Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Jurusan Politeknik yang Kerjanya Menjanjikan

KOMPAS.com - Memilih kuliah di Politeknik, kamu bisa pilih jurusan yang punya prospek kerja tinggi.

Namun, ada jurusan unik yang hanya ada di Politeknik. Jurusan-jurusan ini umumnya hanya ada di satu politeknik di Indonesia. Jadi, kamu bisa memilih mana yang kamu suka dan cocok denganmu.

Setelah lulus, mahasiswa akan diberikan gelar Sarjana Terapan atau S.ST. Apa saja jurusan-jurusan unik tersebut?

Dilansir dari Instagram resmi Direktorat Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berikut lima jurusan kuliah anti mainstream penuh prospek kerja.

5 jurusan politeknik anti mainstream dan menjanjikan

1. Teknologi Game

Jika kamu suka bermain game, jurusan ini cocok untukmu. Jurusan teknologi game akan membekali mahasiswa dengan empat kemampuan dasar di industri game.

Setelah lulus kuliah, mahasiswa bisa bekerja di berbagai game developer. baik bergabung di tim game, design, game art, maupun game programming.

Politeknik yang menyediakan jurusan ini adalah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

2. Teknologi Rekayasa Utilitas

Lulusan jurusan ini bisa bekerja di berbagai sektor seperti industri retail, perhotelan dan kapal pesiar, rumah sakit, perbankan, dan perkantoran.

Selain itu juga prospek kerja di perusahaan konsultan, industri pengolahan pangan, manufaktur farmasi, kimia, petrokimia, pertambangan, dan tekstil.

Politeknik yang menyediakan jurusan ini adalah Politeknik Negeri Bali (PNB).

3. Logistik Perdagangan Internasional

Lulusan jurusan Logistik perdagangan internasional akan membekali kamu dengan kemampuan spesifik dalam bidang supply chain, procurement, warehouse management, project management, dan menjadi entrepreneur yang andal.

Lulusan jurusan yang terhitung baru ini memiliki kapasitas sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Politeknik yang menyediakan jurusan ini, adalah Politeknik Negeri Batam.

4. Rekayasa Keamanan Siber

Mahasiswa yang memilih jurusan ini, bisa mendapatkan pelajaran konsep matematika terapan, dan dasar rekayasa pelaksanaan Keamanan Siber dengan mengacu pada standar internasional, hingga menjadi insan yang unggul dan berdaya saing dalam bidang keamanan siber di kawasan Asia Tenggara.

Jika kamu ingin memilih jurusan ini, maka ada satu sekolah kedinasan milik pemerintah yang bisa kamu pilih. Yakni Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN).

5. Produksi Tanaman Hortikultura

Jika kamu memilih jurusan ini, kamu akan dibekali tentang cara pembibitan yang baik, budidaya, penanganan pasca panen, dan pemasaran tanaman hortikultura untuk tanaman hias, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Politeknik yang menyediakan jurusan ini, adalah Politeknik Negeri Jember.

Program ini menawarkan perkuliahan selama 3 tahun (6 semester) di bidang agribisnis dengan kompetensi utama dalam hal pembibitan, budidaya, penanganan pasca panen. Serta pemasaran tanaman hortikultura (seperti tanaman hias, buah-buahan dan sayur-sayuran).

https://edukasi.kompas.com/read/2022/07/09/125706771/5-jurusan-politeknik-yang-kerjanya-menjanjikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke