Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Tubuh Kurus? Ini 7 Cara Menambah Berat Badan yang Sehat

KOMPAS.com - Bagi yang memiliki berat badan berlebih tentu ingin kurus. Tapi, ada yang kurus justru ingin menambah berat badannya. Karena itu butuh tips atau cara menambah berat badan.

Sebab, punya tubuh terlalu kurus juga mengurangi penampilan. Karenanya, meningkatkan berat badan perlu dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Namun, cara menaikkan berat badan perlu disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing orang dan penyebab mengapa berat badannya bisa rendah.

Oleh karena itu, sebelum Anda memulai program peningkatan berat badan, periksa terlebih dahulu status gizi dengan menghitung indeks massa tubuh.

Jika hasil perhitungan menunjukkan bahwa berat badan Anda memang kurang, cobalah perbaiki pola makan atau berkonsultasi ke dokter.

Melansir laman Universitas Medan Area (UMA), cara menambah berat badan paling baik adalah dengan mengatasi penyakit atau kondisi yang menjadi penyebab berkurangnya berat badan.

Jika kondisi tersebut bisa diatasi, berat badan pun akan bertambah. Berikut ini ada beberapa tips atau cara menambah berat badan.

Cara menambah berat badan

1. Konsumsi makanan sehat kaya nutrisi

Tentu, Anda tidak diwajibkan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori, makanan cepat saji, makanan berlemak, dan makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi.

Agar bisa menambah berat badan dengan lebih sehat, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, misalnya buah dan sayuran, kacang-kacangan, daging tanpa kulit atau lemak, tahu, tempe, telur, dan ikan.

Atau jika perlu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen nutrisi tambahan sesuai anjuran dokter untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan menambah berat badan.

2. Minum minuman padat kalori dan nutrisi

Tentunya, asupan nutrisi juga dapat diperoleh dari minuman padat kalori, seperti smoothies, susu, yoghurt, dan jus segar di sela waktu makan.

Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, Anda pun dapat terhindar dari dehidrasi.

3. Makan lebih sering tapi dengan porsi kecil

Seseorang yang kekurangan berat badan sering merasa cepat kenyang. Daripada makan 2–3 kali sehari dalam porsi besar, lebih baik makan dalam porsi lebih kecil tetapi sering.

4. Camilan harus sehat

Adapun camilan bisa menjadi sumber kalori tambahan yang dapat membantu Anda menambah berat badan. Namun, Anda disarankan untuk memilih camilan sehat yang kaya nutrisi, seperti yoghurt, cokelat hitam, buah-buahan, atau roti gandum.

Akan tetapi, Anda harus menhindari konsumsi camilan tidak sehat, seperti gorengan, karena makanan tersebut mengandung minyak dan kolesterol tinggi.
Jika Anda mengonsumsi berlebihan, makanan tidak sehat ini bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

5. Minum sesudah makan

Sedang cara menambah berat badan berikutnya ialah minum banyak air sebelum makan dapat membuat tubuh lebih cepat kenyang. Dengan demikian, nafsu makan akan berkurang dan porsi makan Anda pun menjadi lebih sedikit.

6. Asupan kalori ditambah

Anda perlu tambahan asupan kalori dalam menu makan sehari-hari. Pilihlah sumber kalori tambahan yang sehat, misalnya dengan taburan keju parut pada roti, mentega pada tumisan, atau krim dan susu pada sup.

Meski demikian, Anda perlu berhati-hati dalam memilih makanan penambah kalori agar tidak mengakibatkan kelebihan gula darah, garam, dan kolesterol, yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

7. Rutin berolahraga

Untuk cara menambah berat badan yang terakhir ialah dengan rutin berolahraga. Olahraga secara rutin tidak hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi juga menambah berat badan.

Dengan rutin berolahraga, tubuh akan membentuk lebih banyak jaringan otot dan memangkas kelebihan lemak.

Jika dengan pola makan sehat, rutin berolahraga bisa membantu Anda mencapai berat badan yang lebih ideal. Selain itu, olahraga juga dapat menambah nafsu makan, sehingga asupan nutrisi dan kalori bisa meningkat.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/11/05/171700471/punya-tubuh-kurus-ini-7-cara-menambah-berat-badan-yang-sehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke