Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dikukuhkan Jadi Guru Besar Unibi, Bob Foster Tekankan Budaya Belajar

KOMPAS.com - Pendiri dan Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan Ganesha Operation, Prof Bob Foster dikukuhkan jadi guru besar Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia (Unibi).

Bob mengatakan, masih banyak masalah pendidikan di Indonesia yang harus dibenahi, dimulai dari segi level kompetisi.

Menurutnya, daya saing anak bangsa dari segi pendidikan belum membanggakan secara internasional.

"Jadi karena itu kita harus benahi, pendidikan harus kita tingkatkan kualitasnya, ada kreativitas dari para siswa, bukan hanya ngapalin, tetapi mereka bisa melakukan sesuatu project kerja tim, itu yang harus ditingkatkan," ujar Bob dalam keterangan resmi seusai mendapat gelar guru besar, Selasa (25/10/2022).

Salah satu langkah yang harus diambil, kata Bob, ialah menghilangkan kultur pendidikan yang menyampingkan kualitas.

Budaya zona nyaman dalam kultur pendidikan, kata dia, lebih baik dihilangkan mulai dari pendidikan dasar, menengah atas sampai dengan perguruan tinggi.

"Karena mereka harus mempunyai budaya belajar. Saya enggak setuju dengan 'oh, kamu nggak perlu ranking kamu biasa saja.' Saya enggak setuju," terangnya.

"Saya setuju dia harus menjadi orang yang pembelajar, tapi praktekin di dalam kehidupan sehari hari punya life skill, usahakan bisa membuat suatu penemuan-penemuan terobosan-terobosan baru, maju," imbuh dia.

Bob mencontohkan, jika seorang orang tua berharap anaknya cerdas seperti BJ Habibie yang mampu membuat pesawat, maka dia harus mengoptimalkan semua potensi pendidikan.

"Jangan dibuat siswa ini jadi zona nyaman. Kalau saya bilang belajar, belajar, belajar. Orang tahu Habibie hebat. Tapi kalau pak Habibie tidak kuliah, mana bisa dia bikin pesawat terbang? Dia bisa bikin pesawat terbang karena dia kuliah," katanya.

"Berarti pendidikan itu adalah perlu untuk ditingkatkan untuk bangsa kita. Jangan dirusak, jangan dikacau, jangan masuk intervensi politik. Pendidikan itu sesuatu yang murni yang harus ditingkatkan," tegasnya.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/10/28/145922371/dikukuhkan-jadi-guru-besar-unibi-bob-foster-tekankan-budaya-belajar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke