Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Jurusan Teknologi Pangan, Prospek Kerja dan Kampus Pilihannya

KOMPAS.com - Jurusan Teknologi Pangan merupakan salah satu program studi (prodi) yang semakin diminati dari tahun ke tahun.

Bisa dikatakan, Teknologi Pangan merupakan turunan dari jurusan Pertanian. Jika kamu memilih Jurusan Teknologi Pangan, mahasiswa akan belajar seluk-beluk pertanian dan ilmu gizi.

Tak hanya itu mahasiswa juga belajar macam-macam teknik pengolahan makanan demi memastikan makanan yang diproses dapat memenuhi standar gizi bagi konsumen.

Teknologi Pangan berkaitan erat dengan teknik dan penerapan teknologi yang berhubungan dengan proses pengolahan makanan.

Jurusan Teknologi Pangan ini cukup diminati tak terlepas karena industri pangan dan kuliner yang selalu berkembang.

Alasan pilih Jurusan Teknologi Pangan

Selain prospek kerjanya yang cerah, ada beberapa alasan lain kamu bisa memilih jurusan Teknologi Pangan. Melansir dari laman Fakultas Teknik Universitas Pasundan (Unpas), Jumat (15/7/2022), masih ada beberapa alasan lain kenapa perlu mempertimbangkan Teknologi Pangan sebagai jurusan kuliah.

1. Dengan ilmu yang didapat, bisa turut berkontribusi menciptakan ketahanan pangan yang stabil untuk negara

2. Mahasiswa bisa belajar berbagai cabang ilmu sains yang berhubungan dengan pengolahan makanan.

3. Setelah lulus, bisa menjadi ahli gizi dan ahli pangan sekaligus.

4. Bagi mahasiswa yang senang bereksperimen dengan makanan, Teknologi Pangan akan menjadi jembatan yang tepat untuk kreativitasmu.

5. Memiliki modal untuk berwirausaha di bidang pangan.

Ada beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang bisa menjadi pilihan jika kamu memilih Jurusan Teknologi Pangan.

Kampus pilihan Jurusan Teknologi Pangan

Rekomendasi ini juga berdasarkan data akreditasi yang dihimpun Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Berikut kampus pilihannya untuk Jurusan Teknologi Pangan:

Prospek kerja lulusan Teknologi Pangan

Setelah lulus dari Jurusan Teknologi Pangan, kamu berhak menyandang gelar Sarjana Teknik Pertanian (S.TP.).

Dari ilmu yang diperoleh selama kuliah, mahasiswa dapat memulai karier di bidang industri pangan. Prospek kerja untuk lulusan Teknologi Pertanian sangat besar, diantaranya bisa bekerja di:

  • Perusahaan boga dan pangan
  • Instansi pemerintahan
  • Akademik
  • Wirausaha

Karena prospek kerjanya luas, mahasiswa lulusan Teknologi Pangan dapat menemukan berbagai pilihan karier. Beberapa pilihan karier lulusan Teknologi Pangan yaitu:

1. Quality Assurance (Pengendali mutu produk makanan).

2. Pengembangan produk.

3. Konsultan gizi dan pangan.

Demikian penjelasan seputar Jurusan Teknologi Pangan dan kampus pilihannya. Tertarik daftar di Jurusan Teknologi Pangan?

https://edukasi.kompas.com/read/2022/07/16/060700371/mengenal-jurusan-teknologi-pangan-prospek-kerja-dan-kampus-pilihannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke