Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Cara Mengatasi Stres pada Mahasiswa

KOMPAS.com - Saat menjadi mahasiswa tentunya beban tanggung jawab akan semakin besar. Tidak seperti saat menjadi siswa sekolah.

Sebab, dunia kuliah akan menuntut usaha yang lebih bukan cuma sekedar mengikuti kuliah saja. Akan tetapi banyak tugas kuliah hingga kegiatan yang harus diikuti oleh mahasiswa.

Jika tak bisa mengelola waktu dengan baik, maka mahasiswa rentan untuk mengalami stres. Apalagi jika ada godaan teman untuk mengajak nongkrong dan lain-lain.

Stres timbul ketika tingkat ketegangan melewati tingkat energi kamu, hingga menghasilkan perasaan kewalahan yang berlebihan. Selama tingkat energi masih berada di atas tingkat ketegangan, maka kondisi mental akan baik–baik saja.

Namun ketika energi sedang rendah dan ketegangan tinggi, itu akan menghasilkan kecemasan, depresi dan perasaan kewalahan.

Melansir laman Universitas Medan Area (UMA), berikut ini beberapa tips atau cara mengatasi stres pada mahasiswa.

Cara mengatasi stres pada mahasiswa

1. Konsumsi makanan sehat

Bagi anak kos, tentu makanan cepat saji sudah menjadi hal yang biasa. Tetapi, makanan itu terutama yang mengandung lemak akan menurunkan tingkat energi dalam tubuh sehingga mengarah kepada ketahanan rendah terhadap stres.

Kamu akan berakhir merasa sangat lelah dan justru mengonsumsi makanan junk food untuk menambah energi, yang justru akan membuat tubuh terasa lebih buruk.

Maka dari itu, usahakan untuk mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan sayuran dan buah.

2. Sempatkan olahraga

Saat merasa stres, banyak bergerak akan menjadi hal terakhir yang ingin kamu lakukan. Namun aktivitas fisik selama 20 menit saja akan dapat membantu menurunkan tingkat stres.

Sesi olahraga sebanyak 3-4 kali setengah jam dapat meringankan stres yang dialami. Cobalah melakukan olahraga yang kamu sukai, seperti berenang, bersepeda, joging atau yoga.

3. Dapat dukungan emosional

Saat baru masuk dunia kuliah, terkadang ada mahasiswa yang harus menyesuaikan diri. Karena itu, kamu bisa mencurahkan perasaan kepada seorang teman yang dapat dipercaya dapat menjadi cara mengatasi stres pada mahasiswa.

Cara ini dapat mengurangi ketegangan yang dirasakan. Cobalah untuk berbicara kepada teman atau anggota keluarga yang dapat mendengarkan dan memberi nasihat yang membangun.

Atau mencari bantuan profesional kepada konselor atau psikolog. Jasa konseling biasanya tersedia pada pusat kesehatan mahasiswa.

4. Ikut klub di kampus

Saat sedang jauh dengan keluarga terutama anak kos, maka untuk mengatasi kesepian bisa ikut klub atau grup di kampus.

Banyak berkenalan dengan orang baru dan kegiatan baru akan mengalihkan pikiran dari kesepian, juga menjadi kesempatan menjalin pertemanan baru.

Memiliki teman untuk melakukan berbagai kegiatan bersama akan banyak menolong dari stres yang dirasakan sebagai mahasiswa, karena hal itu berguna sebagai pengalih perhatian dari pikiran–pikiran yang menyusahkan.

5. Tidak membebani diri sendiri

Meski ikut banyak kegiatan di kampus, tetapi kamu juga harus bisa membatasi diri agar tidak jadi beban diri sendiri. Sebab, kamu juga masih ada jadwal kuliah atau tugas kampus.

Jika sudah merasa kewalahan dengan berbagai kegiatan yang berlebihan, jangan merasa enggan untuk melepaskan beberapa diantaranya dan juga menolak berbagai kegiatan yang hanya akan menambah beban waktu. Mulailah menjaga diri sendiri dengan mengetahui batas ketahanan fisik.

6. Menyempatkan untuk menenangkan diri

Adapun cara mengatasi stres pada mahasiswa lainnya ialah dengan latihan pernapasan akan berguna untuk membantu menurunkan tingkat stres dan ketegangan.

Coba untuk mengambil napas perlahan melalui hidung, tahan napas selama beberapa detik, lalu hembuskan napas melalui mulut.

Ulangi sebanyak yang diperlukan untuk membantu mencegah napas pendek–pendek dan memburu yang dialami ketika sedang stres atau mengalami ketegangan.

7. Punya tempat pribadi

Agar bisa tenang, kamu harus punya tempat atau ruang pribadi untuk melakukan beberapa hal agar dapat fokus dan berkonsentrasi walaupun sedang tinggal bersama teman sekamar sebagai cara mengatasi stres pada mahasiswa.

Jika tidak memungkinkan untuk tenang di kamar asrama, temukan tempat tenang di perpustakaan, kantin, atau di mana saja yang memungkinkan dapat dikunjungi secara rutin agar dapat mempertahankan fokus dan menyelesaikan semua tugas.

8. Banyak bergerak

Gerak tubuh dapat menjadi cara mengatasi stres pada mahasiswa, menurunkan tingkat ketegangan dan menaikkan mood.

Lingkungan kampus yang besar seringkali menawarkan kemungkinan untuk banyak bergerak dari satu gedung ke gedung lain, dan ini akan menjadi kesempatan baik untuk memperbanyak gerak tubuh.

Misalnya, kamu dapat mengusahakan untuk berjalan kaki jika tempat tujuan di dalam kampus dapat dijangkau dengan mudah.

9. Cukup tidur

Bagi anak kos tentu tidak ada keluarga yang mengawasi, karena itu saat malam hari harus bisa mengatur waktu agar tidak begadang. Jadi, tidur harus cukup.

Kurang tidur akan mempengaruhi bagaimana cara kita menanggapi berbagai pemicu stres keesokan harinya. Selain itu juga akan membuat kamu berisiko mengalami penyakit serius seperti diabetes, obesitas, dan depresi.

Orang dewasa pada umumnya memerlukan 7-9 jam tidur setiap malam. Usahakanlah untuk tidur bersamaan dengan jadwal yang normal pada malam hari.

10. Harus terhubung dengan keluarga

Dimanapun kamu berkuliah, maka harus tetap terhubung dengan keluarga. Ini akan membantu mengurangi kesepian yang dirasakan karena jauh dari rumah untuk pertama kalinya.

Jauh dari orangtua bisa jadi sesuatu yang menyulitkan bagi mahasiswa baru. Kamu bisa menjaga komunikasi dengan keluarga melalui berbagai alat yang memungkinkan, terlebih lagi dengan adanya kecanggihan teknologi sekarang ini yang akan sangat memudahkan komunikasi.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/11/08/191700071/10-cara-mengatasi-stres-pada-mahasiswa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke