Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fresh Graduate, Ini 7 Tanda Wawancara Kerja Gagal

KOMPAS.com - Salah satu tahapan rekrutmen dalam proses lamaran kerja yang akan diikuti fresh graduate adalah tahap wawancara.

Tahap wawacara berperan penting dalam keberhasilan atau kegagalan fresh graduate saat melamar pekerjaan. Pasalnya, tahap ini merupakan sesi mencari "kecocokan" antara pihak Human Resource Development (HRD) atau user dengan calon karyawan. Mulai dari visi, misi, budaya kerja, hingga gaji.

Setelah tahapan wawancara biasanya akan diumumkan apakah pelamar diterima atau tidak. Umumnya berlangsung selama 2 minggu.

Namun, kamu bisa memprediksi apakah lolos atau tidak saat melamar kerja dari tahap wawancara. Dilansir dari Pusat Karier dan Kewirausahaan Universitas Medan Area, 8 tanda ini bisa mengindikasikan kalau wawancaramu gagal, meski tidak sepenuhnya benar.

1. Menekankan soal kurangnya keahlian dalam bidang tersebut

Tanda pertama wawancara yang gagal akan terlihat jelas ketika seorang perekrut memberitahu pelamar jika mereka khawatir dengan pengalaman atau keahlian yang dimiliki. 

Bisa jadi keahlian yang miliki kamu untuk bekerja di bidang tersebut masih kurang.

Jadi, gunakan kesempatan ini dengan baik untuk menunjukkan bila kamu bisa mencapai keahlian tersebut dengan cara nyata, semisal mengikuti sertifikasi atau pelatihan yang sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan.

2. Interviewer tidak memperlihatkan ketertarikan

Tanda kegagalan wawancara kerja adalah pewawancara tidak menunjukkan minat pada kamu.

Misalnya, mereka banyak tidak setuju dengan pendapatmu atau bahkan menyatakan ketidakpercayaan terhadap hal yang kamu katakan.

Jadi, jika pewawancara tampak tidak antusias, bisa jadi wawancara tidak berjalan lancar.

3. Berfokus pada kelemahanmu

Dalam sesi wawancara, pertanyaan yang selalu muncul tidak jauh dari kelebihan dan kekurangan kamu.

Tetapi jika perekrut hanya membicarakan kelemahanmu, maka ini bukan sinyal yang baik. Karena mereka melihat kelemahan yang dapat menghambat kemajuanmu di posisi yang dicari perusahaan.

4. Kamu tak diberi banyak informasi soal posisi yang kamu lamar

Selanjutnya, kamu bisa melihat tanda-tanda wawancaramu gagal saat perekrut tidak memberikan informasi rinci tentang posisi yang kamu lamar.

Padahal, penjelasan tentang posisi yang dilamar sangat penting dalam proses wawancara kerja. Penjelasan ini akan membantu untuk memutuskan apakah posisi ini sesuai dengan tujuan karier kamu atau tidak.

Dengan begitu, jika kamu tidak mendapatkan informasi ini dari perekrut saat wawancara, kemungkinan tidak akan dihitung untuk tahap selanjutnya.

5. Tidak membicarakan gaji

Kalau kamu merupakan orang yang tepat untuk perusahaan tersebut, umumnya mereka akan membahas ekspektasi gaji.

Namun, jika pembahasan mengenai gaji ini tidak dibahas sama sekali, maka bisa jadi mereka tidak akan memanggil kita lagi untuk masuk ke tahap selanjutnya.

Meski begitu, pembicaraan soal gaji bisa jadi dilakukan pada tahap wawancara selanjutnya setelah wawancara pertama sukses. Untuk itu, kamu bisa menanyakan tentang tahap selanjutnya untuk menunjukkan antusias.

6. Wawancara berlangsung sangat singkat

Kamu juga dapat melihat tanda gagal interview kerja saat itu berlangsung singkat. Meskipun wawancara memang tidak memiliki batas waktu, ini dapat terjadi kalau mereka melihat kualifikasi kamu tidak cocok dengan kebutuhan posisi yang kamu lamar.

Kamu mungkin dapat menyadari kalau wawancara terasa singkat dari biasanya atau tidak cukup lama untuk membicarakan hal-hal penting misalnya terkait gaji atau tanggung jawab untuk posisi yang dilamar.

Jika interview cuma sebentar dari yang dijadwalkan, kemungkinan besar mereka tidak berkeinginan untuk melanjutkan kamu ke tahap selanjutnya.

7. Perekrut menyampaikan kekhawatiran tentang harapanmu

Bila pewawancara menyatakan ketidakyakinan atau kekhawatiran kamu tidak cocok untuk mengisi posisi tersebut, bisa jadi mereka ragu.

Biasanya, hal ini terjadi ketika harapan yang kamu utarakan tidak bisa dipenuhi oleh perusahaan, seperti karena target pekerjaan, gaji atau budaya kerja. Maka, latihlah diri untuk mempersiapkan jawaban sebaik mungkin.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/11/28/090000271/fresh-graduate-ini-7-tanda-wawancara-kerja-gagal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke