Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Pelajaran Siswa TK buat Anak Belajar di Rumah, Orangtua Harus Tahu

KOMPAS.com - Saat anak mulai masuk Taman Kanak-Kanak (TK), orangtua tentu akan merasa senang melihat anak sekolah dan menimba ilmu.

Tetapi saat anak tidak berada di sekolah, misalnya saat liburan, jangan khawatir anak-anak lupa akan pelajaran di sekolah.

Orangtua bisa menerapkan aktivitas di sekolah TK untuk dilakukan di rumah. Bahkan bisa membantu anak-anak tetap belajar dengan menyenangkan.

Dilansir dari laman sekolah BPK Penabur Jakarta, ini 5 pelajaran siswa TK yang bisa orangtua ajarkan pada si kecil di rumah.

1. Belajar membaca

Membaca bertujuan agar anak memahami kosakata baru sebelum masuk SD. Aktivitas membaca biasanya berupa pengenalan huruf, bunyi, dan ilmu dasar membaca.

Jadi orangtua bisa mengajarkan anak-anak belajar mengenal huruf dengan menyenangkan di rumah.

Sediakan buku-buku di rumah misalnya buku cerita. Temani ia membaca meskipun belum sempurna dalam mengeja kata.

2. Belajar berhitung

Selain membaca, orangtua juga bisa mengajarkan anak berhitung. Idealnya, siswa TK sudah mampu mengenali, mengurutkan, menghitung, dan menulis 30 benda.

Saat di rumah, orangtua bisa mengajak anak-anak mencari angka 1-30 di buku, majalah, atau koran. Lalu, minta anak untuk menggunting, mengurutkan, dan menempelkannya sesuai urutan angka.

Selain itu, juga bisa meminta anak-anak untuk menghitung mainan yang dimilikinya. Sehingga anak semakin terbiasa menghitung serta mengingat angka.

3. Belajar menulis

Menulis bagi anak-anak yang masih TK, bisa dilakukan dengan cara seru layaknya permainan. Sehingga, aktivitas ini pun tampak menyenangkan.

Umumnya, anak mulai belajar menulis di sekolah. Untuk mendukung proses belajarnya, orangtua bisa menemani si kecil belajar di rumah. Bantu ia menulis beberapa kata sederhana.

Jangan lupa sediakan alat tulis, spidol warna, kertas, atau krayon agar anak semakin semangat belajar. Pilih alat tulis yang berwarna-warni dengan motif kartun favoritnya.

4. Mengenal bentuk

Orangtua juga bisa mengajari anak tentang bentuk dan objek di rumah. Pelajaran anak TK satu ini bisa membantu anak untuk mengenali berbagai bentuk, seperti persegi, persegi panjang, lingkaran, hingga segitiga.

Setelah mengetahui jenis-jenis bentuk, ajak anak untuk mengenali objek sesuai bentuknya. Orangtua bisa memberinya pertanyaan, ‘Menurutmu, apa bentuk cermin?’.

Orangtua juga bisa menggunakan permainan balok untuk mendorong kemampuan kognitifnya.

5. Belajar mengenal waktu

Pelajaran anak TK berikutnya yaitu berhubungan dengan waktu. Orangtua bisa mengajari si kecil pengetahuan dasar tentang konsep waktu. Bantu anak-anak mengerti waktu pagi, siang, dan malam.

Mulai dengan menanamkan kebiasaan tidur tepat waktu. Sehingga, dia tahu kapan waktunya tidur siang dan malam.

Memberi pemahaman soal waktu pada anak memang tidak mudah. Sebab, ia lebih paham dengan hal-hal konkret. Namun, meski begitu tetap bantulah anak memahami waktu.

Caranya, dengan menentukan jam saat ia beraktivitas. Contohnya, katakan jam berapa ia bangun tidur atau harus sarapan.

Itulah lima pelajaran siswa TK yang bisa orangtua ajarkan di rumah. Menemani si kecil belajar bisa menjadi salah satu cara untuk membangun kedekatan. Jadi, jangan ragu luangkan waktu untuk menemaninya belajar, ya.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/01/29/092700071/5-pelajaran-siswa-tk-buat-anak-belajar-di-rumah-orangtua-harus-tahu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke