Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Berlatih Basket di Rumah bagi Siswa

KOMPAS.com - Siapa yang suka bermain basket? Biasanya, jika ada bola dan ring basket, pasti seseorang ingin memasukkan ke dalam ring tersebut.

Terlebih siswa yang masih sekolah dan ada fasilitas bermain bola basket di sekolah tentu juga bisa untuk berlatih bermain basket.

Namun, bagi yang ingin mahir dalam bermain bola basket, maka siswa SMP perlu latihan-latihan tertentu. Adapun latihan-latihan yang dilakukan harus dapat meningkatkan stamina dan juga mengasah teknik-teknik dasar dalam permainan bola basket.

Walaupun biasanya latihan basket lebih efektif jika dilakukan bersama pelatih atau dengan teman, tapi siswa SMP juga dapat berlatih secara mandiri di rumah.

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Rabu (10/8/2022), ini 5 tips berlatih basket di rumah.

Tips berlatih basket di rumah

1. Latihan daya tahan

Tips pertama ialah melatih daya tahan atau endurance. Ini harus diperhatikan dalam permainan olahraga bola basket.

Tentu agar daya tahan tubuh bisa bagus, siswa SMP dapat mencoba beberapa latihan, misalnya seperti jogging di sekitar rumah, bersepeda, ataupun berenang.

2. Melatih kekuatan

Sedangkan kekuatan atau strength juga perlu diasah secara mandiri karena permainan bola basket memerlukan kontak badan.

Latihannya bisa dibagi menjadi dua, yakni latihan upper body (tubuh bagian atas) dan juga lower body (tubuh bagian bawah).

Untuk upper body, jenis latihan yang bisa dilakukan adalah push up, dipping, plank, dan juga back up. Tubuh bagian bawah dapat dilatih dengan gerakan squat, calf raises, wall sit, serta lunges.

3. Latihan kecepatan

Tentunya, kecepatan sangat penting dalam olahraga bola basket karena permainan ini membutuhkan kecepatan dan mengubah arah dengan cepat.

Kamu bisa mengasah kecepatan dengan melakukan speed run, lari cepat dalam beberapa meter (10-20 meter). Latihan lainnya seperti slide speed, bisa dilakukan dengan cara ke samping beberapa meter atau slide mundur kanan dua kali, kiri dua kali.

4. Latihan power

Tak hanya itu saja, selain kecepatan, power atau daya ledak otot juga sangat penting karena rebound, speed dribble, dan jump shoot membutuhkan power.

Adapun latihan yang dapat dilakukan misalnya seperti jumping jack, skipping, jump, dan juga tuck jump.

5. Berlatih teknik dasar

Jika semua sudah dipersiapkan, maka hal yang tidak boleh dilupakan adalah berlatih teknik dasar. Beberapa teknik dasar yang perlu dilatih adalah latihan dribble, passing, dan juga shooting.

Untuk dribble, kamu bisa berlatih lower dribble, high dribble, dan juga crossover dribble di tempat. Sedangkan untuk passing dan shooting, dapat memanfaatkan tembok rumah untuk memantulkan tembakan bola.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/08/12/102700571/5-tips-berlatih-basket-di-rumah-bagi-siswa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke