Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profil SMA Labschool Kebayoran, SMA Swasta Terbaik di Jakarta

KOMPAS.com – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengeluarkan daftar Top 1.000 sekolah jenjang SMA, MA, dan SMK se-Indonesia berdasarkan nilai UTBK 2022 pada Jumat (26/8/2022).

Dari daftar yang dirilis terdapat banyak sekolah swasta yang berhasil menyabet posisi terbaik. Sekolah itu tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Bisa dikatakan bahwa sekolah swasta juga mampu bersaing dengan sekolah negeri. Itu karena kualitas dan prestasi akademik mereka tidak kalah saing dari sekolah negeri.

Salah satu contoh sekolah swasta yang berhasil mencetak prestasi, yakni SMA Labschool Kebayoran.

Sekolah ini menjadi SMA swasta terbaik di Jakarta berdasarkan nilai UTBK 2022 sebesar 635,347.

Namun tahukah kamu, bila SMA Labschool Kebayoran dirikan sudah sejak lama.

Jika ingin mengetahui lebih jelas SMA Labschool Kebayoran, berikut penjelasan yang Kompas.com rangkum.

Labschool bermula sebagai sekolah teladan yang didirikan pada 12 Februari 1968, dengan tujuan pendirian sebagai sekolah laboratorium IKIP Jakarta.

Oleh karena itu, sekolah tersebut digunakan untuk praktik mengajar, penelitian pendidikan, dan inovasi pendidikan.

Seiring perluasan mandat dan bergantinya nama IKIP Jakarta menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ), maka mulai tahun 1999, sekolah TK, SLTP, SMU IKIP Jakarta berganti nama menjadi TK, SMP, dan SMU Labschool.

Sekolah Labschool kemudian mengalami perkembangan, sehingga dibuka sekolah SLTA dan SMU Labschool Kebayoran, dengan alamat lengkap di Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 14, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sekolah tersebut diresmikan pada 12 Juli 2001. Maka, Labschool Kebayoran ini merupakan upaya perluasan layanan pendidikan kepada masyarakat setelah suksesnya penyelenggaraan Labschool Jakarta.

Dengan mengusung tagline "Intellectul virtues-Noble characters integrity, creativity, and inspiration", sekolah ini membuat berbagai kegiatan siswa guna meningkatkan prestasi akademik dan keterampilan anak didik.

Akreditasi SMA Labschool Kebayoran

SMA Labschool Kebayoran memiliki akreditasi A (Unggul) dengan perolehan nilai 98. Akreditasi ini diberikan pada 8 Desemberi 2021.

Sekolah ini memiliki beberapa tujuan jelas yang ingin dicapai, yakni::

1. Siswa menjadi pribadi beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Siswa memiliki karakter positif.
3. Menghasilkan lulusan yang dapat melanjutkan ke perguruan tinggi terbaik.
4. Siswa menjunjung etika pergaulan, disiplin, dan kepedulian sesama.
5. Siswa memiliki kesehatan jasmani yang baik.
6. Mengoptimalkan potensi siswa yang beragam melalui program akdemis dan non akademis.
7. Lulusan berkualitas bidang akdemis dan non akademis.
8. Siswa mencintai bangsa dan negaranya.
9. Sekolah berprestasi tingkat nasional dan internasional.

Guna mencapai tujuan tersebut, sekolah melakukan banyak upaya, seperti membuat beberapa program yang dapat diikuti oleh siswa, kelengkapan sarana dan prasarana, optimalisasi kegiatan OSIS, kelengkapan perpustakaan, dan lain-lain.

Program siswa di SMA Labschool Kebayoran

Jika kamu sekolah di SMA Labschool Kebayoran, maka ada beberapa program yang bisa dijalani siswa.

1. Program pilihan

Program ini lebih fokus pada manajemen kepemimpinan siswa dan pengembangan diri.

Oleh karena itu, program ini wajib dipilih oleh setiap siswa sebagai syarat untuk mengikuti program selanjutnya dan program yang memiliki pengaruh dalam penilaian akademis.

Beberapa program pilihan yang disediakan, yakni Lapinsi, Pemilihan ketua umum OSIS (Pemilos), dan Pelantikan pengurus OSIS dan MPK, Tes Potensi Organisasi (TPO).

2. Program wajib

Program wajib diikuti oleh setiap siswa dan mengikat semua siswa untuk ikut serta dalam melaksanakan kegiatan yang disusun krena berpengaruh pada kelulusan seluruh siswa, baik reguler maupun pindahan.

Program ini lebih mengarah pada pembinaan mental, spiritual, watak, dan kepemimpinan khas siswa Labschool.

Ada beberapa jenis program wajib, yakni Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Bintama, Trip Observasi (TO), Ekstrakurikuler, Retret, dan Bintaq.

3. Program budaya sekolah

Program ini menekankan implementasi hasil pembinaan keagamaan dan kedisiplinan. Ini juga wajib diaktualisasikan oleh peserta didik selama proses belajar di sekolah.

Beberapa kegiatan dalam program ini, yakni budaya salam, shalat berjamaah, tadarus Alquran, saat teduh, kebaktian refleksi, keputrian, penegakan tata tertib, perayaan hari besar Kristiani, perayaan hari besar Islam, perayaan hari besar nasional, upacara bendera, dan wisuda.

4. Program tambahan

Program tambahan adalah program yang dilaksanakan pada jangka waktu tertentu, tidak mengikat siswa secara individual, tetapi lebih pada kegiatan kelompok.

Program ini menekankan pada aspek keterampilan komunikasi dan jasmani.

Ada beberapa kegiatan dalam program ini, yakni class meeting, bulan bahasa, majalah sekolah, penerbitan buku tahunan, dan majalah dinding.

Selain beberapa program sekolah yang sudah dipaparkan di atas, SMA Labschool Kebayoran juga melengkapi sarana dan prasarana yang memadai.

Sekolah ini memiliki fasilitas yang lengkap, agar proses pembelajaran siswa di kelas dan luar kelas berjalan lancar.

SMA Labschool Kebayoran menyadari pentingnya peran sarana dan prasarana dalam menunjang keberhasilan proses belajar dan mengajar siswa.

Oleh karena itu, kepala sekolah, guru, dan segenap karyawan bertanggungjawab dalam melengkapi fasilitas yang dibutuhkan oleh siswa.

Sarana dan prasarana yang dimiliki SMA Labschool Kebayoran, seperti ruang kelas yang memadai, ruang kepala sekolah, lapangan sekolah, toilet, gamelan, plaza dan koridor, ruang audio visual, ruang UKS, perpustakaan, masjid, dan laboratorium.

Selain itu, SMA Labschool Kebayoran juga memiliki perpustakaan yang lengkap.

Perpustaan tersebut diberi nama Labsky Library dengan mengusung tagline "The Source of Knowledge".

Perpustakaan yang dimiliki SMA Labschool Kebayoran menyediakan banyak buku-buku fisik dan buku digital. Beberapa topik buku yang disediakan seperti literatur, social sciences, applied sciences, art and recreation, religion, dan sebagainya.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/09/14/193537871/profil-sma-labschool-kebayoran-sma-swasta-terbaik-di-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke