Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Sekolah Negeri dan Swasta Terbaik di Kota Malang serta Profilnya

KOMPAS.com – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengeluarkan daftar 1.000 sekolah terbaik tahun 2022 berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022.

Dari daftar yang dirilis pada Jumat (26/8/2022), sejumlah sekolah di kota Malang berhasil masuk dalam pemeringkatan sekolah terbaik.

Untuk mengetahui tentang ketiga sekolah tersebut, berikut profil singkatnya berdasarkan rangkuman Kompas.com, dilansir dari laman masing-masing sekolah.

1. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang

Sekolah ini berhasil menduduki peringkat pertama sebagai sekolah terbaik di kota Malang, dengan skor total rerata UTBK sebesar 617.605 dari 23.657 SMA, MA, SMK, dan SMA swasta di Indonesia.

Sekolah yang terletak di jalan Bandung, nomor 7 Penanggungan, Klojen, Kota Malang ini mengusung tagline “Madrasah hebat bermartabat” yang dipimpin oleh Drs. H. Mohammad Husnan, M. Pd.

Sekolah tersebut memberlakukan pembelajaran dengan Sistem Kredit Semester (SKS), sehingga struktur kurikulumnya meliputi substansi pembelajaran yang dapat ditempuh dua sampai empat tahun.

Berdiri pada 7 Januari 1992, struktur kurikulum disusun berdasarkan Standar Kompetensi Kelulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD). Hal tersebut mengacu pada keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) nomor 183 tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah.

Melansir laman resminya, sekolah ini telah mendulang banyak prestasi nasional dan internasional. Selain prestasi tersebut, secara umum para siswa yang menyelesaikan pendidikan dari MAN 2 Kota Malang memiliki nilai Ujian Nasional (UN) yang memuaskan.

Setelah menyelesaikan pendidikan dari MAN 2 Kota Malang, kebanyakan dari peserta didik melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), PTN Favorit, dan Universitas luar negeri.

Pada 2021, 96 persen peserta didik MAN 2 Kota Malang Tahun 2021 berhasil diterima di Perguruan Tinggi Favorit dalam dan luar negeri.

2. SMAK Kolese St Yusup

SMA Katolik Kolese Santo Yusup (Kosayu) berhasil meraih peringkat pertama sebagai sekolah swasta terbaik di kota Malang, dengan skor total rerata UTBK sebesar 589.501 dari 23.657 SMA, MA, SMK, dan SMA swasta di Indonesia.

Sekolah ini terletak di jalan Simpang Borobudur, nomor 1, Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Kepala sekolah saat ini dipercayakan kepada Petrus Harjanto.

SMAK Kolese Santo Yusup (Kosayu) berupaya menjadikan sekolahnya sebagai komunitas untuk belajar unggul secara akademik dan non-akademi.

Sekolah tersebut juga berpedoman pada standar nasional, yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam hal ini, SMAK Kosayu berorientasi secara global, melihat, dan menyadari perkembangannya di tengah-tengah dunia.

Selain itu, disediakan juga berbagai sarana prasarana untuk mendukung minat, bakat, dan kemampuan para siswa. Dengan demikian, dapat mengasah kemampuan akademik dan mengembangkan potensi non-akademik. Harapannya, hal tersebut mampu menciptakan siswa yang cerdas secara intelegensia dan non-akademik.

Beberapa bimbingan belajar akademik dan non akademik yang disediakan di sekolah yakni bimbingan belajar, pengayaan, Bimbingan Belajar Intensif IBBI), Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Ada juga kegiatan ekstrakurikuler seperti bahasa Mandarin, Catur, Karate, Bahasa Jepang, Elektro, Paduan Suara, Bahasa Jerman, Paduan Suara, dan lain-lain.

3. SMA Negeri 1 Malang

SMAN 1 berhasil meraih peringkat ketiga sebagai sekolah terbaik di kota Malang, dengan skor total rerata UTBK sebesar 579,576.

Sekolah yang terletak di jalan jalan Tugu Utara, nomor 1, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur ini dipimpin oleh Drs. H. Heru Wahyudi, M.Pd.

Sekolah ini mengusung semboyan “MITREKA SATATA” yang artinya selalu bersahabat atau bersahabat yang sederajat, yang terdiri dari penggalan kata-kata, Mitra artinya teman/sahabat, Ika artinya itu, satu, dan Satata yakni sederajat.

Sejalan dengan semboyan tersebut, SMAN 1 memiliki visi untuk “Menciptakan Generasi Unggul Dalam Prestasi dan Seni, Berakhlak , Terampil, dan Mandiri.”

Hal tersebut dilaksanakan guna mewujudkan warga sekolah yang beriman ,taat beragama, sejahtera, saling menghargai dan menghormati dalam kehidupan bermasyarakat.

Melansir laman resminya, sekolah tersebut juga berupaya meningkatkan pengembangan potensi kepemimpinan peserta didik dan peningkatan kemampuan komunikasi berbahasa asing.

Sekolah ini juga gencar melatih soft skill peserta didiknya dengan menyediakan sekira 29 kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dipilih setiap siswa sesuai bakat dan kemampuannya seperti Pencak Silat, Bulu Tangkis, Broadcasting, Paduan Suara, Seni Tradisional, dan masih banyak lagi.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/12/09/070000571/3-sekolah-negeri-dan-swasta-terbaik-di-kota-malang-serta-profilnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke