Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Jurusan Kuliah yang Mudah Dipelajari, Ada Pilihanmu?

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah tidak bisa asal-asalan. Semua harus disesuaikan dengan minat dan bakat dari calon mahasiswa itu sendiri.

Tapi, ada juga calon mahasiswa ingin kuliah yang perlu menguras banyak pikiran dan tenaga. Maka butuh jurusan kuliah yang mudah untuk dipelajari.

Bagi yang tak suka berhitung, matematika atau rumus dan lain-lain, maka bisa coba memilih beberapa jurusan kuliah yang mudah dipelajari.

Apa saja jurusan kuliah tersebut? Melansir laman AkuPintar, ada lima jurusan kuliah yang bisa dipilih.

Jurusan kuliah yang mudah dipelajari

1. Pendidikan Jasmani

Jika kamu dari zaman sekolah suka dengan dunia olahraga, maka bisa coba memilih Jurusan Pendidikan Jasmani.

Tentunya, alumni Pendidikan Jasmani memang disiapkan untuk menjadi guru olahraga di sekolah. Namun kuliah di jurusan yang dikenal santuy ini juga membekalimu dengan pengetahuan tentang gizi, anatomi, hingga keamanan dan keselamatan.

Berbekal semua itu, kamu masih bisa menjadi personal trainer jika kamu tidak mengajar di sekolah. Setidaknya, kamu bisa hidup dengan lebih sehat karena tau apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatanmu sendiri.

2. Pendidikan Tata Rias

Jurusan kuliah yang mudah berikutnya ialah Pendidikan Tata Rias. Meski begitu, jurusan ini juga cukup menjanjikan prospek kerjanya.

Pendidikan Tata Rias sebenarnya menyiapkan kamu untuk menjadi guru. Namun setelah lulus kuliah nanti, kamu juga bisa menjadi make up artist.

Bahkan ketika masih kuliah, kamu juga bisa buka jasa tata rias. Tentu hal ini bisa menjadi tambahan penghasilan.

Meski dikenal santuy, tetapi perkuliahannya membutuhkan banyak praktik dan biaya. Akan tetapi, jurusan ini biasanya memang dipilih oleh mereka yang punya passion di bidang kecantikan.

Jadi tak perlu menghafal banyak teori, atau menulis, Pendidikan Tata Rias adalah jurusan termudah dan terasyik yang bisa kamu pilih di perguruan tinggi.

3. Pariwisata

Jurusan Pariwisata terkenal sebagai jurusan kuliah yang santai tapi menjanjikan. Karena Indonesia terkenal dengan destinasi wisata, kamu sebelum lulus kuliah juga bisa kerja part time.

Ini karen saking banyaknya peluang kerja di bidang pariwisata. Belajar bisa sambil jalan-jalan, tetapi justru malah dibayar.

Akan tetapi, kamu tetap harus serius dalam belajar atau kuliah. Sebab, kegiatan pariwisata itu cakupannya luas sekali.

Mahasiswa pariwisata cukup sering harus menjadi generalist yang tau juga tentang arkeologi, sejarah, antropologi, geografi, beberapa bahasa asing, filsafat, lingkungan, hukum ekonomi, hingga statistik.

4. Sastra Indonesia

Kamu suka dengan puisi, cerpen atau karya sastra, maka bisa coba jurusan kuliah Sastra Indonesia. Tapi kamu harus belajar banyak hal baru.

Kajian budaya, apresiasi sastra, maupun penulisan kreatif hanyalah sedikit dari mata kuliah yang bakal membuatmu belajar lebih banyak tentang sastra Indonesia.

Jika ditanya jurusan apa untuk orang pendiam yang gemar menulis, Sastra Indonesia boleh jadi salah satu jawabannya.

5. Ilmu Hukum

Salah satu jurusan kuliah yang mudah untuk dipelajari ialah Ilmu Hukum. Jurusan ini juga bagus prospek kerjanya. Namun kamu tetap harus tekun dalam belajar.

Konsentrasi yang kamu pilih nanti akan menentukan pendidikan profesi dan jenjang pendidikan berikutnya. Walaupun bertambah jenjang, pola perkuliahanmu tak akan banyak berubah, masih tetap memerlukan ketekunan untuk membaca banyak buku.

Selain itu, kamu juga butuh jejaring sebagai penentu peluang kerja setelah lulus nanti. Berawal dari staf legal atau bekerja di firma hukum, alumni Ilmu Hukum dikenal berpenghasilan baik.

Seberapa mulus lepas landasnya kariermu nanti bakal banyak dipengaruhi dari masa-masa awal bekerja ini. Bukan tanpa alasan jika Ilmu Hukum dikenal sebagai jurusan kuliah yang mudah.

Jadi itulah lima jurusan kuliah yang mudah dipelajari bagi calon mahasiswa. Kendati demikian, semua tetap harus disesuaikan dengan minat dan potensi yang ada di dalam diri kamu.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/01/13/103044671/5-jurusan-kuliah-yang-mudah-dipelajari-ada-pilihanmu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke