Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lewat Pengabdian Masyarakat, UI Bantu Persoalan Negara yang Kompleks

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) melalui Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) meluncurkan kegiatan “Pengabdian Masyarakat dan Pemberdayaan Masyarakat 2022”, pada Senin (15/08/22).

Kegiatan ini terdiri dari 318 program dari bidang kesehatan, lingkungan, energi, sosial, budaya, dan lain sebagainya.

"UI sebagai lembaga pendidikan tinggi terkemuka di hati masyarakat dengan sumber dayanya, menjadi tumpuan harapan dari banyak pihak untuk mengambil peran lebih besar dalam penanganan persoalan kompleks yang tengah dihadapi Indonesia," ujar Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UI, Nurtami dalam keterangan resminya, Selasa (16/8/2022).

DPPM memperkenalkan program pengabdian masyarakat ini di berbagai daerah Indonesia.

Program-program tersebut melibatkan ratusan tim pengabdian masyarakat yang terdiri dari sivitas akademika, dosen, dan mahasiswa.

Nurtami menambahkan, UI membuka diri untuk berbagai bentuk kerja sama dalam hal riset, inovasi, kerja sama Corporate Social Responsibility (CSR), dan program lainnya yang dapat membantu untuk menyelesaikan masalah dan memberdayakan masyarakat.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki yang hadir dalam acara juga membagikan pidatonya.

Menurut Teten, Pengabdian Masyarakat dan Pemberdayaan Masyarakat 2022 merupakan kegiatan yang baik bagi mahasiswa untuk dapat mengembangkan karakter dan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha.

"Terutama baik dalam sektor pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan karena terdapat lebih dari 90 persen pelaku UMKM di dalamnya," ujar Teten.

Senada dengan Tetan, Mensos Tri Rismaharini menambahkan, sinergi ini diperlukan karena pemerintah sering terjebak pada rutinitas.

Oleh karena itu, dengan menggandeng perguruan tinggi, masalah yang ada di daerah dapat ditangani dengan cepat.

“Kami berharap pemerintah daerah dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik karena masyarakat sudah menunggu bantuan kita. Pemerintah daerah harus membantu upaya dan niat tulus dari UI dengan menyiapkan segala fasilitas yang diperlukan selama pelaksanaan pengabdian masyarakat,” kata Risma.

Acara peluncuran program ini juga bertujuan untuk menunjukkan kontribusi UI dalam penyelesaian masalah bangsa di berbagai bidang yang dihadapi oleh pemerintah daerah.

Selain itu, untuk menjembatani kolaborasi antara UI dengan penerima manfaat seperti masyarakat, pemerintah, industri atau swasta.

DPPM UI didukung oleh pemerintah daerah, pemerintah kabupaten, pemerintah kota yang berada di 10 titik lokasi prioritas program ini, dan 5 mitra BUMN hingga swasta.

Kelima mitra BUMN dan swasta yang bekerja sama dengan DPPM dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat dan Pemberdayaan Masyarakat 2022, yaitu PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF), PT Paiton Energy, PT Sarana Multigriya Finansial (Persero), PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero).

https://edukasi.kompas.com/read/2022/08/16/161207271/lewat-pengabdian-masyarakat-ui-bantu-persoalan-negara-yang-kompleks

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke