Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harus Perhatikan 7 Hal Ini Saat Memilih PTS

KOMPAS.com - Melanjutkan studi di PTN favorit merupakan impian hampir setiap murid. Sayangnya, kuota penerimaan mahasiswa di universitas negeri selalu dibatasi.

Jangan sedih. Masa depanmu tidak otomatis suram jika tidak diterima di PTN. Di Indonesia masih banyak universitas swasta yang kualitasnya tak kalah bagus dibandingkan kampus-kampus negeri.

Jika kamu ingin memilih PTS, berikut hal-hal yang wajib dipertimbangkan dalam memilih PTS, dilansir dari laman Fakultas Teknik Universitas Pasundan.

1. Akreditasi

Jangan asal pilih PTS yang kelihatan mentereng. Hal yang penting adalah akreditasinya.

Makin tinggi akreditasi suatu perguruan tinggi, makin bagus kualitasnya. Selain akreditasi kampus, kamu juga perlu mengecek akreditasi jurusan.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang menetapkan peringkat akreditasi universitas.

Urutannya, Akreditasi Unggul, Akreditasi A, Akreditasi B, dan Akreditasi C. Sedangkan akreditasi jurusan diselenggarakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi (LAM-PT) dengan urutan peringkat yang sama.

2. Lulusan bermutu

Kamu bisa mengetahui kualitas sebuah PTS dari lulusannya. Cek prestasi membanggakan apa saja yang pernah diraih, lalu cek juga alumni PTS tersebut berkarier dan berkiprah dimana saja.

Output yang berkualitas berbanding lurus dengan input yang tak kalah bagus pula. Selain dukungan sarana prasarana untuk proses KBM, ini artinya PTS tersebut juga diisi oleh SDM (tenaga pengajar) yang kompeten dan berpengalaman.

3. Fasilitas

Fasilitas adalah poin yang tak kalah penting dipikirkan saat memilih PTS. Lengkap tidaknya sarana dan prasarana akan sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikanmu di kampus nanti.

Bayangkan, kamu kuliah di Jurusan Sistem Informasi, namun lab komputer yang memadai saja tak ada. Bagaimana bisa kamu akan maju dan berkembang? Maka pastikan kamu memilih PTS yang benar-benar mengakomodasi kebutuhan pendidikanmu.

4. Biaya kuliah

Biaya kuliah di PTS sering kali jadi momok karena telanjur dicap dengan label mahal. Padahal, tidak semua universitas swasta menetapkan biaya kuliah yang lebih tinggi dibandingkan PTN.

Masih banyak PTS berkualitas yang biaya kuliahnya terjangkau. Biar tidak terus menebak-nebak, coba lakukan riset di website masing-masing kampus.

Lalu bandingkan dengan kampus lain. Dari situ kamu bisa lebih mudah menentukan universitas mana yang biayanya sesuai dengan standarmu.

5. Sarana pengembangan diri

Sayang sekali kalau waktumu hanya dipakai untuk kuliah, mengerjakan tugas, pulang dari kampus.

Mumpung masih mahasiswa, manfaatkan kesempatan sebaik-baiknya untuk terus mengembangkan diri, salah satunya dengan mengikuti organisasi di kampus.

Untuk itu, sebelum mendaftar pastikan apakah ada organisasi di PTS tersebut yang cocok dan sesuai dengan bakat minatmu. Informasi ini biasanya tersedia di website, brosur, atau booklet pendaftaran mahasiswa baru.

6. Rekomendasi alumni

Rekomendasi alumni atau teman yang berkuliah di PTS tersebut juga bisa kamu jadikan pertimbangan dalam memilih kampus.

Jangan sungkan untuk bertanya tentang pengalaman dan hal-hal apa saja yang menarik selama berkuliah di perguruan tinggi tersebut.

Jangan lupa, tanyakan plus minus dari kampus dan jurusan yang akan kamu pilih. Cerita suka duka dari mereka pasti akan memberikan pandangan baru yang akan makin menambah wawasan dan referensimu.

Jadi kamu pun akan lebih mantap apakah akan memilih/tidak PTS tersebut.

7. Peringkat PTS

Terakhir, jangan lupa cek peringkat PTS pilihanmu secara regional maupun global.

Kemendikbud Ristek sebagai penyelenggara pendidikan lingkup perguruan tinggi biasanya merilis daftar PTN dan PTS terbaik yang terus diupdate setiap tahun. Lewat peringkat ini, kamu pun bisa membandingkan kampus satu dengan yang lainnya dengan mudah.

Itulah beberapa kriteria valid yang wajib dipenuhi saat memilih PTS. Jangan lupa perbanyak informasi seputar perguruan tinggi tujuan dari sumber-sumber tepercaya.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/06/26/084700171/harus-perhatikan-7-hal-ini-saat-memilih-pts

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke