Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Prospek Kerja Industri Migas di Masa Depan, Mahasiswa Harus Tahu

KOMPAS.com - Bekerja di industri minyak dan gas bumi sering kali dianggap menjanjikan. Namun, seiring berkembangnya energi terbarukan (EBT), prospek karier di industri tersebut kerap dipertanyakan. Masihkah industri ini menawarkan prospek kerja cerah di masa depan, khususnya bagi siswa yang akan memilih jurusan kuliah yang bernaikan dengan industri minyak?

Staf Khusus III Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Arya Sinulingga menjawab pertanyaan pada acara BUMN Goes to Campus yang diadakan di Universitas Pertamina, Selasa (10/01/23).

Ia mengatakan, kesempatan untuk bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berfokus pada bidang perminyakan justru semakin terbuka lebar.

Berkaca dari Pertamina, Arya mengatakan perusahaan perminyakan seperti Pertamina terus bertransformasi. Hal itu berarti perusahaan yang dikenal berada di dalam industri perminyakan ini mengantisipasi perubahan yang terjadi.

"Tidak mungkin industri perminyakan sampai perusahaan seperti Pertamina hilang," jelasnya.

Terlebih, kini Pertamina sudah masuk pemanfaatan EBT. Maka menjadi peluang besar untuk masuk ke dalam industri baru tersebut.

"Terlebih 80 persen geotermal itu punya Pertamina. Belum lagi kita nanti pakai solar panel dan lain-lain. Nikel juga," ucap Arya.

BUMN memiliki peluang besar terkait industri ini. Tidak akan habis-habis bahkan jika nantinya masuk ke ranah nuklir.

Arya mengatakan, apa saja bisa dilakukan asalkan mampu bertransformasi. Sebab masih ada waktu untuk melakukan transformasi dan perubahan.

Transformasi BUMN ini sudah disosialisasikan selama 3 tahun. Bahkan banyak lapangan pekerjaan yang dibuka untuk masyarakat.

Dengan sosialisasi seperti BUMN Goes to Campus yang dilakukan di Universitas Pertamina membuat masyarakat bisa mengetahui perubahan apa yang terjadi di dalam BUMN.

Arya turut menjelaskan target jangka pendek dari BUMN ialah kesempatan magang yang dibuka di banyak instansi terkait.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/01/12/143000371/prospek-kerja-industri-migas-di-masa-depan-mahasiswa-harus-tahu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke