Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hanya Ada 1 di Indonesia, Ini Jurusan Kuliah Astronomi dan Prospek Kerjanya

Terdapat hal unik mengenai astronomi di dunia pendidikan Indonesia. Faktanya, jurusan astronomi hanya ada satu di Indonesia bahkan di wilayah Asia Tenggara.

Mulai banyak pihak yang memandang astronomi sebagai ilmu yang penting sehingga tidak menutup kemungkinan di masa depan lulusan astronomi adalah orang yang paling dicari-cari.

Melansir dari platform edukasi Zenius, terdapat banyak fakta menarik terkait astronomi dan prospek kerja cemerlang bagi yang berminat terjun pada bidang ini.

Apa itu astronomi?

Astronomi berasal dari bahasa Yunani terdiri dari kata astron yakni bintang dan nomos yang berarti hukum.

Astronomi merupakan ilmu yang memelajari benda-benda di langit seperti matahari, bulan, bintang, planet, dan berbagai fenomena yang terjadi di atmosfer bumi seperti meteor dan juga aurora.

Dengan demikian, astronomi bisa juga disebut sebagai ilmu bintang dan termasuk salah satu ilmu tertua yang dipelajari manusia.

Kini, perkembangan astronomi baru dirasakan setelah adanya penemuan teleskop.

Kampus

Di Indonesia, hanya terdapat satu kampus yang memiliki Program Studi Astronomi yakni Institut Teknologi Bandung (ITB).

ITB menyediakan lengkap untuk semua jenjang mulai dari S1, S2, hingga S3.

Program studi ini berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan sudah ada sejak 1951, jauh sebelum ITB dibentuk pada 1959.

Setiap tahunnya, ITB membuka 50 kursi untuk mahasiswa baru program sarjana. 60 persen di antaranya melalui jalur peminatan.

ITB juga menyediakan Oservatorium Bosscha yang digunakan sebagai laboratorium astronomi yang sudah ada sejak 1928.

Mata kuliah

Pada dasarnya, Astronomi menggunakan ilmu matematika, fisika, dan kimia untuk memahami segala hal yang terjadi di luar angkasa.

Penjurusan dalam program studi ini dibagi menjadi tiga bidang keahlian, yaitu tata surya, fisika bintang, juga galaksi dan kosmologi.

Beberapa mata kuliah yang terdapat dalam program studi ini ialah:

  • Matematika dasar
  • Fisika dasar
  • Kimia dasar
  • Bahasa Inggris
  • Astrofisika
  • Mekanika
  • Statistika dalam Astronomi
  • Tata Surya
  • Medan Elektromagnetik

Prospek kerja

Negara-negara di Asia Tenggara mulai sadar akan pentingnya ilmu astronomi.

Bahkan dipercaya nantinya Indonesia akan menjadi pusat Sumber Daya Manusia (SDM) jaringan Astronomi di negara Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) karena ITB masih menjadi satu-satunya institusi pendidikan formal yang berfokus pada ilmu astronomi di Asia Tenggara.

Atas dasar itu, prospek kerja jurusan ini sangat luas dan sangat dibutuhkan.

Terdapat 3 karier bagi kamu yang berminat belajar ilmu ini terdiri dari:

1. Astronom

Astronom merupakan sebutan bagi orang yang menggeluti kegiatan astronomi dan memberikan sumbangan pada ilmu pengetahuan astronomi.

Jika biasanya peneliti bisa memegang benda yang diteliti, lain halnya dengan astronom. Hal ini disebabkan benda yang diteliti jaraknya sangat jauh.

2. Tenaga pengajar

Lulusan astronomi bisa menjadi dosen atau tenaga pengajar yang kredibel di bidang sains. Hal ini mengingat negara-negara di ASEAN yang mulai paham astronomi sebagai ilmu yang penting dan dibutuhkan.

3. Bidang penelitian

Melansir laman ITB, negara-negara Asia Tenggara kini semakin sadar akan pentingnya Astronomi, membangun jaringan yang dinamakan SEAN (South East Asia Networking).

Indonesia dipercaya akan menjadi pusat SDM untuk jaringan ini karena Astronomi ITB masih merupakan satu-satunya pendidikan formal ilmu Astronomi di Asia Tenggara.

4. Penulis

Penulis yang dimaksud di sini adalah orang yang bisa menuangkan ide, pengetahuan, dan hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan. Tulisan bisa dipublikasikan lewat majalah, jurnal ilmiah, atau juga bisa di media online atau kolom koran.

Penulis juga bisa menyampaikan konsep-konsep sains, penemuan baru, dan penelitian lewat bahasa yang menarik dan juga kreatif.

5. Bidang lain

Selain bidang-bidang di atas, lulusan Astronomi juga dapat berkecimpung di bidang-bidang lain misalnya sebagai analis sistem pengembang perangkat lunak.

Demikian fakta menarik mengenai jurusan astronomi. Apakah kamu tertarik?

https://edukasi.kompas.com/read/2022/11/24/084715571/hanya-ada-1-di-indonesia-ini-jurusan-kuliah-astronomi-dan-prospek-kerjanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke