Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Ide Bisnis Mahasiswa, Cocok untuk Cari Uang Tambahan

KOMPAS.com - Tidak hanya dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif, mahasiswa juga harus aktif dalam berbagai hal. Salah satunya mencari kegiatan yang positif.

Bahkan dari kegiatan itu juga dapat menghasilkan uang yang nantinya dapat digunakan untuk uang tambahan.

Jadi, mahasiswa selain mandiri juga bisa mencari uang tambahan dengan mengerjakan suatu bisnis. Maka dari itu dibutuhkan ide bisnis mahasiswa yang menarik.

Melansir laman Institut Teknologi Batam (Iteba), Rabu (30/11/2022), ada beberapa ide bisnis bagi mahasiswa.

5 ide bisnis mahasiswa

1. Online shop

Salah satu ide bisnis mahasiswa ialah online shop atau jualan online. Hal ini sudah wajar dilakukan siapa saja untuk menghasilkan uang.

Mengakses teknologi digital secara secara online merupakan hal yang mudah dan bisa diakses oleh siapa aja, terlebih oleh mahasiswa.

Dengan didukung oleh banyaknya e-commerce yang bisa mendukung suatu bisnis saat ini, mahasiswa bisa berjualan mulai dari pulsa/kuota internet, minuman dan makanan, alat tulis, pakaian, dan lain-lain.

2. Jasa kelas privat

Saat menjadi mahasiswa, kamu juga bisa menerapkan ilmu yang didapat dari bangku kuliah pada siswa atau pelajar dengan membuka jasa private class atau bimbingan belajar.

Ini bisa jadi ide bisnis kamu yang pintar atau hobi belajar sekaligus suka anak-anak. Jadi, kamu bisa buka bisnis ini di rumah, baik untuk tingkat SD, SMP, SMA ataupun bimbingan belajar untuk sesama teman-teman mahasiswa.

3. Jasa jadi MC

Menjadi MC (Master of Ceremony) atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal sebagai pembawa acara, merupakan sebuah profesi atau ketrampilan dari seseorang sebagai pemandu sebuah acara.

Maka dari itu, jasa MC acara bisa menjadi ide bisnis mahasiswa selanjutnya. Kamu bisa menjadi MC untuk acara resmi kampus, organisasi maupun acara sederhana seperti ulang tahun.

Meskipun tidak membutuhkan jam kerja yang monoton, bisnis satu ini bisa menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Terlebih kamu yang punya skill bidang komunikasi.

4. Jasa design, edit foto dan video

Adapun ide bisnis mahasiswa lainnya ialah membuka jasa design, edit foto dan video. Ini biasanya dilakukan oleh mahasiswa teknik komputer atau sistem informasi yang sangat mahir dalam hal satu ini.

Bisnis satu ini bisa membantu teman-teman mahasiswa yang membutuhkan ataupun orang lain. Jasa design juga bisa menjadi bisnis besar seperti design undangan, dan lain-lain.

5. Jastip luar kota dan luar negeri

Bagi kamu yang hobi traveling ke luar kota ataupun luar negeri, kamu bisa coba bisnis yang satu ini.

Bisnis jastip (jasa titip) ini cukup populer saat ini dikalangan mahasiswa karena sistemnya yang cukup mudah dilakukan.

Jadi, itulah 5 ide bisnis mahasiswa yang dapat dilakukan untuk menambah uang tambahan. Tentu hal ini harus disesuaikan dengan jadwal kuliah, dan dilakukan pada saat waktu luang.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/12/01/165400171/5-ide-bisnis-mahasiswa-cocok-untuk-cari-uang-tambahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke