australia termasuk negara yang memiliki kampus terbaik di dunia. The Australian National University (ANU), Monash University adalah contohnya.

6. China

Tak hanya kaya akan teknologi, negeri yang dikenal akan hewan panda ini memiliki pendidikan yang merupakan salah satu keunggulan dari negara ini.

Pasalnya terdapat salah satu universitas terbaik di China, yaitu Tsinghua University (China).

7. Hongkong

The University of Hongkong (Hongkong) dan The Hong Kong University of Science and Technology merupakan salah dua diantara universitas-universitas terbaik di Hongkong dan dunia.

8. Jepang

Negara yang identik dengan kemajuan teknologinya merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik pula di dunia.

Hal ini terbukti dari masuknya salah satu universitas terbaik di Jepang yaitu The University of Tokyo.

9. Kanada.

Kanada merupakan negara yang dekat dengan Amerika Serikat. Tak hanya dekat secara wilayah, melainkan dekat dengan sistem pendidikan yang diterapkan. Salah satu universitas terbaik di Kanada adalah university of Toronto.

10. Korea Selatan

Negeri yang terkenal dengan K-Popnya ini, punya deretan kampus terbaik. Salah satunya Seoul National University (South Korea) dan KAIST – Korea Advanced Institute of Science & Technology (South Korea) menjadi salah dua universitas terbaik di dunia.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/06/25/193700571/ingin-kuliah-luar-negeri-ini-10-negara-dengan-kampus-terbaik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke