Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Contoh Revolusi Industri 4.0 di Kehidupan Sehari-hari, Misalnya Ojol

KOMPAS.com - Contoh Revolusi Industri 4.0 dalam kehidupan sehari-hari mudah ditemukan. Bahkan, banyak masyarakat yang bergantung pada kecanggihan Revolusi Industri 4.0.

Misalnya, ojek online atau ojol. Sudah banyak aplikasi penyedia jasa antar seperti Gojek, Grab, dan aplikasi sejenis yang merupakan salah satu contoh dari pengaruh Revolusi Industri. 

Contoh lain dari Revolusi Industri 4.0 di kehidupan sehari-hari misalnya saat memesan makanan, mengantar barang, belanja, membeli obat, juga bisa dilakukan melalui layar sentuh handphone atau gadget. 

Bahkan bermain media sosial, mencari pekerjaan, bertemu teman jauh, menonton konser, juga termasuk pengaruh dari Revolusi Industri 4.0.

Tetapi sebetulnya, apa itu Revolusi Industri 4.0? Dilansir dari laman platform penyedia layanan pendidikan Zenius, Revolusi Industri 4.0 adalah Istilah mengenai transformasi teknologi dalam industri yang bisa mengubah kehidupan manusia.

Istilah ini muncul pada tahun 2011 oleh sekelompok orang dari Jerman merupakan gambaran tren teknologi masa kini dan ke depan.

Pada saat itu, para peneliti dari Kementerian Pendidikan Federal Jerman mulai mengeksplorasi tren yang sedang terjadi terkait teknologi yang bisa lebih membantu kehidupan manusia.

Mereka mulai berpikir bagaimana caranya supaya memudahkan orang untuk punya pengalaman kerja yang lebih efektif dan efisien.

Selang 9 tahun berjalan, Pemerintah Federal Jerman kemudian mengadopsi gagasan tersebut dalam high-tech strategy di tahun 2020. Setelah itu, dibentuklah tim buat memberikan saran lebih lanjut tentang penerapan industri 4.0 ini.

Sebelumnya ada Revolusi Industri 1.0, 2.0, dan 3.0. Namun karena perkembangan zaman maka munculah Revolusi Industri 4.0.

Selain di kehidupan sehari-hari, ternyata contoh revolusi industri 4.0 juga sampai ke pemerintahan.

Misalnya, pendaftaran online urusan kependudukan, izin hingga memberi kritik dan saran.

Secara bersamaan, pemerintah bisa mendapatkan kekuatan melalui teknologi baru untuk meningkatkan kontrol mereka atas masyarakat dan mempertegas kemampuan untuk mengontrol infrastruktur digital.

Revolusi Industri 4.0 tidak hanya mempengaruhi apa yang dilakukan manusia sehari-hari tetapi juga membentuk jati diri manusia saat ini.

Mulai dari mempengaruhi privasi, pola konsumsi, waktu yang kita habiskan buat bekerja dan bersantai, hingga cara manusia memelihara hubungan dengan orang lain.

Tantangan dari Revolusi Industri 4.0

Meskipun rasanya banyak pengaruh positif yang membuat hidup manusia semakin efektif dan efisien, namun ada juga tantangan dari hadirnya revolusi industri 4.0, nih.

Melansir dari We Forum, salah satu tantangan terbesar dari revolusi 4.0 yaitu berkaitan sama privasi.

Dunia digital ini luas dan transparan bagi manusia. Tidak mudah rasanya buat manusia bisa merahasiakan informasi, saking mudahnya informasi itu didapatkan secara online.

Namun, ada pendapat kalau privasi yang bisa diakses secara online tersebut justru memudahkan manusia buat menjalin koneksi bersama orang lain.

Contohnya di LinkedIn, Instagram, atau media sosial lainnya. Dengan menyematkan beberapa informasi terkait diri, karier, dan pendidikan, profil kita bisa menarik perhatian orang di sana.

Aplikasi teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari ini memunculkan yang namanya Artificial Intelligence alias AI.

AI program untuk bisa bekerja layaknya manusia, sehingga dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Meskipun memudahkan pekerjaan manusia, AI juga punya tantangan tersendiri. Sebab, manusia harus bersaing dengan teknologi dan perlu menambah atau mengasah skill.

Sebab, banyak pekerjaan yang akan digantikan mesin dalam beberapa waktu ke depan.

Diperkirakan ada beberapa pekerjaan manusia yang akan tergantikan juga oleh robot. Contohnya seperti pekerja di pabrik, operator, resepsionis, kasir, teller atau pegawai bank, hingga pilot.

Berdasarkan analisis dari Oxford Economics pada 2019, setidaknya ada sekitar 20 juta pekerjaan manufaktur yang mungkin akan digantikan oleh robot pada 2030 nanti.

Pengaruh teknologi dalam kehidupan sehari-hari membawa dampak yang baik sekaligus meresahkan.

Manusia dimudahkan dalam banyak hal namun tetap ada beberapa bagian hidup manusia yang pelan-pelan berubah seiring berkembangnya teknologi.

Itulah contoh Revolusi Industri 4.0 dalam kehidupan sehari-hari, penjelasannya dan tantangannya yang harus diketahui siswa. 

https://edukasi.kompas.com/read/2022/11/08/052700371/contoh-revolusi-industri-4.0-di-kehidupan-sehari-hari-misalnya-ojol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke