Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tracer Study UGM: Lulusan Sarjana Terapan Cepat Terserap Dunia Kerja

KOMPAS.com - Hasil tracer study yang dilakukan oleh Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) selama tiga tahun terakhir menunjukkan, semakin banyak lulusan Sarjana Terapan (D4) yang berwirausaha dan bekerja seiring dengan pembentukan Prodi D4 dan penutupan Prodi Diploma Tiga (D3).

Hal tersebut dipaparkan oleh Dekan Sekolah Vokasi SV UGM, Agus Maryono dalam Puncak Dies Natalis ke-13 Sekolah Vokasi UGM, Kamis (27/10/2022).

Berdasarkan hasil tracer study ini, jelas Agus, alumni SV UGM semakin cepat terserap di dunia kerja.

Meski rata-rata lulusan mendapatkan kerja masih dalam waktu empat bulan, namun masa tunggu lulusan didominasi pada satu bulan pertama sudah mendapatkan pekerjaan.

Agus menyebut, pada tahun 2022 ini jumlah alumni yang mencari kerja hanya tersisa 8,15 persen.

Adapun masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan pertama bagi lulusan SV UGM juga berangsur menurun.

“Rata-rata masa tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan hanya 4 bulan,” katanya dilansir dari laman UGM.

Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. Ova Emilia mengatakan, era globalisasi dengan kemajuan teknologi telah membuka peluang kerja baru, namun juga meningkatkan persaingan kerja lebih kompetitif dengan kualifikasi SDM dan dengan daya saing yang tinggi.

Menurutnya, bangsa Indonesia akan menghadapi tantangan adanya bonus demografi pada tahun 2030-2040 sehingga jumlah sumber daya manusia yang didominasi usia produktif tersebut harus dikelola oleh negara untuk disiapkan mampu bekerja dan berwirausaha.

"Sekolah Vokasi sangat berperan besar. UGM sendiri berkomitmen untuk menyiapkan SDM berkualitas serta memiliki strategi yang optimal untuk menyiapkan lulusan yang unggul dan terampil dalam bidangnya dengan nilai tawar yang tinggi di tingkat persaingan global," ujarnya.

SV UGM sebelumnya telah menutup sebanyak 15 Prodi D3 yang dialihkan menjadi Prodi Sarjana Terapan atau D4.

Penutupan tersebut sebagai bagian dari upaya SV UGM sejak tahun 2019 untuk membuka Prodi Sarjana Terapan yang hingga tahun ini terdapat 21 Prodi Sarjana Terapan sudah terakreditasi.

Pembukaan prodi sarjana terapan ini diharapkan nantinya SV UGM memiliki keunggulan pada bidang ilmu terapan, kompeten dan memiliki keterampilan yang siap kerja.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/10/28/100917671/tracer-study-ugm-lulusan-sarjana-terapan-cepat-terserap-dunia-kerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke