Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Intip 10 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa yang tidak suka dengan matematika tentu akan menghindari bidang ilmu itu saat memilih jurusan kuliah.

Jangan khawatir, karena di perguruan tinggi ada banyak jurusan kuliah yang tidak ada matematikanya.

Jika kamu belajar hal-hal yang kamu sukai diharapkan bisa lebih semangat mengikuti perkuliahan.

Daripada memilih jurusan kuliah namun banyak menemukan mata kuliah yang dibenci, membuat tidak bersemangat menjalaninya dan justru merasa salah pilih jurusan.

Jurusan yang tidak ada matematika

Melansir dari laman Aku Pintar, Jumat (4/11/2022) membagikan informasi jurusan yang tidak ada matematika. Rekomendasi jurusan kuliah ini bisa dimanfaatkan calon mahasiswa yang tidak begitu suka berhitung. Simak informasinya hingga tuntas ya.

1. Ilmu Komunikasi

Salah satu jurusan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) ini menjadi salah satu jurusan paling diminati di rumpun ilmu Sosial Humaniora (Soshum).

Jika memilih jurusan ini, mahasiswa akan belajar tentang menulis berita, public speaking, membuat film, animasi, membuat iklan, desain, fotografi, dan masih banyak lainnya.

2. Hubungan Internasional

Jika kamu pintar berbahasa asing dan tertarik mempelajari hubungan diplomasi antarnegara, Hubungan Internasional bisa kamu pilih saat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Dalam jurusan Hubungan Internasional lebih banyak belajar bidang diplomasi dan politik internasional.

3. Ilmu Filsafat

Satu lagi jurusan kuliah yang tidak ada matematika adalah Ilmu Filsafat. Mahasiswa ilmu Filsafat akan belajar memikirkan hakikat kehidupan manusia di dunia, penciptaan alam semesta, dan berbagai topik menarik lainnya.

Siswa yang dapat berpikir logis dan kritis, suka membaca, gemar berdiskusi, dan rajin menulis cocok memilih jurusan Ilmu Filsafat.

4. Ilmu Hukum

Jurusan Ilmu Hukum juga termasuk salah satu jurusan yang tidak ada matematikanya. Saat memilih jurusan ini, kamu akan membutuhkan pendalaman konsep dan teori yang tak tanggung-tanggung.

Mahasiswa Ilmu Hukum akan belajar tentang teori dan praktik hukum.

5. Sastra dan pendidikan bahasa

Pada beberapa perguruan tinggi, Jurusan Sastra dan Bahasa ada yang menjadi satu kesatuan. Pada Jurusan Sastra Bahasa akan belajar tentang tata bahasa, ejaan, gaya bahasa, penulisan, dan lain-lain.

Sedangkan Jurusan Pendidikan Bahasa juga juga mempelajari tata bahasa, gaya bahasa, bahkan sedikit sastra. Selain itu juga belajar tentang teori dan seluk-beluk pengajaran. 

6. Sosiologi

Mahasiswa Sosiologi belajar tentang struktur sosial masyarakat dan interaksi antar individu didalamnya. 

7. Desain/Animasi

Jurusan ini cocok dipilih bagi siswa yang menghindari matematika namun suka dengan menggambar atau desain. Jika kamu ingin belajar grafis dengan cakupan lebih luas, termasuk animasi di dalamnya, Desain Komunikasi Visual bisa menjadi pilihan. Sementara jurusan Animasi lebih terfokus pada film atau game 3D.

8. Kriminologi

Jurusan ini lebih menekankan pada evaluasi bukti, pemikiran kritis, analisis data, penilaian etis, dan berbagai kecakapan ala detektif yang lain.

9. Ilmu Sejarah

Calon mahasiswa yang tidak suka matematika juga bisa memilih Jurusan Ilmu Sejarah.  Dengan mempelajari peristiwa masa lampau, mahasiswa bisa belajar hikmah, fenomena, karakter, dan banyak hal lain yang dapat dibandingkan dengan keadaan kita masa kini. 

10. Jurusan di bidang seni 

Jurusan yang tidak ada matematika selanjutnya adalah jurusan kuliah di bidang kesenian. Jurusan Sendratasik atau Seni Drama, Tari, Musik bahkan jurusan seni Lukis tidak mempelajari matematika.

Demikian informasi mengenai 10 jurusan yang tidak ada matematika dalam perkuliahannya. Bagi calon mahasiswa yang mengincar jurusan dan menghindari matematika, bisa menjadikan 10 jurusan kuliah ini sebagai bahan referensi kalian. 

https://edukasi.kompas.com/read/2022/11/04/133515771/intip-10-jurusan-kuliah-yang-tidak-ada-matematika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke