Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Jurusan Favorit di Sekolah Vokasi dengan Gaji Menjanjikan

KOMPAS.com - Menjelang Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023, calon mahasiswa perlu mempertimbangkan jurusan kuliah yang akan dipilih.

Selain melanjutkan pendidikan di jenjang S1, kamu juga bisa memilih melanjutkan di program pendidikan vokasi atau D3 dan D4 (sarjana terapan).

Jurusan di vokasi cenderung lebih bersifat praktik dan sudah lebih menjurus ke karier dibandingkan di jenjang sarjana.

Ilmu yang diajarkan di sekolah vokasi pun cenderung fokus dan lebih mengedepankan praktik dengan topik yang lebih spesifik. Contohnya, Seni Kuliner Prancis, Multimedia, Character Design dan masih banyak lagi.

4 jurusan favorit di sekolah vokasi

Siswa yang memilih melanjutkan pendidikan di sekolah vokasi, setelah lulus akan mendapat gelar Certificate, Diploma atau Advanced Diploma.

Durasi kuliah di pendidikan vokasi juga cenderung lebih singkat dibandingkan pendidikan sarjana. Yakni sekitar 1 hingga 3 tahun saja, tergantung program yang dipilih.

Melansir dari laman Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Stekom), Minggu (11/12/2022) ada beberapa jurusan yang paling banyak diminati di sekolah vokasi atau menjadi jurusan favorit.

Adapun 4 jurusan ini menjadi jurusan favorit di sekolah vokasi karena memiliki prospek kerja yang sangat bagus. Jurusan apa saja itu? Simak informasinya sampai selesai.

1. Pariwisata

Tenaga ahli jurusan pariwisata sangat dinanti oleh berbagai perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata.

Mahasiswa yang memilih Jurusan Pariwisata di sekolah vokasi, dapat belajar banyak hal. Seperti manajemen wisata, manajemen pengolahan makanan dan minuman, sistem informasi pariwisata, dan masih banyak lagi.

Prospek kerjanya pun tidak perlu diragukan lagi karena bisa menjadi pemandu wisata, barista, agen perjalanan, perencana meeting, dan pengelola restoran.

2. Administrasi Perkantoran

Jurusan favorit di sekolah vokasi yang kedua adalah jurusan administrasi perkantoran. Perusahaan dan berbagai macam sektor industri tentu membutuhkan tenaga administrasi perkantoran.

Saat memilih kuliah di jurusan ini, pasti sangat dekat dengan proses pengurusan berkas-berkas hingga keperluan dari kantor.

Saat memilih jurusan ini, mahasiswa akan diajarkan berbagai macam hal tentang manajemen perkantoran, praktik komputer, teknik penulisan laporan, manajemen kearsipan hingga stenografi. Lulusannya akan berprofesi sebagai sekretaris perusahaan, administrasi, hingga sekretaris legal.

3. Sistem Informasi

Tak bisa dipungkiri, di era serba digital saat ini jurusan di bidang komputer akan banyak dibutuhkan perusahaan. Di sekolah vokasi, Jurusan Sistem Informasi juga menjadi salah satu favorit.

Jurusan Sistem Informasi mempelajari seputar basis data dan pemrograman dalam perangkat lunak. Lulusan jurusan ini pun memiliki prospek karier yang cukup menjanjikan dari segi gaji. Misalnya seperti menjadi software engineer.

Dikutip dari The Southeast Asia Tech Talent Compensation Report 2020/2021, posisi junior software engineer memiliki kisaran gaji sebesar 500 hingga 1.100 USD atau setara dengan kurang lebih Rp 7 juta sampai Rp 15 juta.

Kisaran gaji para lulusan Sistem Informasi ini juga akan bertambah seiring dengan banyaknya pengalaman yang dimiliki.

4. Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer juga masuk dalam jurusan kuliah favorit di sekolah vokasi. Pada prodi ini, kamu akan belajar seputar rekayasa perangkat keras komputasi, jaringan komputer, dan juga pemeliharaannya. Lulusan Jurusan Ilmu Komputer, juga punya prospek karier yang menjanjikan.

Salah satu peluang karier yang bisa didapat adalah junior frontend developer dengan kisaran gaji sebesar USD 500-1.700 atau setara dengan Rp 7 juta Rp 24 juta.

Demikian 4 jurusan kuliah favorit di sekolah vokasi. Informasi ini bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah, khususnya siswa yang memutuskan melanjutkan pendidikan di sekolah vokasi.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/12/11/193700971/4-jurusan-favorit-di-sekolah-vokasi-dengan-gaji-menjanjikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke