Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ditjen Diksi: Simak 7 Tips Buka Warung Kopi

KOMPAS.com - Kini, bisnis warung kopi cukup menjanjikan. Bahkan tak hanya di kota-kota besar saja, bisnis ini banyak dijumpai di mana saja.

Sebab, banyak anak muda yang nongkrong atau sekedar bersantai sambil minum aneka kopi. Di samping itu, sekarang juga tersedia aneka kopi kekinian.

Melansir laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) Kemendikbud Ristek, Minggu (25/12/2022), dari survei yang dilakukan Toffin Indonesia dan Majalah MIX MarComm SWA Media Group beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa total keuntungan coffee shop di Indonesia diperkirakan mencapai Rp 4,8 triliun.

Dengan angka yang cukup fantastis itu, wajar jika warung kopi dengan aneka kopi kekiniannya menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan.

Meski demikian, untuk berhasil di bisnis coffee shop juga tidak mudah, karena perlu perencanaan yang matang.

Juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya adalah kiat-kiat yang dibagikan oleh Sugeng Pujiono, pemilik Critoe Coffee, saat webinar “Ngobrol di Kedai: Menangkap Tren Usaha Kopi Kekinian melalui Program PKW” beberapa waktu lalu.

Tips buka warung kopi

1. Harus menentukan tujuan

Untuk cara yang pertama ialah memikirkan dengan baik apa yang akan dikejar, target-target apa yang ingin dicapai sebelum memulai bisnis ini.

Dengan target yang jelas itu, maka kita akan mudah menyusun langkah dalam mencapai tujuan atau target tersebut.

2. Bisa mencari cara

Menjadi pebisnis tentu harus berpikir tentang jalan atau cara terbaik untuk mewujudkan tujuan yang sudah disusun tersebut. Maka, kamu harus membuang energi negatif.

3. Segera eksekusi

Apabila semua sudah siap, maka paksa diri untuk segera eksekusi seluruh rencana, ide, dan cara yang sudah disusun tersebut.

4. Bisa memperhatikan produk

Penting diketahui calon pebisnis atau lulusan Pendidikan Vokasi yang akan membuka usaha warung kopi, maka produk kekinian yang sudah banyak di pasaran harus ada yang berbeda.

Maka kamu harus pastikan produk yang inovatif dengan tetap harus memenuhi selera konsumen. Atau apa yang paling disukai konsumen.

5. Harga harus diperhatikan

Meski bukan soal lebih murah atau lebih mahal, tetapi upayakan harga yang ditawarkan memiliki nilai tambah yang lebih dan tetap kompetitif.

6. Perhatikan lokasi warung kopi

Selain memilih lokasi strategis, tempat yang nyaman dan bersih juga sangat penting. Apalagi menyediakan akses free wifi.

7. Dengan promosi

Adapun tips buka warung kopi yang terakhir ialah kamu harus memperhatikan masalah promosi. Pemasaran yang baik dan promosi yang inovatif adalah sesuatu penting.

Namun, hal itu juga harus kembali ke produk. Karena produk yang baik sejatinya telah mempromosikan dirinya sendiri.

https://edukasi.kompas.com/read/2022/12/26/194710071/ditjen-diksi-simak-7-tips-buka-warung-kopi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke