Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Keunggulan Pilih Kuliah Online Learning, Calon Mahasiswa Simak

KOMPAS.com - Online learning memiliki sejumlah keunggulan dalam perkuliahan. Bahkan online learning lumrah digunakan di perguruan tinggi untuk memfasilitasi mahasiswa dari kalangan karyawan atau pekerja.

Dengan online learning, jarak dan waktu kini tak menjadi kendala untuk tetap mengikuti perkuliahan.

Dengan onlien learning atau e-learning memungkian mahasiswa dan dosen untuk berinteraksi dalam perkuliahan dengan memanfaatkan keunggulan media digital.

Melansir dari laman Masoem University, Minggu (27/11/2022), online learning saat ini mulai diminati karena pendekatan pembelajarannya yang lebih fleksibel dan praktis.

Keuntungan online learning

Ada beberapa keuntungan dalam metode pembelajaran dengan menggunakan sistem online learning. Berikut keuntungan online learning dalam perkuliahan yang bisa diperoleh mahasiswa.

1. Mudah

keunggulan online learning dalam perkuliahan adalah mendatangkan kemudahan bagi mahasiswa.

Selama mahasiswa memiliki komputer atau smartphone yang terhubung ke internet maka dimanapun dia berada, online learning tetap dapat dilakukan.

Mahasiswa dan pengajar (dosen) dapat mengakses berbagai informasi dimanapun dan kapanpun sehingga mempermudah mereka untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

2. Fleksibel

Keunggulan online learning berikutnya adalah fleksibel. Dengan online learning, belajar menjadi lebih simpel, mahasiswa dapat menyesuaikan waktu, preferensi dan kebutuhan belajar mereka.

Dengan online learning mahasiswa dapat belajar dengan menyesuaikan dengan "pace" yang mereka miliki. Mahasiswa diberi kebebasan untuk membuat jadwal kuliah dan memilih kapan dan dimana akan belajar.

Meski relatif fleksibel, namun mengikuti online learning tetap harus membutuhkan komitmen dalam mengikuti perkuliahan dan disertai dengan rasa tanggung jawab juga.

3. Hemat Biaya

Keunggulan online learning selanjutnya adalah bisa menghemat biaya. biaya yang dapat dihemat saat mengikuti online learning bisa dikatakan cukup impresif. Karena tidak ada biaya perjalanan dan akomodasi untuk datang ke kampus.

Bagi para karyawan/pegawai yang melanjutkan pendidikannya, online learning dapat menjadi alternatif agar lebih menghemat biaya pengeluaran saat ikut  perkuliahan.

4. Disesuaikan dengan kebutuhan

Setiap orang memiliki cara belajarnya sendiri, dan dengan online learning, metode belajar dengan visual, akustik atau kinestetik (gerakan) dapat dipenuhi.

Terdapat banyak metode dan alat yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan online learning. Sehingga makin mempermudah para mahasiswa melakukan kegiatan belajar mengajar.

5. Immediate updates

Pesatnya kemajuan teknologi sekarang ini, dengan sendirinya kegiatan pendidikan ikut terdorong.

Adanya gramifikasi, multimedia, interakivitas, dan dengan terus berkembangnya teknologi, maka dengan sendirinya berbagai macam aplikasi dan peralatan yang digunakan juga makin mendorong berkembangnya sistem pendidikan.

Sehingga efektivitas belajar semakin meningkat, dan dengan online learning baik pengajar dan mahasiswa dengan mudah mendapatkan akses langsung pada setiap kemajuan teknologi.

Demikian keunggulan online learning dalam perkuliahan yang bisa dirasakan para mahasiswa. Selain mengikuti pembelajaran di kampus, metode online learning ini juga bisa diperoleh saat mengikuti kursus suatu keterampilan tertentu.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/11/27/113000471/5-keunggulan-pilih-kuliah-online-learning-calon-mahasiswa-simak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke