Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mahasiswa, Intip 5 Tips Kembangkan Potensi Diri di Masa Kuliah

KOMPAS.com - Memasuki masa kuliah tentu sangat berbeda saat masih menjadi siswa dan duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Saat kuliah, banyak hal baru yang bisa kamu peroleh. Selain itu, kamu juga harus belajar lebih mandiri.

Di masa kuliah ini, kamu bisa lebih mengeksplorasi bakat dan minatmu. Selain itu kamu juga bisa mengembangkan potensi yang ada dalam dirimu.

Agar potensi yang kamu miliki bisa berkembang secara maksimal, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Melansir dari akun Instagram lembaga kursus bahasa Inggris yang berbasis di Kediri, Jawa Timur (@titiknolenglish), Selasa (28/6/2022), membagikan tips agar mahasiswa bisa mengembangkan potensi dengan maksimal selama kuliah. 

1. Lebih fokus untuk mempertajam hard skill

Sebagai mahasiswa, kewajiban dan tanggung jawab utama adalah belajar. Ilmu yang dipelajari di bangku perkuliahan akan menjadi salah satu modal penting untuk menunjang karier setelah menyelesaikan kuliah.

Belajar juga tidak hanya menambah wawasan atau ilmu di bidang tertentu tapi juga membentuk pola pikir agar menjadi lebih kritis dan rasional. Kedua hal ini sangat berpengaruh dengan caramu menganalisa dan mengambil keputusan.

2. Kembangkan soft skill

Meski kewajiban utama mahasiswa adalah belajar tapi dunia kuliah juga tidak hanya berputar di bidang akademis saja.

Pasalnya saat memasuki lingkungan kerja profesional, berbagai soft skill yang dimiliki akan sangat membantu dalam performa kinerja.

Kamu bisa ikut organisasi atau menjadi volunteer namun tetap harus menjaga waktu untuk kehidupan akademik dan non-akademik.

3. Perluas pertemanan dan relasi

Aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di kampus tidak hanya membantu mengasah soft skill yang dimiliki. Tetapi juga memberimu kesempatan memperluas jejaring pertemanan.

Membangun relasi menjadi bagian penting dan bisa dimulai saat duduk di bangku kuliah.

Karena, dari jejaring ini bisa membuka banyak peluang. Misalnya peluang bisnis bersama atau peluang mendapat rekomendasi pekerjaan tertentu.

4. Terapkan manajemen keuangan yang efisien

Meski masih muda, kamu perlu membangun manajemen keuangan mulai dari sekarang. Membangun manajemen keuangan yang baik bersifat esensial karena akan menjadi pondasi di fase kehidupan selanjutnya.

Sebagai langkah awal, kamu bisa mulai dengan mencatat cash flow dan mengatur anggaran setiap bulan secara disiplin.

Misalnya membagi uang untuk kebutuhan pokok, hiburan, tabungan, dana darurat dan sosial. Bahkan tak menutup kemungkinan juga bisa belajar berinvestasi sejak muda.

5. "Memahalkan diri" melalui prestasi

Hal lain yang tidak boleh dilewatkan adalah meningkatkan prestasi. Baik di bidang akademik maupun non-akademik.

Tentunya ini berpotensi menjadi nilai tambah dalam memasuki dunia kerja.

Maksimalkan waktu kuliah agar kamu punya ruang untuk mengembangkan potensi diri. Kedisiplinan diri adalah kunci dalam hal ini.

Itulah 5 tips kembangkan potensi diri secara maksimal saat kuliah. Tips ini bisa kamu terapkan agar masa kuliahmu bisa diisi dengan hal-hal yang bermanfaat sekaligus merencanakan masa depan dengan lebih baik.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/06/28/143800771/mahasiswa-intip-5-tips-kembangkan-potensi-diri-di-masa-kuliah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke