Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Tips Semangat Belajar bagi Siswa

KOMPAS.com - Usai libur akhir tahun, siswa atau pelajar harus kembali ke sekolah. Karena itu butuh tips semangat belajar.

Namun ketika kita merasa malas belajar, maka kita dapat melakukan hal-hal yang dapat memotivasi kita untuk menambah semangat belajar.

Melansir laman SMK PGRI Sukodadi, motivasi dalam meningkatkan semangat belajar dibagi menjadi dua, yaitu motivasi internal dan motivasi eksternal.

Motivasi internal merupakan motivasi yang berasal dari dalam diri individu sendiri. Motivasi ini memang lebih sulit ditumbuhkan dibanding motivasi eksternal.

Tetapi jika seseorang telah berhasil menumbuhkan motivasi internal dalam dirinya, maka kepercayaan diri akan terbentuk sehingga akan menimbulkan sikap positif dan sadar akan kebutuhan dirinya dalam belajar.

Sedang motivasi eksternal merupakan motivasi yang berasal dari luar diri individu yang mampu mempengaruhi diri individu.

Motivasi eksternal bisa berasal daari lingkungan, sosial, penghargaan atau hukuman, teman, peran orang tua dalam mendidik anak serta masih banyak hal lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar seseorang.

11 tips semangat belajar bagi siswa

1. Membuat target

Untuk mencapai tujuan, maka kamu harus membuat target yang ditulis. Tulis target yang harus kita capai pada kertas lalu tempelkan pada tempat-tempat yang sering kita melihatnya.

Seperti lemari, dinding kamar atau bisa juga ditulis di buku agenda atau diarimu.

2. Tunda kesenangan

Tunda terlebih dahulu kesenangan kamu, tetapi ganti dengan melakukan perjuangan belajar menuntut ilmu, Meski rasanya pahit, tetapi jika kita telah menjalaninya maka kita akan merasakan kenikmatannya.

Belajar itu menyenangkan karena kita akan bisa mengerti apapun yang ingin kita katahui. Bahkan belajar bisa dari mana saja.

3. Berteman dengan orang yang semangat belajar

Jika ada teman yang semangat belajar, maka hal itu bisa menjadi jalan baik bagi kamu. Sebab, teman yang bersemangat dalam belajar sangat mempengaruhi kita.

Sehingga melihatnya menjadikan kita ingin mencontohnya. Aura positif yang ditimbulkan dapat menular.

4. Mengatur waktu belajar

Mengatur waktu akan menjadikan diri kamu berlatih disiplin serta tidak bertingkah semaunya sendiri atau sesuai hati.

Mungkin ketika kamu sedang patah hati, padahal besok akan ujian maka kamu tidak belajar. Hal ini yang harus dihindari karena belajar tetap harus berjalan.

5. Fokus lima menit

Adapun tips semangat belajar lainnya ialah fokus lima menit. Untuk menghindari sulit memulai belajar maka bayangkan terlebih dahulu bahwa kamu akan belajar hanya 5 menit saja, kemudian setelah itu akan berhenti.

Dengan demikian maka otak akan lebih tertarik untuk belajar karena hanya sebentar. Tetapi setelah melakukan belajar dalam 5 menit, maka otak akan merasakan suatu kenyamanan sehingga akan enggan untuk memulai sesuatu yang lain lagi.

6. Buktikan kamu pintar

Seorang yang memliki kemauan yang tinggi akan mempunyai motivasi tinggi dalam mencapai target. Buktikan kepada orang-orang bahwa kamu juga termasuk orang yang mempunyai kemauan yang tinggi.

Dengan bermodal tersebut maka diri kamu akan termotivasi untuk semangat belajar. Semangat belajar yang tinggi akan menjadikan kamu lebih pintar.

7. Menjauh dari gangguan

Tentunya ada banyak gangguan dari luar, misalnya saja menonton TV, film, main ponsel, game atau malah berkomunikasi dengan pacar.

Maka dari itu, sebelum mulai belajar singkirkan hal-hal tersebut atau kamu memilih tempat belajar yang terhindar dari berbagai gangguan tersebut. Hal ini akan membuat belajar menjadi lebih fokus.

8. Tanamkan niat untuk belajar

Jika jiwa kita telah tertanam kemauan dan niat yang tinggi maka belajar akan menjadi suatu aktivitas yang menyenangkan sehingga tidak ada lagi beban.

9. Tonton film motivasi

Tentunya, kita perlu menonton film yang dapat memotivasi. Maka kamu dapat mencoba untuk menonton film atau membaca novel motivasi agar semangat belajar bisa semakin meningkat.

10. Teknik belajar efektif

Kamu harus pintar dalam menggunakan teknik belajar karena akan mempengaruhi otak kita dalam bekerja menyerap informasi dan ilmu pengetahuan. Belajar lebih efektif dengan teknik 3 x 1 jam lebih baik dibanding dengan 1 x 3 jam.

Jadi lebih baik kita belajar 3 kali dengan durasi sekali belajar 1 jam dibanding dengan belajar 1 kali dengan durasi langsung 3 jam atau lama.

11. Teknik membaca cepat

Dengan teknik membaca cepat maka informasi dan ilmu pengetahuan akan dengan cepat kita peroleh, apalagi di zaman yang era modern globalisasi ini.

Kemampuan membaca cepat akan semakin membuat kamu sukses dalam meraih keberhasilan.

Jadi itulah tips semangat belajar yang bisa dicoba oleh siswa atau pelajar usai libur akhir tahun dan masuk ke semester baru.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/01/02/163427671/11-tips-semangat-belajar-bagi-siswa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke