Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

DQLab x CIMB Niaga Buka Lowongan Kerja Bidang Data Lulusan SMA, D3-S1

KOMPAS.com - Pertumbuhan lapangan kerja seperti e-commerce dan startup pada era teknologi seperti sekarang kian pesat. Hal itu juga mendorong terbukanya peluang pada sejumlah posisi pekerjaan, terutama yang berhubungan dengan data.

Tidak bisa dipungkiri, data sudah menjadi kunci penting bagi pertumbuhan setiap sektor bisnis. Peluang karir bidang data juga semakin meningkat dan menawarkan gaji dengan angka yang besar.

Salah satu profesi unggulan di bidang data adalah Data Analyst. Banyak perusahaan yang mulai menyadari betapa pentingnya peranan data analyst dalam membantu mereka membuat keputusan dengan data.

Meski pekerjaan bidang data identik dengan mereka yang memiliki background IT, menariknya lulusan non-IT juga berkesempatan berkarir menjadi data analyst. Inilah yang dihadirkan oleh DQLab dan CIMB Niaga melalui sharing session profesi Data Analyst.

Pada event tersebut, peserta akan belajar langsung dan networking bersama mentor DQLab secara gratis dan berkesempatan untuk berkarier menjadi Data Analyst di CIMB Niaga.

Cakupan sharing session profesi Data Analyst

Peserta yang mengikuti sharing session profesi Data Analyst akan mendapatkan:

1. E-sertifikat pelatihan.

2. Kesempatan berkarir di bidang data bersama CIMB Niaga.

3. Spesial price program liveclass DQLab.

Syarat peserta

1. Siswa/i SMA, SMK, dan Universitas.

2. Fresh graduates dan young professionals.

3. Pemula yang ingin mempelajari profesi Data Analyst dari dasar hingga mahir.

Gambaran pekerjaan Data Analyst

1. Mengolah dan Menganalisis Data

Peran data analyst yang pertama tentu mengolah dan menganalisis data. Proses yang dilakukan setelah mendapatkan data adalah cleaning data. Hal ini dilakukan oleh data analyst agar data yang telah diperoleh, siap untuk dianalisis. Untuk menganalisisnya, data analyst memerlukan beragam metode analisis meskipun tidak serumit metode yang digunakan data scientist.

Data analyst dapat memperoleh data baik dari sumber data primer maupun sekunder atau keduanya kemudian mengatur ulang data tersebut dalam format yang dapat dengan mudah dibaca. Umumnya, profesi ini menggunakan alat statistik untuk menafsirkan kumpulan data.

2. Menemukan Insight Baru

Setelah mengolah dan menganalisis data, bagian ini menjadi hal terpenting untuk dilakukan oleh data analyst. Menemukan insight baru bagi pertumbuhan bisnis atau perusahaan merupakan tujuan dari berbagai proses analisis. Untuk itu, seorang data analyst sangat membutuhkan kemampuan dalam memahami bisnis yang sedang dijalankan.

Insight baru yang telah didapatkan dapat digunakan untuk beragam kebutuhan masa depan bisnis, mulai dari penciptaan produk atau layanan baru, peningkatan kualitas, cara membangun koneksi dengan pelanggan hingga anggaran biaya.

3. Memvisualisasikan dan Menginterpretasikan data

Visualisasi data menjadi peran yang pasti dilakukan oleh Data Analyst. Tidak mengherankan, jika beberapa lowongan pekerjaan Data Analyst akan mensyaratkan kandidatnya mampu menguasai tools visualisasi data. Umumnya, kumpulan visualisasi yang dibuat dalam bentuk dashboard akan dijadikan sebagai laporan.

Setelah membuat visualisasi data agar dapat dimengerti oleh orang lain, Data Analyst menginterpretasikan data tersebut dalam bentuk laporan, kemudian digunakan untuk melihat perkembangan perusahaan. Terkadang, beberapa permasalahan bisa ditemukan penyebabnya cukup menggunakan visualisasi data tanpa harus melakukan analisis lanjutan.

Informasi lowongan karir Data Analyst dapat diakses disini https://dqlab.id/webinar-gratis-dan-kesempatan-berkarir-kolaborasi-dqlab-cimb 

https://edukasi.kompas.com/read/2023/01/11/112111771/dqlab-x-cimb-niaga-buka-lowongan-kerja-bidang-data-lulusan-sma-d3-s1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke