Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Sekolah Terbaik di Bali dan Profil Singkatnya

Peringkat pertama sekolah terbaik di Bali ditempati oleh SMAS Santo Yoseph Denpasar dengan nilai UTBK 2022 sebesar 541,318. Sementara itu, secara nasional SMA ini berada pada peringkat 361.

Berikut Kompas.com rangkumkan profil singkat 3 sekolah terbaik di Bali dirangkum dari laman masing-masing sekolah.

Profil singkat 3 sekolah terbaik di Bali

1. SMAS Santo Yoseph Denpasar

Sekolah SMAS Santo Yoseph Denpasar berlokasi Jalan Serma Kawi No.4, Dauh Puri Klod, Kota Denpasar, Bali.

Adapun visi SMAK Santo Joseph Denpasar yakni "Memiliki kualitas dalam mengembangkan insan yang cerdas, mandiri dan berkarakter."

Selain visi tersebut, SMA ini juga menerapkan beberapa misi yakni:

  • Mengembangkan keimanan dan kecerdasan secara seimbang dan sinergis
  • Menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas
  • Mengupayakan pendidikan keterampilan hidup
  • Menciptakan kultur sekolah yang aman dan nyaman
  • Mengusahakan adanya pengembangan kepribadian yang jujur, disiplin dan kreatif Memanusiakan manusia Indonesia menuju persaudaraan sejati yang inklusif
  • Mengembangkan nilai-nilai kemanusiaan, sosial dan keagamaan berdasarkan cinta kasih

SMAK Santo Yoseph melengkapi fasilitas dalam menunjang kelancaran dan kenyamanan dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Sarana dan prasarana yang tersedia yakni
Religiusitas, ruang guru, laboratorium bahasa, laboratorium kimia, laboratorium biologi, dan
laboratorium fisika.

Selain itu, tersedia juga fasilitas lainnya seperti ruang UKS, toilet, ruang tata usaha, ruang kelas wifi, AC rooftop lounge, proyektor, CCTV, ruang pertemuan, laboratorium komputer, perpustakaan, dan development hall.

Sekolah juga menyediakan kegiatan ekstrakurikuler guna melatih keterampilan, minat, dan soft skill para peserta didik.

Beberapa kegiatan ekstrakurikuler tersebut yakni Pramuka, Karya ilmiah remaja, Club ilmiah Science (Kimia, Fisika, Biologi), Marching band, Basket, Teater Lajose, Futsal, Taekwondo, Softball, Karate, Baseball, English Club, dan Japanese Club.

2. SMAN 4 Denpasar

SMA peringkat kedua di Bali ini berdiri pada 29 Juli 1982 di kawasan Perumnas Monang, Maning Denpasar. Dengan memegang moto “Quality the First” sekolah terus meraih prestasi di tingkat nasional dan internasional.

SMAN 4 Denpasar memiliki 11 klub belajar diantaranya Klub Biologi, Fisika, Matematika, Kimia, Astronomi, Komputer, Ekonomi, Geografi dan Kebumian, Bahasa Inggris, Bahasa Jerman, dan Klub Bahasa Jepang.

Peserta didik yang memiliki bakat dalam bidang akademik tertentu dapat mengikuti klub tersebut. Selama mengikuti klub belajar, siswa akan mendapatkan fasilitas yang lebih dari teman-temannya yang tidak mengikuti klub.

Selain itu, disediakan juga kegiatan ekstrakurikuler yang dibagi dalam tiga bagian yakni seni, organisasi, dan olahraga.

Setiap siswa berhak mendapatkan kegiatan ekstra kurikuler yang telah diprogramkan oleh sekolah dalam rangka pengembangan diri. Mereka juga berhak memilih dan mengikuti salah satu dari semua kegiatan ekstra kurikuler yang telah diprogramkan oleh sekolah.

Dengan demikian, semua peserta didik memperoleh kesempatan pengembangan diri melalui ekstra kurikuler dan pelayanan konseling.

Sekolah juga melengkapi fasilitas sarana dan prasarana di setiap kelas, laboratorium beserta peralatannya, aula, perpustakaan, dan lain-lain.

Kelebihan dari SMAN 4 Denpasar ini yakni menyediakan program beasiswa yang meliputi Bantuan Siswa Miskin (BSM) untuk siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Ada juga Beasiswa Siswa Berprestasi untuk setiap siswa yang berprestasi, Program Indonesia Pintar atau Kartu Indonesia Pintar dari Pemerintah, dan Beasiswa Fee Waiver atau Discount Fee bagi siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu yang didanai oleh Komite Sekolah.

3. SMAN 1 Denpasar

SMAN 1 Denpasar berhasil meraih peringkat ketiga ini berlokasi di jalan Kamboja, nomor 4, Dangin Puri Kangin, Bali.

Dengan mengusung visi “Beriman dan Bertakwa, Berbudaya, Peduli Lingkungan, Berwawasan Global serta Unggul dalam Mutu”, sekolah terus berupaya meningkatkan lulusan yang berprestasi secara akademik dan non akademik.

Guna mewujudkan mutu sekolah, SMA Negeri 1 Denpasar memegang teguh prinsip “Sekolah Unggul dalam Mutu” dengan ciri-ciri. Hal tersebut dijabarkan dengan lima aspek yakni:

  • Unggul dalam kelulusan pada SNMPTN/SBMPTN
  • Unggul dalam lomba Sains dan teknologi
  • Unggul dalam kreativitas
  • Unggul dalam inovasi dan rekayasa teknologi
  • Unggul dalam Lomba Karya Ilmiah

Selain itu, sekolah juga menyiapkan peserta didiknya sebagai siswa yang berbudaya. Oleh karena itu, mereka dilatih untuk disiplin, memiliki toleransi, sopan santun dan akhlak mulia, serta mandiri dalam melaksanakan kewajibannya.

Tenaga pendidik juga melatih setiap siswa untuk peduli terhadap lingkungan dengan menerapkan semangat gotong-royong, mencintai lingkungan yang indah dan asri, dan aktif mengikuti Lomba Wiyata Mandala, Adiwiyata dan tercapainya Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Dengan melakukan beberapa upaya tersebut, harapannya sekolah dan siswa dapat mewujudkan misi sekolah yakni:

  • Memiliki pengetahuan dan mengamalkan ajaran agama yang diminati.
  • Melestarikan kebudayaan dan mampu menyesuaikan diri dengan budaya di Lingkungan.
  • Memperhatikan lingkungan sekitar dan mengarahkannya kepada hal yang baik.
  • Memiliki pengetahuan yang luas dan visioner.
  • Meningkatkan kualitas input dan output peserta didik baik dalam bidang akademis maupun nonakademis

Demikianlah tiga profil singkat sekolah terbaik di Bali. Bagi kamu yang sedang mencari sekolah di Bali, informasi ini dapat kamu gunakan sebagai referensi.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/01/16/090649571/3-sekolah-terbaik-di-bali-dan-profil-singkatnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke