Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jurus Anti Grogi agar Meeting Percaya Diri

Oleh: Fauzi Ramadhan dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Meeting atau rapat merupakan sesuatu yang lumrah ditemui saat memasuki dunia kerja. Saat rapat, kita umumnya akan bertemu rekan kerja, atasan, atau klien perusahaan yang bergantung tujuannya.

Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa meeting merupakan suatu hal yang esensial bagi perusahaan. Tak heran jika kita lantas dituntut untuk tampil sempurna di hadapan orang-orang agar dapat memberikan sebuah kesan baik.

Namun, faktanya, tidak semua orang mampu tampil sempurna saat rapat. Salah satu faktor yang umum terjadi adalah karena perasaan grogi atau cemas. Lantas, kalau sudah demikian, apa yang harus dilakukan?

Vivid F. Anggraini, seorang konselor pendidikan dan motivator pemuda, punya jawaban atas pertanyaan tadi. Ia lantas membagikannya dalam siniar (podcast) Smart Inspiration edisi Smart Career episode “Jurus Anti Grogi dalam Meeting” di Spotify.

Bagi orang yang mengalami grogi atau cemas, rapat di tempat kerja dapat menjadi tantangan. Hal ini bisa terlihat dari perasaan takut untuk berbicara, tidak percaya diri untuk bertanya, hingga khawatir tidak mendengarkan penjelasan dengan baik.

Rapat yang dilakukan secara daring ternyata juga dapat menimbulkan grogi. Terlebih rapat yang dilakukan dalam waktu yang lama bisa sangat menguras tenaga. Para peneliti lalu menyebut hal ini sebagai “Zoom Fatigue”.

Jika tidak segera diatasi, rasa grogi ini dapat memengaruhi kinerja kita. Dirangkum dari Indeed, berikut adalah strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi grogi dalam rapat.

Persiapkan Dirimu

Kita mungkin akan merasa lebih baik jika menghadiri rapat dengan rasa siap. Kesiapan ini bisa dimulai dari mengenakan pakaian yang rapi dan nyaman.

Selanjutnya kita bisa mempersiapkan perlengkapan-perlengkapan yang nantinya dibutuhkan saat rapat, seperti air minum, makanan ringan, alat tulis, atau tablet.

Dengan segala persiapan ini, kita akan dibuat lebih percaya diri ketika berada di rapat.

Validasi Perasaanmu

Sebelum rapat dimulai, cobalah untuk memikirkan mengapa kecemasan ini bisa terjadi. Apakah karena pakaian, materi presentasi, atau ketidaksiapan berbicara?

Jika sudah ditemukan penyebabnya, cobalah untuk mengatasi dengan tenang dan bijak. Jika perlu, mintalah bantuan dari rekan kerja.

Selain membuatmu tenang, memvalidasi perasaan juga membuat kita merasa siap.

Latih Diri dengan Pertanyaan

Perasaan cemas kerap muncul ketika kita diharuskan untuk berbicara di dalam rapat. Entah itu untuk bertanya, mengangkat ide, atau melakukan presentasi.

Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk melatih diri dengan berbicara sebelum rapat. Persiapkan daftar pertanyaan atau topik yang akan diajukan. Kemudian, latihlah diri untuk mengatakannya.

Memahami kepada Siapa Berbicara

Mengetahui peserta rapat dapat memberikan gambaran situasinya. Misalnya, jika kita tahu bahwa ada kepala cabang yang hadir, besar kemungkinan bahwa rapat akan membahas topik yang cukup berat.

Selain memahami siapa orang yang akan ditemui, penting juga untuk memahami apa tujuan dari rapat. Dengan demikian, kita bisa menerka bagaimana harus bersikap saat berada di rapat.

Gunakan Teknik Relaksasi

Sebelum rapat dimulai, cobalah melakukan teknik relaksasi untuk mengatasi kecemasan. Teknik-teknik ini dapat membantu kita dalam memfokuskan dan menenangkan diri sehingga kelak dapat tampil baik dalam rapat. Beberapa tekniknya antara lain,

Distraksi

Cobalah untuk melakukan tugas-tugas lain sambil menunggu rapat dimulai sehingga pikiran tetap sibuk dan tidak diambil alih oleh rasa cemas.

Mengatur Napas

Memperhatikan kecepatan bernapas adalah salah satu taktik meditasi yang efektif mengurangi grogi atau cemas. Mengatur pernapasan ini bisa dilakukan ketika sebelum, saat, dan sesudah rapat.

Mantra-Mantra

Mantra yang dimaksud di sini adalah kata-kata afirmasi positif seperti, “Aku bisa melakukannya”, “Aku pantas berada di rapat”, dan lain sebagainya.

Dengan mengucap mantra-mantra ini, kita dapat memberikan afirmasi positif sehingga diri pun yakin.

Mau tahu lagi tentang kiat-kiat mengatasi grogi dalam rapat? Dengarkan tips dari Vivid F. Anggraini, seorang konselor pendidikan dan motivator pemuda, dalam siniar Smart Inspiration edisi Smart Information episode “Jurus Anti Grogi dalam Meeting” di Spotify.

Selain itu, bagi kamu yang ingin belajar tentang informasi strategis seputar menjalankan bisnis, elaborasi perspektif, dan cara menemukan keseimbangan hidup yang lebih berkualitas serta berbahagia, dengarkan siniar Smart Inspiration di Spotify!

Smart Inspiration merupakan siniar persembahan Medio Podcast Network by KG Media bersama KG Radio Network yang menyajikan informasi strategis seputar memulai dan menjalankan bisnis, serta menyuguhkan elaborasi perspektif dalam upaya menghadirkan keseimbangan hidup yang berkualitas dan berbahagia.

Dengarkan episode selengkapnya atau siniar inspiratif lainnya dengan mengakses tautan berikut dik.si/smart_antigrogi.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/07/21/120000271/jurus-anti-grogi-agar-meeting-percaya-diri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke