Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Manfaat Alpukat untuk Bayi, Info Stikes Panti Kosala

KOMPAS.com - Setiap bayi pasti butuh gizi yang berimbang demi perkembangannya. Karenanya, asupan makanannya juga harus diperhatikan.

Salah satu buah yang banyak manfaat ialah alpukat. Sebab, alpukat termasuk salah satu buah terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi balita di masa tumbuh kembangnya.

Selain itu, buah ini mengandung beragam vitamin dan mineral penting yang bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembang balita.

Seperti Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Zat Besi, Asam Folat, Kalium, dan Antioksida. Berikut adalah manfaat alpukat untuk bayi yang bisa di dapatkan jika dikonsumsi secara rutin.

Apa saja itu manfaat alpukat untuk bayi? Melansir laman Stikes Panti Kosala, Senin (1/8/2022), ini manfaatnya.

Manfaat alpukat untuk bayi

1. Mendukung perkembangan otak

Adapun manfaat alpukat untuk bayi aialh bisa mendukung perkembangan otak berkat kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalamnya.

Jika perkembangan otak bayi berjalan baik, maka ia pun akan cepat belajar dan berprestasi di masa depan.

2. Jadi sumber protein

Dibandingkan buah lainnya, alpukat memiliki kandungan yang paling tinggi. Protein sendiri diketahui membawa banyak manfaat bagi tubuh.

Diantaranya adalah sebagai antibodi untuk mengangkat zat asing yang masuk ke tubuh, pembentukan struktur sel, membantu pertumbuhan, memperbaiki jaringan dan sel tubuh yang rusak, dan mengangkut lemak, vitamin, mineral dan oksigen ke seluruh tubuh

3. Bisa perlancar proses pencernaan

Manfaat alpukat untuk bayi juga dapat menghindarkannya dari risiko konstipasi dan menjaga sistem pencernaanya tetap sehat, sebab alpukat membantu mengatur kadar asam pada perut sehingga sistem pencernaan bayi lebih lancar.

Dengan kata lain, selain membantu memenuhi kebutuhan nutrisi balita, alpukat juga menjaga sistem metabolisme tubuh bayi berjalan dengan baik.

4. Dapat melindungi hati dan jantung

Jika bayi rutin mengonsumsi alpukat sejak dini, organ-organ vital di tubuhnya seperti jantung dan hati akan lebih kuat dan terlindungi dari risiko kerusakan,.

Sebab, di samping mengandung kolesterol baik yang membantu memperkuat pembuluh jantung dan meringankan kerja organ hati, alpukat mengandung senyawa anti oksidan kuat bernama Glutathione.

Senyawa tersebut dikatakan ampuh melawan radikal bebas dan berbagai virus yang berisiko membahayakan tubuh, termasuk virus hepatitis yang mengancam organ hati bayi.

5. Percepat penyembuhan luka

Berkat adanya kandungan Vitamin K, manfaat alpukat untuk bayi dapat membantu mempercepat berhentinya perdarahan yang ia alami.

Sementara, kandungan Vitamin E di dalamnya regenerasi sel-sel kulit berlangsung lebih cepat agar luka bayi segera tertutupi lapisan kulit baru.

6. Menangkal radikal bebas

Anti oksidan Glutathione pada alpukat juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi secara menyeluruh terhadap ancaman radikal bebas yang membahayakan kesehatan.

7. Bisa mencegah anemia

Selain itu, alpukat tidak mengantung zat besi tinggi. Namun kandungan vitamin C, vitamin B6, folat, dan riboflavin pada alpukat berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi yang diketahui baik untuk mencegah anemia.

Tentu, zat besi juga berperan penting dalam mengoptimalkan kecerdasan dan perkembangan motorik bayi.

8. Memperkecil risiko obesitas

Sedang manfaat alpukat untuk bayi yang terakhir ialah bisa memperkecil risiko obesitas. Kandungan karbohidrat di dalam alpukat hanya sedikit, sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh bayi.

Hal ini akan mencegah bayi kelebihan mengonsumsi gula sekaligus dapat memperkecil risiko obesitas. Dengan demikian, buah alpukat sangat baik untuk dijadikan menu MPASI bayi tanpa perlu khawatir ia akan menjadi gemuk.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/08/01/150530071/8-manfaat-alpukat-untuk-bayi-info-stikes-panti-kosala

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+