Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Rapor Pendidikan Kemendikbud? Ini Link dan Cara Mengaksesnya

KOMPAS.com - Platform Rapor Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya.

Platform rapor pendidikan ini diluncurkan Kemendikbud Ristek dalam Merdeka Belajar episode 19 yaitu Rapor Pendidikan Indonesia.

Lantas sebenarnya apa itu platform Rapor Pendidikan ini? Melansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, seperti ini penjelasan mengenai platform rapor pendidikan Kemendikbud dan perbedaannya dengan rapor mutu.

Sebelumnya satuan pendidikan di Indonesia telah melaksanakan Asesmen Nasional tahun 2021. Kini satuan pendidikan maupun pemerintah daerah dapat melihat hasil Asesmen Nasional melalui platform Rapor Pendidikan.

Perbedaan rapor pendidikan Kemendikbud dan rapor mutu

Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa Rapor Pendidikan ini memiliki sejumlah perbedaan dibandingkan Rapor Mutu. 

Rapor Mutu mengukur 8 indikator capaian pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan dengan menggunakan data yang bersumber dari Dapodik dan hasil penginputan langsung oleh sekolah melalui aplikasi EDS.

Sedangkan Rapor Pendidikan mengukur indikator yang disusun berdasarkan input, proses, dan output pendidikan yang diturunkan dari delapan Standar Nasional Pendidikan.

Satuan pendidikan juga tidak melakukan pengisian (input) data ke aplikasi. Namun data diambil dari berbagai sistem dan sumber data yang sudah ada, seperti Dapodik, SIMPKB, AN, BPS, dan sumber lain yang relevan.

Terdapat dua jenis Rapor Pendidikan yaitu:

1. Rapor satuan pendidikan

Rapor satuan pendidikan menampilkan indikator juga hasil mutu pendidikan di satuan pendidikan

2. Rapor pendidikan daerah

Rapor pendidikan daerah menampilkan indikator juga hasil mutu pendidikan dari daerah dan satuan pendidikan di daerah tersebut.

Platform rapor pendidikan untuk introspeksi 

Kebijakan evaluasi sistem pendidikan yang baru lebih menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem yang terintegrasi.

Platform Rapor Pendidikan berfungsi untuk introspeksi secara menyeluruh dalam menyelesaikan persoalan pendidikan sesuai akar masalah demi perbaikan yang berkelanjutan dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Peluncuran platform Rapor Pendidikan didasari oleh Permendikbud Ristek Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Evaluasi Sistem Pendidikan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Platform ini ditujukan untuk satuan pendidikan dan pemerintah daerah agar bisa mengidentifikasi tantangan pendidikan di satuan pendidikan. Selain itu juga menjadi bahan untuk refleksi. Sehingga bisa menyusun rencana perbaikan pendidikan secara lebih tepat dan berbasis data.

Satuan pendidikan dapat melihat secara detail elemen-elemen per dimensi. Sehingga dapat menggali kondisi capaian dan proses pembelajaran di tempat masing-masing.

Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai referensi utama dalam menganalisa, merencanakan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan.

Data yang disajikan obyektif dan andal karena laporan tersaji secara otomatis dan terintegrasi. Rapor pendidikan juga berfungsi sebagai instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik evaluasi internal maupun eksternal yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output).

Baik satuan pendidikan maupun Dinas Pendidikan daerah dapat mengunduh data lengkap dalam format berkas Excel untuk dipelajari lebih lanjut sesuai kebutuhan.

Rapor Pendidikan dapat diakses melalui laman situs https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/ di peramban desktop maupun smartphone.

Untuk masuk ke dalam dashboard, satuan pendidikan maupun Dinas Pendidikan daerah wajib menggunakan akun pembelajaran (belajar.id). pastikan dinas pendidikan dan satuan pendidikan telah memiliki akun pembelajaran.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/09/19/184738371/apa-itu-rapor-pendidikan-kemendikbud-ini-link-dan-cara-mengaksesnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke