Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Bangun Pagi agar Tubuh Tetap Sehat

KOMPAS.com - Di waktu pagi hari adalah waktu yang sangat baik bagi tubuh seseorang. Ini karena kesegaran udara di pagi hari masih segar dan sejuk.

Karena itu bisa lebih produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Maka, seseorang harus paham cara bangun pagi yang tepat.

Sebab, tidak semua orang tahu bahwa bangun di pagi hari sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti meningkatkan imun tubuh, membuat napas lebih segar, mendapatkan vitamin D, dan lain sebagainya.

Semua manfaat itu hanya bisa dirasakan dan didapatkan pada waktu pagi hari. Oleh karena itu ada baiknya membiasakan diri untuk bangun di pagi hari.

Cara bangun pagi

Melansir laman Gramedia.com, berikut dijelaskan 7 cara bangun pagi agar tubuh tetap sehat yang cocok bagi siswa maupun mahasiswa.

1. Buang rasa malas

Bangun pagi maka harus semangat dan bisa membuang rasa malas untuk bangun pagi. Rasa malas ini bisa dikatakan sebagai penyebab diri kamu malas bangun di pagi hari.

Oleh karena itu, kamu harus menghindari rasa malas bangun pagi dan membiasakan diri untuk bangun di pagi hari.

Untuk membuang rasa malas ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti tidak mengambil selimut ketika mata sudah melek, tidak main hp di atas kasur, dan yang terpenting adalah tidak kembali ke kasur setelah beranjak dari kasur.

2. Susun jadwal tidur dan bangun

Jika kamu bisa menjaga kualitas tidur, maka ketika bangun tubuh akan terasa lebih fit, dan konsentrasi lebih meningkat.

Oleh karena itu, buat jadwal tidur yang teratur dan cukup dapat membantu memudahkan diri kamu untuk tahu kapan waktu tidur dan kapan harus bangun pagi.

3. Tidur yang efektif

Perlu diingat bahwa begadang tidak baik bagi kesehatan dan membuat jam tidur jadi tidak efektif. Jam tidur yang baik adalah pada awal-awal malam atau sekitar jam delapan malam.

Hal itu dikarenakan empedu aktif mulai aktif bekerja antara jam sebelas malam hingga jam satu dini hari, sedangkan, hati bekerja pada jam satu dini hari.

Oleh karena itu, jika pada jam-jam tersebut belum tidur maka bisa merusak alur yang ada pada tubuh.

4. Hindari minum kafein sebelum tidur

Ingin bangun pagi? Maka kamu harus menghindari minuman kafein atau beralkohol. Sebab, minuman itu justru membuah mata melek lebih lama sehingga tidak bisa tidur tepat waktu.

Terlebih lagi, jika dikonsumsi pada malam hari, bisa menyebabkan perut bergejolak sehingga tidur pun akan terganggu dan tidak bisa bangun di pagi hari.

5. Hindari main ponsel

Bermain ponsel sebelum tidur sangat asyik. Namun, tanpa disadari dibalik hal yang menyenangkan itu terdapat dampak yang kurang baik bagi tubuh. Bahkan bisa mengganggu jam tidur dan bangun.

Jadi, apakah kamu sering bermain ponsel sebelum tidur? Jika iya, maka sebaiknya kebiasaan itu segera dihilangkan. Hal itu perlu dilakukan karena bisa menjadikan tubuh lebih sehat dan yang terpenting bisa bangun pagi.

6. Hindari makan sebelum tidur

Dengan tidak mengonsumsi makanan sebelum tidur adalah salah satu cara yang dapat dipergunakan untuk membuat bangun pagi.

Makanan yang dikonsumsi sebelum tidur bisa menyebabkan tubuh bekerja lebih keras sehingga jam kerja tubuh bertambah.

7. Bangun pagi itu sehat

Adapun cara bangun pagi yang terakhir ialah percaya bahwa bangun pagi itu sehat. Oleh karena itu, kamu harus menanamkan motivasi pada diri sendiri supaya bisa bangun pagi.

Tanamkan di dalam diri bahwa “memulai aktivitas di pagi hari sangat baik bagi kehidupan sehari-hari”.

Maka, tingkat kewaspadaan memori dan konsentrasi pada pagi hari perlahan-lahan akan semakin meningkat seiring dengan peningkatan suhu tubuh.

Dengan kondisi seperti ini pekerjaan atau tugas yang bersifat kognitif akan mudah dikerjakan pada pagi hari. Dengan begitu, penting untuk kamu supaya membiasakan diri untuk bangun pagi.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/12/04/050700871/7-cara-bangun-pagi-agar-tubuh-tetap-sehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke