Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup MPLS

KOMPAS.com - Bagi siswa baru, apakah sudah paham dengan apa itu MPLS? Berikut ini pengertian MPLS, tujuan MPLS dan ruang lingkup MPLS.

Dirangkum dari Informasi MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Senin (25/4/2022), ini penjelasan terkait MPLS di tahun ajaran baru.

Tapi sebelumnya, siswa baru harus paham bahwa dulu bahwa dulu istilahnya ialah Masa Orientasi Sekolah (MOS). Ini adalah masa pengenalan bagi siswa baru yang masuk kelas 1 SD, SMP, SMA/SMK/sederajat.

Namun kini MOS berubah menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Hal itu tertuang dalam Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.

Pada masa MPLS ini, seluruh aktivitas yang ada haruslah bersifat edukatif dan menyenangkan, sehingga peserta didik baru mampu mengenali ekosistem sekolah.

Serta menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, tempat mereka bermain, belajar, meningkatkan prestasi, dan menumbuhkembangkan karakternya.

Tetapi, karena pandemi Covid-19 maka MPLS berubah menyesuaikan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Meski demikian, kegiatan MPLS harus tetap menjadi laboratorium awal siswa baru mengenali lingkungan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan.

Pengertian MPLS

MPLS adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah dalam rangka memperkenalkan para siswa baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah.

Perkenalan tersebut tidak hanya sebatas antar murid baru saja atau dengan kakak kelas serta guru namun juga pada komponen lainnya, meliputi pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan.

Bagi sekolah-sekolah Boarding School, pengenalan budaya kehidupan di asrama menjadi materi penting.

Tujuan MPLS

Tentu MPLS sifatnya wajib. Ini tujuan atau manfaat MPLS:

1. Mengenali potensi diri siswa baru.

2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.

4. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya.

5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Ruang lingkup MPLS

Biasanya setiap sekolah memiliki materi yang sedikit berbeda disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Beberapa materi yang perlu disampaikan saat pelaksanaan kegiatan MPLS, antara lain:

1. Wawasan Wiyata Mandala.

2. Kegiatan Kesiswaan, baik itu Intrakurikuler, seperti OSIS ataupun Ekstrakurikuler, seperti Kepramukaan, UKS, Seni, Olahraga, dan lain-lain.

3. Pendidikan Karakter.

4. Cara Belajar Efektif.

5. Pengenalan Budaya Lokal.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/07/18/120517671/ini-pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-mpls

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke